Estetika Adalah

Diposting pada

Kesempatan Kali ini Pengajar.co.id ingin membagikan artikel tentang Estetika Berikut Penjelasannya:

Estetika Adalah


Pengertian Estetika Adalah

Estetika adalah suatu bidang ilmu yang mempelajari mengenai keindahan, bagaimana keindahan tersebut bisa terbentuk, serta bagaimana keindahan tersebut dapat disadari serta dirasakan oleh yang menikmatinya.

Estetika berisi sebuah cabang ilmu filsafat yang membahas mengenai keindahan, dan biasanya ada di dalam seni dan alam semesta.

Dari penjelasan itu bisa disimpulkan bahwa estetika sangat berhubungan dengan perasaan manusia, khususnya perasaan yang indah atau perasaan positif. Keindahan yang dimaksud di sini bukan hanya sesuatu yang bisa dilihat bentuknya, namun makna atau arti yang ada di dalamnya.


Pengertian Estetika Menurut Para Ahli

1. Bruce Allsopp

Bruce Allsopp menyatakan Estetika adalah ilmu pengetahuan yang mempelajari mengenai proses serta aturan dalam menciptakan sebuah karya seni, yang diharapkan dapat menimbulkan perasaan positif untuk orang yang melihat serta merasakannya.

2. Herbert Read

Herbert Read Estetika menyatakan Estetika adalah kesatuan serta hubungan bentuk yang ada di antara pencerapan indrawi manusia. Biasanya, manusia menganggap estetika ialah seni, atau seni akan selalu terkandung nilai keindahan. Pandangan seperti ini sebenarnya salah serta malah membuat masyarakat kesulitan dalam mengapresiasi seni. Krena, menurut Herbert Read, seni tak selalu ada nilai keindahan.

3. J. W. Moris

W. Moris menyatakan Estetika sama dengan seni karena estetika bisa dikenakan pada banyak objek, baik yang indah ataupun tidak. Moris juga menyatakan bahwa estetikan adalah sebuah objek seni (art).

Lihat Juga:   CV dan PT Adalah

4. Dra. Artini Kusmiati

Dra. Artini Kusmiati Menyatakan Estetika adalah sebuah kondisi yang berkaitan dengan rasa keindahan yang baru dapat dirasakan seseorang kalau ada perpaduan yang harmonis antar elemen yang ada terhadap sebuah objek.

5. Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI)

Dari KBBI Estetika adalah suatu cabang filsafat yang membahas mengenai seni, nilai keindahan, serta tanggapan manusia padanya. Estetika bisa diartikan sebagai kepekaan manusia pada seni serta keindahan.


Unsur-unsur Estetika

1. Unsur Bentuk

Bentuk (shape) sangat penting pada daya tarik sebuah objek. Secara umum, bentuk objek terdiri dari 2 jenis, yakni; 2 dimensi dan 3 dimensi.

Objek berbentuk 2 dimensi tidak mempunyai volume dan bentuknya datar. Contohnya lukisan, foto, hiasan dinding, dan lainnya. Objek berbentuk 3 dimensi mempunyai volume, kedalaman, dan ruang. Contohnya patung, pakaian, tas, dsb.

2. Unsur Warna

Keindahan sebuah objek sangat dipengaruhi oleh unsur warna. Biasanya pilihan warna objek akan disesuaikan oleh orang yang akan memakainya. Contohnya, selera warna pakaian anak muda cenderung beda dengan orang yang sudah tua.

3. Unsur Tema

Dalam hal tema adalah ide atau gagasan yang ini digambarkan oleh pembuat objek atau karya seni pada orang lain. Biasanya tema sebuah karya akan dipengaruhi oleh banyak faktor, contohnya letak geografis, adat istiadat, budaya, dsb.

4. Unsur Motif Hias

Motif hias adalah pola atau gambar yang menjadi hiasan pada sebuah objek atau produk. Tujuan menambahkan motif hias pada sebuah objek adalah guna menambah nilai keindahan atau estetika pada objek atau produk itu.


Fungsi Dan Manfaat Estetika

  1. Menambah pengetahuan manusia mengenai nilai-nilai kesenian serta keindahan.
  2. Menambah pengetahuan manusia tentang unsur-unsur seni dan keindahan, serta bermacam faktor yang mempengaruhinya.
  3. Menambah pengetahuan manusia tentang unsur-unsur subjektif yang mempengaruhi kemampuan manusia dalam menikmati seni serta keindahan.
  4. Meningkatkan rasa kecintaan seta apresiasi manusia pada alam, seni, dan budaya bangsanya.
  5. Menambah kemampuan manusia dalam menilai sebuah karya seni jadi akan mengembangkan budaya apresiasi seni itu sendiri.
  6. Meningkatakan kewaspadaan pada pengaruh buruk yang bisa merusak seni dan budaya lokal.
  7. Meningkatkan keyakinan manusia akan moralitas, keprimanusiaan, kesusilaan, serta Ketuhanan.
  8. Meningkatkan kemampuan manusia guna berpikir secara sistematis, serta menambah wawasan sebagai bekal guna kehidupan spiritual dan psikologi sehingga busa memecahkan masalah dengan tenang.
Lihat Juga:   Tari Kecak

Demikianlah artikel dari pengajar.co.id tentang Estetika Semoga Bermanfaat