√Apa Itu Chatting : Pengertian, Sejarah, Manfaat, Dampak Negatif dan Contohnya

Diposting pada

Pengertian Chatting

Pengertian chatting merupakan suatu feature atau suatu program di Internet untuk dapat berkomunikasi langsung sesama pengguna internet yang sedang online / yang sedang sama-sama akan menggunakan Internet. Komunikasi ini dapat berupa teks maupun suara.

√Apa Itu Chatting : Pengertian, Sejarah, Manfaat, Dampak Negatif dan Contohnya

Atau definisi chatting merupakan suatu pesan instant ataupun instant messaging di sebuah teknologi jaringan komputer yang akan mengijinkan pemakainya untuk mengirimkan pesan ke pengguna lain yang tersambung dalam sebuah jaringan komputer ataupun internet.

Chatting tidak hanya akan populer dikalangan kaum remaja maupun anak muda saja tetapi jaman sekarang ini, sudah akan merambah ke kalangan orang tua sekalipun. Dengan adanya chatting, kita dapat dengan bebas mengobrol akan mengenai apa saja mulai dari persahabatan, pekerjaan, pelajaran di sekolah, mata kuliah, sampai masalah percintaan ataupun perjodohan, bahkan sampai dengan hal-hal ini akan bersifat pribadi sekali pun.

Sejarah Chatting

Sejarah chatting sangat dengan berkaitan erat dengan email. Sebab,pada awalnya email ini akan dianggap sebagai terobosan baru yang bisa menggantikan cara pengiriman pesan secara konvensional. Namun karena itu, masyarakat kemudian menyadari kalau mengirim ataupun akan membalas email itu kurang efisien.

Si pengirim tidak akan bisa mengetahui apakah emailnya telah dibaca ataupun belum. Terkadang, penerima juga tidak akan membuka email sehingga akan membutuhkan waktu yang lama untuk meresponnya. Hal inilah yang akan kemudian membuat para pengembang perangkat menciptakan aplikasi untuk dapat memenuhi kebutuhan pengiriman pesan secara cepat dan mudah. Pelopornya ialah penyedia jasa daring Quantum Link, atau juga yang dikenal dengan nama American Online.

Sejak saat itu, aplikasi chatting mulai ini banyak erkembang atau bermunculan. Tahun 1995, Mirabilis merilis aplikasi chatting ini bernama ICQ. Lalu pada tahun 1997, AOL merilis aplikasi sejenis bernama AIM (AOL Instant Messenger). Semakin harierjalana, aplikasi chatting semakin berkembang dan menawarkan fitur-fitur yang akan lebih canggih daripada apa yang ditawarkan sebelumnya.

Manfaat Chatting

Tanpa kita disadari, chatting inia sebenarnya sangat bermanfaat dalam kehidupan kita sehari-hari. Berikut ini adalah beberapa manfaat dari kegiatan chatting:

a. Sarana Komunikasi

Chatting pada awal dasarnya dapat memudahkan kita semua untuk berkomunikasi dengan orang lain,yang terutama akann yang posisinya akan berjauhan dengan kita. Kita juga bisa dengan mudah akan sapat menyampaikan informasi penting kepada seseorang ataupun beberapa orang sekaligus dengan cara memanfaatkan fitur chatting.

b. Sumber Informasi Tercepat

Chatting ini dianggap sebagai alat untuk dapat menyampaikan informasi yang akan paling cepat. Sebab itu, kita tak perlu bersusah payah menemui orang yang akan bersangkutan demi bertukar informasi. Kita juga tak perlu lgi menelpon maupun menghabiskan pulsa karena pertukaran informasi bisa kita lakukan lewat kegiatan chatting.

c. Menghemat Waktu

Tak bisa dipungkiri kalau akan ada kehadiran fitur chatting ini sangat memudahkan kita dalam bekerja maupun beraktivitas sehari-hari. Jika ingin membuat janji ataupun pertemuan mendadak dengan orang banyak, kita tidak harus mengirim surat secara resmi. Kita juga bisa saja mengirim undangan lewat aplikasi chatting. Hal ini akan lebih menghemat waktu. Sebab itu, kita tak perlu lagi bersusah payah menyebarkan undangan ke sejumlah orang jauh.

d. Media Untuk Berkomunikasi Dengan Pelanggan

Manfaat yang satu ini juga biasanya dirasakan oleh pihak perusahaan maupun pebisnis. Dengan adanya chatting, perusahaan akan lebih sangat mudah untuk dapat berkomunikasi dengan pelanggan mengenai pemesanan produk, komplain, atau lain sebagainya.

e. Sebagai Sarana Pemasaran

Selain mempermudah dalam hal berkomunikasi dengan pelanggan, chatting juga dapat membantu pebisnis dalam mempromosikan produk. Pebisnis tak perlu lagi akan mengeluarkan sejumlah dana untuk mencetak brosur. Mereka hanya perlu membuat bahan promosi dalam bentuk digital, dengan kemudian, menyebarkannya lewat chatting. Cara seperti ini sangat menghemat waktu atau biaya sehingga banyak diterapkan di kalangan pebisnis, khususnya yang akan memiliki bisnis online.

Dampak Negatif Chatting

Meski akan memiliki sejumlah manfaat, nyatanya chatting juga banyyak memiliki akan sejumlah dampak negatif yang perlu kalian waspadai. Berikut ini adalah beberapa dampak negatif chatting bagi masyarakat sektar,yakni:

a. Maraknya kasus penipuan via chat

b. Perangkat komputer atau gadget lebih mudah terkena virus

c. Bertemu maupun berhubungan dengan orang yang tak dikenal

d. Akan Menyebabkan ketagihan sehingga malas berinteraksi di dunia nyata

Contoh Chatting Dengan Aplikasi Chat

Sekarang ini ada banyak sekali aplikasi chatting yang bisa kita digunakan untuk dapat berkomunikasi dengan orang lain.yang Pada umumnya aplikasi chatting ini dapat digunakan secara gratis.

Beberapa aplikasi chatting yang sering digunakan saat ini ialah yakni:

  • Mesengger
  • WhatssApp
  • Blackberry Messenger
  • Facebook Messenger
  • Line
  • WeChat
  • Kakao Talk
  • Google Hangout

Demikianlah artikel tentang √Apa Itu Chatting : Pengertian, Sejarah, Manfaat, Dampak Negatif dan Contohnya dari pengajar.co.id semoga bermanfaat.

Lihat Juga:   √Penyakit Bronkitis : Pengertian, Penyebab, Pengobatan, Gejala dan Diagnosis Secara Lengkap
Lihat Juga:   √Bentuk Kearifan Lokal : Pengertian, Jenis, Ciri, Fungsi dan Contohnya
Lihat Juga:   √ Dokumentasi adalah : Pengertian, Jenis, Fungsi, Tujuan dan Peranannya
Lihat Juga:   √Surat Lamaran Kerja : Pengertian, Cara Menulis, Syarat, Fungsi dan Contohnya