√Dampak Kesenjangan Sosial : Pengertian, Faktor, Dampak dan Contohnya

Diposting pada

Pengertian Kesenjangan Sosisal

Pengertian Kesenjangan Sosial merupakan suatu keadaan maupun kondisi yang tidak seimbang dalam kehidupan sosial masyarakat, baik individu maupun kelompok,yang dimana sering terjadi ketidakadilan ataupun ketidaksetaraan distribusi hal-hal yang akan dianggap penting dalam suatu masyarakat.

√Dampak Kesenjangan Sosial : Pengertian, Faktor, Dampak dan Contohnya

Kesenjangan sosial sering juga dikaitkan dengan adanya perbedaan yang nyata dari segi finansial masyarakat yang akan mencakup kekayaan harta, kekayaan barang atau jasa dan yang lainnya. Adanya kesenjangan sosial ekonomi di masyarakat dapat juga dilihat dari keberadaan peluang atau manfaat yang tidak sama untuk posisi sosial yang berbeda dalam masyarakat.

Selain itu juga, kesenjangan sosial ini juga dapat ditandai dengan adanya tidak seimbangnya barang atau jasa, imbalan, kekayaan, kesempatan,atau hukum yang akan didapatkan masing-masing individu.

Faktor Penyebab Kesenjangan Sosial Ekonomi

1). Faktor Perbedaan Sumber Daya Alam

Tingkat perekonomian suatu daerah akan dipengaruhi oleh sumber daya alam yang juga terdapat di daerah tersebut. Laju ekonomi dapat berjalan lancar dan meningkat jika terdapat sumber daya alam yang akan dikelola dengan baik dan benar.

Jika suatu daerah akan kekurangan sumber daya alam, maka hal ini akan dapat berpengaruh besar bagi perekonomian daerah tersebut.

2). Faktor Kebijakan Pemerintah

Kebijakan pemerintah dapat juga menjadi faktor yang timbulnya kesenjangan sosial di masyarakat.yang misalnya kebijakan program transmigrasi. Masyarakat pendatang pada umumnya lebih cepat maju jika dibandingkan dengan warga aslinya.

Kesempatan lebih besar juga akan diberikan kepada warga pendatang akan membuat mereka berkembang lebih cepat. Hal ini lalu kemudian akan menimbulkan kesenjangan sosial antara 2 kelompok masyarakat tersebut.

3). Faktor Pengaruh Globalisasi

Globalisasi juga dapat dimanfaatkan untuk dapat mencapai kemajuan. Namun di sisi lain, globalisasi juga banyak menimbulkan adanya kesenjangan sosial ekonomi di masyarkat. Kesenjangan sosial ini akan terjadi ketika sebagian masyarakat tidak bisa beradaptasi maupun tidak memanfaatkan globalisasi dengan baik.

4). Faktor Demografis

Tingkat pertumbuhan masyarakat, pendidikan, kesehatan, lapangan pekerjaan, atau juga struktur kependudukan akan menunjukkan kondisi demografis suatu daerah.

Kondisi demografis suatu daerah dengan daerah yang lainnya yang berbeda dapat menyebabkan kesenjangan sosial. Hal juga ini dikarenakan adanya produktivitas kerja masyarakat satu daerah dengan daerah yang lainnya tidak sama.

5). Faktor Letak dan Kondisi Geografis

yang pada awalnya tingkat pembangunan suatu daerah akan dipengaruhi oleh letak atau kondisi geografisnya. Masyarakat yang jug berada di dataran tinggi akan cenderung lebih sulit butuh waktu untuk membangun infrastruktur ketimbang masyarakat yang akan berada di dataran rendah.

Dampak Kesenjangan Sosial

Dampak yang muncul dari proses kesenjangan sosial, ini misalnya saja adalah sebagai berikut;

1).Kemiskinan

Kemiskinan dalam masyarakat sering terjadi apabila masih adanya kesenjangan sosial, hal ini juga berkiatan dengan status sosial yang akan berbeda. Semakin orang miskin maka semakin itupula ia akan juga disishkan dalam pergaulan, karena hidup dalam proses kapitalis ini juga dilihat dari segi pendapatan bukan berdasakan pada kemampuan.

2).Kriminalitas

Tingginya kriminalitas dalam masyarakat bisa juga menajdi salah satu dampak nyata dalam kesenjangan sosial, dampak ini juga sering terjadi karena masyarakat yang terlalu bernafsu untuk dapat membahagiakan dirinya atau jug mengejar targer-target yang di dapatkannya. Kondisi ini tentu saja banyak mendorong masyarakat melakukan tindakan terlarang, seperti mencuri, menipu, utau yang lain sebagainya.

3).Konflik Sosial

Perbedaan status yang akan di dapatkan pada seseorang juga akan berakibat pada yang terbentuknya konflik sosial, konflik ini dilatar belakangi dengan adanya kecemburuan pada masyakat yang akan berdampak pada rusaknya keteraturan sosialnya. oleh sebab itulah, salah satu efek nyata dalam hal ini yaitu, adanya konflik sosial.

4).Penyimpangan Sosial

Dampak negatif dari kesenjangan sosial yang lainnya adanya penyimpangan sosial masyarakat, penyimpangan ini sering kali terjadi karena status yang akan di perolehnya lebih tinggi ataupun lebih rendah. Orang yang akan merasa pada perekonomian yang baik seringakli juga beranggapan bahwa orang miskin ialah orang hina, yang pada ahkhirnya ia tidak akan percaya dengan apa yang dilakukannya. Atas kelakuan itulah bisa dikatakan bahwa penyimpangan sosial dalam masyarakat merupakan salah satu kasus nyata yang akan terjadinya kesenjangan sosial.

5).Pengangguran

Kesenjangan sosial yang lainnya, bisa dapat timbul karena pengagguran yang semakin banyak. Hal ini tidak banyak didasari pada kesempatan dia bekerja, orang yang memiliki pendidikan baik akan dianggap mampu akan mendapatkan pekerjaan yang layak maupun baik, ataupun begitupula sebaliknya dengan pendidikan rendah ia juga akan memperoleh pendapatan yang renah bahkan sangat sulit dalam mendapatakn pekerjaannya.

Contoh Kesenjangan Sosial

a.Kesenjangan Sosial Ekonomi

Contoh kesenjangan sosial ekonomi dalam masyarakat juga bisa menjadi salah satu fakta sosial nyata dalam kehidupan manusia. Orang yang juga memiliki perekonomian baik akan mendapatkan fasilitas baik maupnu begitupula sebaliknya.yang misaalnya ini juga terlihat pada saat pendaftaran KTP orang yang membuat KTP dan juga memiliki jaraingan di dalam pemerintahan maupun tentsaja dengan ekonomi baik akan mendapatkan dengan cepat,lalu, sedangkan orang biasa dengan penghasilan pas-pasan tidak akan bisa menjadi prioritas utama.

b.Kesenjangan Sosial Pendidikan

Contoh yang lainnya, dari bentuk kesenjangan sosial ialah pendidikan. Dengam pendidikan S1, S2, atau S3 masyarakat akan lebih mudah dan banyak mendapatakn pekerjaan yang diinginkan karena semakin tinggi pendidikan akan membuat manusia akan semakin mudah mendapatkan pekerjaan,lalu sedangkan masyarakat dengan pendidikan SD, SMP, SMA, hanya akan bisa bekerja di sektor informal.

c.Kesenjangan Sosial Budaya

Contoh yang lainnya, mengenai bentuk kesenjangan sosial budaya masyarakat merupakan terjadinya kekalahan dalam eksistensi, dengan modal uang ataupun publikasi budaya-budaya di negara maju akan mudah dapat diikuti masyarakat Indonesia, atau sebaliknya budaya Indonesia yang baik tanpa adanya publikasi maupu modal yang baik hanya akan di nikmati oleh masyarakat Indonesia itu sendiri.

Demikianlah artikel dari pengajar.co.id semoga bermanfaat √Dampak Kesenjangan Sosial : Pengertian, Faktor, Dampak dan Contohnya

Lihat Juga:   √Contoh Limbah Industri : Pengertian, Jenis, Dampak Buruk Beserta Contohnya
Lihat Juga:   √Pengertian Puisi
Lihat Juga:   √ Negara Adalah : Pengertian, Sifat dan Unsurnya
Lihat Juga:   √ Abstrak Adalah : Pengertian, Fungsi, Jenis, Struktur, Sifat, Unsur dan Contohnya