√Apa Arti Download : Pengertian, Fungsi, Cara kerja dan Contoh Software Download

Diposting pada

Pengertian Download

Download adalah salah satu aktivitas yang ada banyakyang dilakukan oleh para pengguna jaringan internet. Bagi setiap orang-orang yang sering membuka dunia internet, istilah download tentunya bukanlah istilah yang tidak asing bagi telinga mereka.maka, Akan tetapi untuk orang–orang yang yang jarang terhubung dengan dunia internet, istilah download tentunya bukanlah istilah yang familiar bagi telinga mereka.adaa Beberapa orang awam bahkan belum pernah sekali mendengar maupun akan menggunakan istilah download sama sekali.

Lantas apa sih sebenarnya download itu?

Definisi dan Pengertian Download

Istilah Download pada awalnya berasal dari bahasa Inggris yang jika dibahasa Indonesiakan artinya merupakan mengunduh. Jika kita diartikan dari asal mulanya, maka download merupakan aktivitas yang akan mengunduh file-file yang ada di komputer lain dengan yang memanfaatkan jaringan internet.

√Apa Arti Download : Pengertian, Fungsi, Cara kerja dan Contoh Software Download

Menurut Arbakid, pengertian download merupakan suatu proses pengambilan file yang terdapat pada di jaringan internet dengan menggunakan berbagai macam cara seperti melalui web server, mail server, FTV server, maupun sistem lain yang sama sejenis.

Sederhananya, aktivitas download adalah versi rumitnya aktivitas pengcopyan data. Jika dalam aktivitas mengcopy data Anda yang akan menyalin data dari perangkat komputer ke perangkat penyimpanan yang menggunakan media USB port maupun pun kabel data, maka dalam aktivitas download, Anda akan bisa menyalin data dari komputer lain menuju ke media penyimpanan komputer yang Anda miliki di komputer Anda dengan menggunakan media jaringan internet.

Fungsi Download

download itu mengunduh atau juga disebut dengan mengambil data dari internet entah itu berupa file,dokument apikasi game atau lain sebainya jika mengambil dari internet adalah download lawanya download itu upload
yakni menyimpan atau mengunggah file ke internet

Sistem dan Cara Kerja Download

Seperti yang saya telah jelaskan di atas, aktivitas download itu dapat dijalankan dengan jalan mentransfer file yang ada di komputer lain dengan menggunakan jaringan internet.oleh sebab itu, Ketika seorang pengguna komputer ingin mendownload data tersebut dari halaman web seseorang, maka jadi orang tersebut setidaknya harus melalui langkah berikut ini yakni :

Terhubung ke jaringan internet – Buka halaman website – Menuju ke halaman cloud storage – Proses pengunduhan akan melalui jaringan internet.

Beberapa Software Downloader

Berikut ini merupakan ada beberapa software download yang cukup populer atau juga banyak yang digunakan oleh para pengguna komputer di seluruh dunia yakni :

Internet Download Manager

Adalah software downloader premium yang telah akan terbukti dapat menstabilkan proses download yang sedang berlangsung pada suatu perangkat komputer.maka dari itu, Salah satu kelebihan IDM dibandingkan dengan downloader yang lainnya adalah fitur pengunduh video dari situs yang populer Youtube.

BitTorrent

Adalah software downloader khusus yang hanya dapat digunakan untuk mengunduh file – file berekstensi torrent. Jika igin dibandingkan dengan downloader lainnya, BitTorrent cenderung jauh lebih aman/bagus dari sisi kemungkinan yang akan terjadinya kerusakan data.oleh sebab itu, proses pengunduhan dengan akan menggunakan software BitTorrent yang biasanya cenderung jauh lebih lama dibandingkan dengan proses pengunduhan dengan software downloader yang lainnya.

Orbit Downloader

Adalah software downloader yang sangat mirip dengan adanya sistem kerja Internet Download Manager. Bedanya software Orbit Downloader ini akan memiliki kelebihan berupa kestabilan download atau juga dapat diunduh secara gratis.

Demikianlah artikel tentang √Apa Arti Download : Pengertian, Fungsi, Cara kerja dan Contoh Software Download dari pengajar.co.id

Lihat Juga:   √ Definisi Algoritma : Pengertian, Sejarah, Kriteria dan Contohnya
Lihat Juga:   √ Bagian Bunga : Pengertian dan Fungsinya
Lihat Juga:   √Contoh Tajuk Rencana : Pengertian, Aspek, Syarat, Ciri dan Contohnya
Lihat Juga:   √Trombosit : Pengertian, Fungsi, Cara Kerja, Batasan Fungsi, Struktur dan Proses Terbentuknya