√Adaptasi Fisiologi : Pengertian, Contoh dan Gambarnya

Diposting pada

Pengertian Adaptasi

Kemampuan makhluk hidup untuk menyesuaikan diri terhadap lingkungannya disebut juga dengan adaptasi. Setiap lingkungan yang di bumi akan memiliki karakteristik yang berbeda-beda. Penyesuaian makhluk hidup ini dapat menyebabkan makhluk hidup akan memiliki bentuk maupun karakteristik yang berbeda – beda pula pada setiap lingkungannya. Makhluk hidup akan perlu menyesuaikan diri agar dapat mampu bertahan hidup dalam penyesuaian lingkungannya. Sehingga adaptasi sangat penting dilakukan mahluk hidup agar tidak akan terjadi kepunahan\kematian.

Contoh Adaptasi

Contoh adaptasi fisiologi pada manusia :

  • Tubuh manusia berkeringat ketika kepanasan. Dengan berkeringat, tubuh manusia akan dingin.
  • Pada saat udara dingin, orang akan cenderung buang air kecil.
  • Mata manusia dapat akan menyesuaikan dengan intensitas cahaya yang akan diterimanya.suatu Ketika di tempat yang terang, pupil akan menyempit,dan sebaliknya ketika di tempat yang gelap maka pupil akan melebar.

Contoh adaptasi fisiologi pada hewan:

Hewan dapat dibedakan menjadi beberapa golongan diantaranya hewan pemakan daging , pemakan tumbuh-tumbuhan maupun pemakan daging maupun tumbuhan . Karena banyak jenis makanan pada hewan itu berbeda-beda, maka ukuran maupun panjang usus & enzim yang dimilikinya-pun akan tidak sama juga. Jika pada hewan pemakan tumbuhan untuk dapat mencerna tumbuhan yang memiliki sel-sel berdinding keras, biasanya hewan herbivora akan memiliki usus yang lebih panjang dibanding hewan karnivora. Adapun contoh lain adaptasi fisiologi pada hewan, yang diantaranya yakni:

Adaptasi Fisiologi : Pengertian, Contoh dan Gambarnya

  • Unta yang dapat menyimpan cadangan air di kantung yang ada dalam punuknya, sehingga unta dapat bertahan hidup di tempat kering maupun gurun.
  • Burung hantu akan memiliki penglihatan yang tajam pada tengah malam hari, sehingga burung hantu memudahkannya untuk mencari makanan/minuman.
  • Ikan yang hidup di laut akan dapat mengeluarkan urin yang lebih banyak jika akan kita dibandingkan ikan yang hidup di air tawar.
  • Ada hewan yang sejenis musang yang dapat menyemburkan cairan yang sangat bau dari duburnya,itu dapat berfungsi untuk melindungi dirinya dari ancaman berbahaya dari musuh.
  • Ada juga hewan yang sejenis tupai dapat mengekstarak air yang dapta berasal dari biji-bijian, sehingga hewan ini dapat bertahan hidup di daerah kering.
  • Hewan mamalia yang bisa memamah biak, contohnya kerbau,sapi, kambing. Makanan hewan tersebut adalah rumput-rumputan yang hijau, di dalam saluran pencernaannya terdapat enzim selulase.
  • Berdasarkan jenis makanannya, hewan dapat kita dibedakan menjadi karnivora . herbivora , serta omnivora . Penyesuaian hewan-hewan tersebut terhadap jenis makanannya terdapat pada ukuran usus dan enzim pencernaan yang berbeda-beda.

Contoh adaptasi fisiologi pada tumbuhan:

Adaptasi Fisiologi : Pengertian, Contoh dan Gambarnya

Inilah ada beberapa contoh adaptasi fisiologi pada tumbuhan, diantaranya yakni:

  • Pohon pisang yang memiliki daun yang lebar serta tipis yang akan dilapisi oleh zat lilin untuk dapat menyesuaikan diri dengan lingkungannya.
  • Salah satu cara tumbuhan pakis yang dapat beradaptasi dengan lingkungan yang lembap yakni dengan menggulung daun mudanya.
  • Supaya dapat bertahan hidup di daerah perairan pasang-surut pohon bakau akan memiliki akar gantung yang fungsinya untuk pernafasan.
  • Terdapat jenis tumbuhan yang akan menghasilkan sejenis zat asam untuk memangsa hewan serangga .
  • Eceng gondok atau kangkung air batangnya berongga sehingga dapat hidup & tumbuh di air.
  • Tumbuhan dikotil yang akan memiliki mahkota bunga yang indah, fungsinya untuk menarik hewan serangga supaya dapat membantu penyerbukan.

demikianlah artikel tentang √Adaptasi Fisiologi : Pengertian, Contoh dan Gambarnya dari pengajar.co.id Semoga bermanfaat.

Lihat Juga:   √ Jurnal Pembalik : Pengerian, Fungsi, Tujuan dan Cara Membuatnya
Lihat Juga:   √ Ciri Gymnospermae : Pengertian, Klasifikasi dan Manfaatnya
Lihat Juga:   √Surat Lamaran Kerja : Pengertian, Cara Menulis, Syarat, Fungsi dan Contohnya
Lihat Juga:   √ Organ Tubuh Manusia : Pengertian, Fungsi dan Sistem Kerjanya