√ADSL Adalah : Pengertian, Fungsi, Cara Kerja, Kelebihan Dan Kekurangan

Diposting pada

Pengertian ADSL

ADSL merupakan sebuah kepanjangan dari Asymmetric Digital Subscriber Line, yaitu merupakan sebuah bentuk teknologi kepada komunikasi data yang akan bisa mentransmisikan data secara cepat yang akan tingginya melalui sebuah kabel tembaga telepon dan juga mempunyai sifat asimetrik, atau maksud dari sifat asimetrik adalah bahwa sebuah data akan ditransferkan dengan kecepatan yang berbeda dari satu sisi ke sisi yang lainnya.

√ADSL Adalah : Pengertian, Fungsi, Cara Kerja, Kelebihan Dan Kekurangan

Teknologi ADSL dapat bisa untuk mengirimkan data dengan kecepatan yang tinggi, diantaranya 1.5 Mbps hingga 8 Mbps untuk sebuah arah dari sentral kelapangan maupun juga disebut dengan Downstream atau juga 16 Kbps hingga 640 Kbps untuk sebuah arah pelanggan ke sentral maupun juga disebut dengan Upstream. Dengan ADSL ini sehingga bisa mengirimkan sesuatu layanan interaktif multimedia dengan menggunakan sebuah jaringan akses kabel tembaga.

Modem ADSL merupakan sebuah perangkat yang juga dapat digunakan untuk dapat menghubungkan komputer maupun juga router ke saluran telepon sehingga dapat mentransfer data maupun mengakses internet. Pada ADSL yang mempunyai berbagai macam dari jenis kecepatan , USB atau Universal Serial Bus, router dan juga perangkat-perangkat yang lain yang terdapat juga di dalamnya. Seperti conthnya ada yang bisa digunakan untuk 2 komputer dengan menggunakan USB dan juga ada bisa digunakan hingga 4 komputer bahkan juga akan lebih dengan menggunakan Ethernet LAN.

Fungsi ADSL

merupakan bentuk dari perkembangan DSL atau Digital Subscriber Line. Perbedaannya ialah, transfer data yang akan dilakukan oleh modem ADSL ini akan bersifat asimetrik, yang berarti akan memiliki kecepatan transfer data yang berbeda dari satu sisi ke sisi yang lainnya.

Fungsi Modem ADSL lainnya yakni: dapat membagi penghantar frekuensi maksudnya ialah ketika akan melakukan koneksi dial up, maka frekuensi yang akan diterima tidak dapat terbagi, sehingga dapat menyebabkan percakapan melalui telepon tidak dapat dilakukan ketika sedang melakukan koneksi internet.

tapi, dengan adanya modem ADSL ini, frekuensi bisa dapat terbagi menjadi 2, yakni:

  • Frekuensi tinggi yang dapat dapat digunakan untuk menghantarkan data ataupun melakukan koneksi internet
  • Frekuensi rendah untuk percakapan melalui telepon

Cara Kerja ADSL

Metodenya ialah dengan membagi sinyal yang akan dikirim melalui kabel telepon dengan teknik DMT yang distandarisasi oleh ANSI untuk dapat digunakan dalam ADSL.  Layanan telepon standart akan membatasi frekuensi yang bisa dibawa oleh switch , telepon atau peralatan lainnya. Suara manusia dalam percakapan biasa,,yang dapat di bawa pada frekuensi 400 Hz sampai 3.400 Hz. Dalam banyak kasus, kabel yang dapat menghandle frekuensi sampai berjuta juta . Peralatan modern ini yang akan mengirimkan sinyal digital daripada sinyal analog dapat menggunakan kapasitas kabel telepon sebisa mungkin, yang mana akan di gunakan oleh modem DSL.

DMT diagii jalur data menjadi 247 Channel, dengan besar masing masing channel 4Khz. Dalam analogi sederhana,maka berarti ada 247 jalur koneksi yangakan dibuat oleh modem ADSL kecentral office.
Setiap channel di monitor, dan bila channel ini akan mengalami penurunan kualitas maka modem dapat menggunakan channel lainnya. Penggantian channel ini telah dilakukan terus menerus untuk mendapatkan channel yang terbagus untuk mentransmisikan data melalui kabel telepon tsb.

Kemudian Kontrol maupun monitoring channel akan dilakukan di frekuensi 8 KHz untuk informasi upstream ataupun downstreamnya.

Kelebihan dan Kekurangan ADSL

Kelebihan ADSL

Memiliki pembagian frekwensi menjadi 2 macam diantaranya frekwensi tinggi untuk dapat menghantarakna data atau frekwensi rendah untuk dapat menghantarkan suara ataupun fax. Untuk di Indonesia sendiri, pelanggan yang akan menggunakan Spidiy, maka ADSL dapat membuat kegiatan ber-Internet menjadi lebih hemat.maka Sehingga dapat melakukan akses internet tanpa mengkhawatirkan tagihan yang terlalu mahal.

Layanan komunikasi antara data atau suara diberikan melalui 2 kanal yang memang telah terpisah akan tetapi tetap pada satu kabel yang sama. Koneksi ADSL selalu tersambung dengan internet setiap saat atau telepon tetap dapat akan digunakan kapan saja. Dan kecepatan internet yang selalu stabil atau aman.

Kekurangan ADSL

Jarak yang dapat berpengaruh pada kecepatan pengiriman data. Semakin jauh jarak antara komputer dengan modem maupun saluran telepon dengan gardu telepon, maka akan sangat berpengaruh pada kecepatan dalam mengakses internet. Adanya load coils yang dapat digunakan untuk memberi layanan ke daerah terpencil, sehingga load coils akan menggeser frekuensi suara ke frekuensi yang biasanya dapat digunakan ADSL. Hal ini dapat menyebapkan akann terjadinya interfensi ataupun ketidak cocokan jalur pada ADSL.

Adanya bridge tap yang merupakan kabel tidak berada pada jalur secara langsung antara pelanggan dengan CO. Jadi bridge tap dapat menimbulkan noise yang akan nantinya dapat mengganggu kinerja dari ADSL. Karena seiring berjalannya zaman penggunaan kabel fiber optik pada saluran telepon digital sudah mulai dapat digunakan. Hal ini tidak sesuai dengan sistem teknologi ADSL yang masih menggunakan saluran analog , sehingga sampai sekarang ini masih cukup sulit untuk mengirimkan sinyal melalui kabel fiber optik. Kecepatan koneksi modem ADSL sampai sekarang ini masih sangat tergantung dengan adanya tiang telepon maupun DSLAM & tidak semua sistem operasi komputer dapat menggunakan ADSL.

Demikianlah artikel tentang √ADSL Adalah : Pengertian, Fungsi, Cara Kerja, Kelebihan Dan Kekurangan dari pengajar.co.id semoga bermanfaat.

Lihat Juga:   √Contoh Puisi Kontemporer : Pengertian, Jenis, Ciri dan Unsurnya
Lihat Juga:   √ Sertifikasi Adalah : Pengertian, Manfaat, Tujuan dan Landasan Hukum
Lihat Juga:   √Adaptasi Fisiologi : Pengertian, Contoh dan Gambarnya
Lihat Juga:   √ Fungsi Administrasi Perkantoran : Pengertian, Tujuan Dan Unsur-Unsurnya