√Apa Itu Hotel : Pengertian, Jenis, Karakteristik, Sejarah dan Klasifikasinya

Diposting pada

Pengertian Hotel

Yang dimaksud dengan hotel merupakan suatu bangunan maupun perusahaan yang akan menyediakan jasa menginap atau juga akan menyediakan makanan, minuman serta fasilitas lainnya untuk tamu-tamu yang datang kehotel, yang dimana seluruh fasilitasnya akan di peruntukan bagi seluruh masyarakat umum yang akan datang untuk menginap. Hotel memanglah sering sekali yang dijadikan salah satu bahan alternatif tempat tinggal oleh para wisatawan maupun pengunjung yang sedang berlibur maupun jalan-jalan ke suatu tempat wisata.

√Apa Itu Hotel : Pengertian, Jenis, Karakteristik, Sejarah dan Klasifikasinya

Jenis-Jenis Hotel

Jenis hotel yang berdasarkan dari lokasinya, diantaranya yakni seperti berikut dibawah ini:

Hotel kota

Yakni hotel yang pada lokasinya berada di tengah perkotaan, biasanya juga hotel ini ditujukan untuk masyarakat yang akan bertujuan untuk tinggal sementara ataupun tinggal dalam jangka waktu yang relatif pendek, city hotel juga sering disebut dengan transit hotel sebab sering dikunjungi oleh pelaku bisnis.

Residential Hotel

Yakni hotel yang pada lokasinya berada di daerah pelosok/pinggiran perkotaan yang jauh dari keramaian, akan tetapi lumayan cukup mudah untuk dapat mencapai berbagai tempat pekerjaan usaha. Residential hotel ini juga biasanya pada berlokasi di daerah yang tenang sebab itu ditujukan untuk masyarakat yang ingin menginap dalam jangka waktu yang relative cukup lama.

Resort Hotel

Yaitu hotel yang lokasinya berada di daerah pegunungan maupun di tepi-tepi pantai dan lain sebagainya. Resort hotel ini akan ditujukan untuk masyarakat yang ingin menginap maupun beristirahat pada hari libur atau bagi yang ingin berlibur.

Motel

Yaitu singkatan dari Motor Hotel yang pada lokasinya berada di pinggiran atau juga sepanjang jalan raya yang akan menghubungkan satu kota dengan kota besar lainnya maupun dengan lokasi lainnya, bisa juga di pinggir jalan raya dekat dengan batas kota besar. Motel akan ditujukan untuk tempat istirahat sementara bagi orang yang akan melakukan perjalanan yang cukup jauh dengan menggunakan kendaraan pribadi maupun transportasi umum. Karena itu, motel selalu akan menyediakan garasi untuk kendaraan pribadi.

Beach Hotel

yakni suatu hotel yang akan lokasinya berada di dekat pantai.

Mountain Hotel

yakni suatu hotel yang lokasinya di daerah pegunungan/perbukitan.

Bandara Hotel

yakni hotel yang berada di dekat bandara udara utama.

Karakteristik Hotel

Perbedaan antara hotel dengan industri lainnya yakni :

a. Industri hotel yang tergolong industri yang padat modal serta padat karya itu yang artinya dalam pengelolaannya akan memerlukan modal usaha yang lumayan besar dengan tenaga pekerja yang banyak .
b. Dipengaruhi oleh keadaan atau perubahan yang akan terjadi pada sektor ekonomi, politik, sosial, budaya,maupun keamanan dimana hotel tersebut berada.
c. Menghasilkan atau juga memasarkan produknya bersamaan dengan tempat dimana jasa pelayanannya yang telah dihasilkan.
d. Beroperasi selama 24 jam dalam sehari, tanpa adanya hari libur dalam pelayanan jasa terhadap pelanggan hotel atau juga masyarakat pada umumnya.
e. Memperlakukan pelanggan seperti raja selain juga akan memperlakukan pelanggan sebagai patner dalam usaha karena jasa pelayanan hotel yang sangat tergantung pada banyaknya pelanggan yang akan menggunakan fasilitas hotel tersebut.

Sejarah Hotel

Hotel juga berasal dari kata hostel,dulu katanya diambil dari bahasa Peranciskuno. Bangunan publik ini sudah dibuat sejak pertengahan abad ke-17. Maknanya kira-kira, “tempat penampungan buat pendatang”maupun bisa juga bangunan penyedia pondokan atau makanan untuk umum”. Jadi, maka pada mulanya hotel memang telah diciptakan untuk melayani masyarakat.Tak aneh kalau di Inggris atau Amerika,yang namanya pegawai hotel dulunya mirip pegawai negeri alias abdi masyarakat. Tapi, seiring waktu berjalan perkembangan zaman atau bertambahnya pemakai jasa, layanan inap-makan ini mulai akan meninggalkan misi sosialnya. Tamu pun dipungut bayaran. Sementara bangunan dan kamar-kamarnya mulai diatur ditata sedemikian rupa agar membuat tamu akan betah. Meskipun demikian, bertahun-tahun standar layanan hotel tak terlalu banyak berubah. Sampai pada tahun1793, saat City Hotel dibangun di cikal bakal wilayah kota New York City Hotel itulah pelopor pembangunan penginapan gaya baru yang lebih sempurna.Sebab itu, dasar pembangunannya tak hanya akan mementingkan letak yang strategis. Tapi juga pemikiran bahwa hotel juga tempat istirahat yang layak. Jadi, tak ada salahnya didirikanya pinggir kota.

Klasifikasi Hotel

Klasifikasi hotel maupun pembagian tipe hotel ada bermacam-macam jenisnya. Semakin banyak wisatawan yang datang ke suatu daerah,yang akan mengakibatkan banyak bermunculan hotel dengan berbagai tipe. Hal ini akan bertujuan untuk membidik target pasar yang berbeda-beda. contohnya berdasarkan daya beli apakah dari kalangan bawah, menangah maupun atas. Berdasarkan jumlah tamu apakah sendirian, keluarga maupun rombongan serta kriteria yang lainnya.

Klasifikasi Hotel Berdasarkan Kelasnya :

  • Hotel Bintang
  • Hotel Melati
  • Wisma
  • Guest House

Klasifikasi Hotel Bintang :

a.Hotel Bintang 1
Jumlah minimum kamar standar 15
Kamar mandi di dalam
Luas minimum kamar standar 20 m2

b.Hotel Bintang 2
Jumlah minimum kamar standar 20
Jumlah minimum kamar suite 1
Kamar mandi di dalam
Luas minimum kamar standar 22 m2
Luas minimum kamar suite 44 m2

c.Hotel Bintang 3
Jumlah minimum kamar standar 30
Jumlah minimum kamar suite 2
Kamar mandi di dalam
Luas minimum kamar standar 24 m2
Luas minimum kamar suite 48 m2

d.Hotel Bintang 4
Jumlah minimum kamar standar 100
Jumlah minimum kamar suite 4
Kamar mandi di dalam
Luas minimum kamar standar 26 m2
Luas minimum kamar suite 52 m2

Demikianlah artikel tentang √Apa Itu Hotel : Pengertian, Jenis, Karakteristik, Sejarah dan Klasifikasinya dari pengajar.co.id semoga bermanfaat.

Lihat Juga:   √ Tugas PPKI : Pengertian , Sejarah, Tugas dan Anggotanya
Lihat Juga:   √ Jenis-jenis Bilangan : Pengertian, Jenis Beserta Contohnya
Lihat Juga:   √Apa Itu Visi dan Misi : Pengertian, Tujuan, perbedaan dan Contohnya
Lihat Juga:   √Contoh Soal Himpunan : Pengertian, Jenis dan Jawabannya