√Contoh Pembangunan Berkelanjutan : Pengertian, Ciri, Tujuan dan Prinsipnya

Diposting pada

Pengertian Pembangunan Berkelanjutan

Pembangunan berkelanjutan merupakan pembangunan yang memenuhi kebutuhan sekarang dan tidak harus mengurangi kemampuannya untuk memenuhi kebutuhan generasi selanjutnya. Dalam prosesnya, pembangunan ini mengoptimalkan sumber daya alam, sumber daya manusia, dan iptek dengan menserasikan ketiga komponen tersebut, sehingga bisa berkesinambungan.

√Contoh Pembangunan Berkelanjutan : Pengertian, Ciri, Tujuan dan Prinsipnya

Pembangunan berkesinambungan dikenal dengan pembangunan berkelanjutan yang merupakan : pembangunan yang berorientasi pada pemenuhan kebutuhan manusia melalui pemanfaatan sumber daya alam secara bijaksana, efisiensi dan memperhatikan pemanfaatannya baik untuk generasi sekarang maupun generasi selanjutnya.

Ciri-Ciri Pembangunan Berkelanjutan

Terdapat beberapa ciri-ciri pembangunan berkelanjutan, berikut dibawah ini diantaranya

  • Memberikan kelangsungan hidup dengan jalan melestarikan kegunaan dan kemampuan ekosistem yang mendukungnya, baik secara langsung maupun secra tidak langsung.
  • Memanfaatkan sumber daya alam yang dimiliki dengan memanfaatkan teknologi yang adad tidak akan merusak lingkungan sekitar.
  • Memberikan kesempatan kepada sektor dan kegiatan lainnya untuk mengembangkan bersama-sama di setiap daerah, baik dalam kurun waktu yang sama atau kurun waktu yang berbeda secara berkesinambungan.
  • Meningkatkan dan melestarikan kemampuan dan kegunaan ekosistem untuk menstok, menjaga dan mendukung sumber daya alam bagi kehidupan secara berkelanjutan.
  • Memakai prosedur serta tata cara yang memperhatikan kelestarian fungsi dan kemampuan ekosistem untuk kelangsungan hidup manusia yang akan datang.

Tujuan Pembangunan Berkelanjutan

Tujuan pembangunan berkelanjutan adalah sebagai berikut :

  • Fokus untuk pendidikan yang layak, memiliki kualitas dan inklusif serta mendorong kesempatan untuk belajar seumur hidup bagi semua orang.
  • Mencegah segala bentuk kemiskinan di setiap tempat baik itu di desa atau kota.
  • Mengatasi kelaparan bersama dengan meningkatkan pertanian yang berkesinambungan dan meraih ketahanan pangan serta perbaikan nutrisi.
  • Mewujudkan kesetaraan gender dan memberdayakan kaum perempuan (hawa).
  • Meningkatkan hidup yang sehat dan menjunjung kesejahteraan bagi semua umur.
  • Mengurangi kesenjangan baik di dalam maupun diluar negeri.
  • Memastikan akses energi yang mudah, bisa diandalkan dan berkelanjutan serta modern.
  • Mempromosikan pertumbuhan ekonomi yang berkesinambungan dan inklusif serta juga lapangan pekerjaan yang layak bagi setiap orang.
  • Melakukan pembangunan infrastruktur yang kokoh, mempromosikan industrial yang berkelanjutan serta mendorong adanya inovasi.
  • Menjadikan perkotaan yang inklusif, aman dan kokoh serta berkelanjutan.
  • Memastikan pola mengkonsumsi dan memproduksi yang berkelanjutan.
  • Memanfaatkan dan menjaga samudera, laut dan sumber energi kelautan secara berkelanjutan.
  • Mendorong masyarakat yang adil dan inklusif serta damai.

Prinsip Pembangunan Berkelanjutan

Terdapat beberapa prinsip Pembangunan Berkelanjutan, berikut dibawah ini diantaranya

1). Equity (Pemerataan)

Pemerataan adalah target utama pembangunan berkelanjutan. Pemerataan ini diakui dapat meminimalisir disparitas ekonomi serta sosial serya kesempatan yang mirip bagi masyarakat.

2). Ekonomi

Pendekatan pembangunan faktor ekonomi di dalam pembangunan berkelanjutan menitik beratkan pada peningkatan keahlian pekerja sehingga dapat meningkatkan energi saing di dalam meraih pekerjaan yang layak, Mendorong kerja sama ekonomi strategis dan meningkatkan performa pembangunan dasar contohnya seperti perumahan, air, jalur dan lain sebagainya sampai infrastruktur informasi.

3). Energi

Penerapan penghematan energi adalah bagian dari pembangunan berkelanjutan. Contoh seperti penerapannya yaitu mengoptimalkan pembangunan bangunan bersama dengan pencahayaan alami sebanyak barangkali.

5). Ekologi

Prinsip pelestarian ekologi di dalam pembangunan berkelanjutan diterapkan lewat penggunaan lahan gabungan semaksimal mungkin, perhatikan keberadaan ruang terbuka hijau, proses tranportasi dan pembangunan saling terintegrasi serta membatasi pemekaran kota secara berlebihan.

6). Engagement (Peran Serta)

Pembangunan berkesinambungan ini dapat dijalankan lewat peningkatan dan pengoptimalan peran dan juga masyarakat didalamnya.

Contoh Pembangunan Berkelanjutan

Terkadang dalam pembangunan ada 3 sektor pembangunan yang menjadi tiang utama. Pembangunan ini adalah dari sektor ekonomi ekonomi, sosial dan lingkungan. Ketiga sektor tersebut sebenarnya saling berkaitan atara satu sama lain. apabila pembangunan di sektor ekonomi semakin sukses, maka di sektor yang lain juga akan mengalami hal yang sama. seharusnya pembangunan berazaskan kesinambungan, karena tidak menutup kemungkinan peningkatan di sektor ekonomi justru akan merusak sektor lingkungan yang kelanjutannya akan menimbulkan kegagalan pembangunan. oleh sebab itu penggunaan lingkungan secara bijak dan menjaganya haruslah menjadi hal yang lebih diprioritaskan.

Demikianlah artikel tentang √Contoh Pembangunan Berkelanjutan : Pengertian, Ciri, Tujuan dan Prinsipnya dari pengajar.co.id semoga bermanfaat.

Lihat Juga:   √Pengertian Prosedur : Macam, Tujuan, Ciri, Struktur, Contoh dan Kaidah Secara Lengkap
Lihat Juga:   √ Diksi Adalah : Pengertian, Fungsi, Jenis dan Syaratnya
Lihat Juga:   √Masyarakat Madani
Lihat Juga:   Historiografi Adalah