√ Apa Itu PT : Pengertian, Macam, Ciri, Tujuan, Kelebihan dan Kekurangannya

Diposting pada

Banyak dari kita yang hanya tau apa itu pt tanpa mengetahui apa itu kepanjangnnya, PT yaitu kependekan dari Perseroan Terbatas. Pada kesempatan kali ini disini kita akan mengulas tentang PT (Perseroan Terbatas) secara lengkap dan jelas. maka dari itu marilah amati ulasan yang ada dibawah berikut ini.

√ Apa Itu PT : Pengertian, Macam, Ciri, Tujuan, Kelebihan dan Kekurangannya

Pengertian Perseroan Terbatas (PT)

PT adalah singkatan dari Perseroan Terbatas yang merupakan suatu bentuk perusahaan yang dimana modalnya terbagi atas saham-saham, Perseroan Terbatas yang berdasarkan pada jumlah saham yang dia punyai. dan ada beberapa alat atau perlengkapan yaitu seperti Direksi, Kominsaris dan Rapat umum para pemegang saham.

Macam-Macam Perseroan Terbatas (PT)

membahas mengenai macam macam PT (Perseroan Terbatas), dilihat dari cara menghimpun modal PT, maka macam macam PT (Perseroan Terbatas) bisa dibedakan menjadi beberapa macam, berikut macam-macam pt dibawah ini

PT Terbuka

Adalah jenis perseroan terbatas yang sahamnya bisa dibeli atau bisa dimiliki oleh umum. Biasanya saham Perseroan terbatas pada jenis ini kepunyaannya atas unjuk bukan atas nama, jadi mudah untuk dibeli dan menjualnya .

PT Tertutup

Adalah jenis perseroan yang sahamnya hanya dimiliki orang-orang tertentu saja dan tidak dijual kepada masyarakat umum. biasanya jenis perseroan jenis ini hanya dimiliki oleh keluarga tertentu.

PT Domestik

Adalah jenis perseroan terbatas dan berdiri sekaligus menjalankan tugas didalam negeri dan harus mematuhi peraturannya

PT Perseorangan

Adalah jenis perseroan yang sahamnya hanya dimiliki oleh satu orang saja. orang yang mempunyai saham tersebut juga sebagai direltur diperusahaan tersebut. jadi orang tersebut memliki kekuasaan yang mutlak,

PT Asing

Perseroan Terbatas atau PT asing adalah suatu jenis perseroan terbatas yang didirikan di luar negri atau negara lain dengan mematuhi semua peraturan yang berlaku di negara tersebut. maupun sebaliknya.

PT Umum atau PT Publik

Adalah suatu jenis Perseroan Terbatas yang kepemilikan sahamnya bebas dapat dimiliki oleh siapa saja yang terdaftar

Ciri Ciri PT (Perseroan Terbatas)

Dalam KUH Dagang dijelaskan bahwa badan usaha yang bisa dikatakan sebagai PT (perseroan Terbatas) harus mempunyai unsur atau ciri ciri PT. Ciri ciri PT (Perseroan Terbatas), sebagai berikut :

  • Badan usaha bisa disebut juga sebagai PT (Perseroan Terbatas) jika kekayaan badan usaha yang dimiliki terpisah dari kekayaan pribadi masing-masing pesero (pemegang saham), yang bertujuan untuk membentuk dana sebagai jaminan persero.
  • Usaha bisa disebut juga sebagai PT (Perseroan Terbatas) jika adanya persero yang tanggung jawabnya terbatas pada jumlah saham yang dimilikinya. Sedangkan mereka semua dalam RUPS (Rapat Umum Pemegang Saham) merupakan kekuasaan tertinggi dalam organisasi perseroan, yang mempunyai kekuasaan mengangkat dan memberhentikan Komisaris dan Direksi.
  • Badan usaha bisa disebut juga sebagai PT (Perseroan Terbatas) jika pengurus (Direksi) dan Komisaris yang merupakan satu kesatuan pengurusan dan pengawasan terhadap perseroan dan tanggung jawabnya terbatas pada tugasnya, dan harus sesuai dengan keputusan RUPS.

Kelebihan Perseroan terbatas (PT)

  • Penanggung jawab yang terbatas dari utang-utang perusahaan. Maksudnya ialah jika kamu termasuk pemegang saham dan perusahaan tersebut yang punya utang, kamu hanya bertanggung jawab sebesar modal yang kamu setorkan dan tidak lebih.
  • Kelangsungan perusahaan sebagai badan hukum lebih terjamin, sebabtidak tergantung pada beberapa pemilik. Pemilik dapat berganti-ganti.
  • Mudah untuk memindahkan hak milik dengan menjual saham kepadaorang lain.
  • Mudah memperoleh tambahan modal untuk memperluas volumeusahanya, misalnya dengan mengeluarkan saham baru.
  • Manajemen pengelolaan sumber modal untuk itu secara efisien. Jadi jika kamu memiliki manajer tidak bagus, kamu dapat ganti dengan yang lebih bagus.

Kekurangan Perseroan terbatas (PT)

  • PT merupakan subyek pajak tersendiri. Jadi tidak hanya perusahaan yang terkena pajak. laba bersih yang dibagikan kepada semua pemegang saham akan dikenakan pajak sebagai pajak pendapatan. Tentunya dari pemegang saham yang bersangkutan.
  • Jika anda akan mendirikan perseroan terbatas, pendiriannya jauh lebihsulit dari bentuk kepemilikan usaha lainnya. Dalam pendiriannya, PTmemerlukan akte notaris dan ijin khusus untuk usaha tertentu.
  • Biaya pembentukannya relatif tinggi.
  • Bagi beberapa orang pt dianggap “secret” dalam hal keuangan perusahaan. karena disebabkan adanya segala aktivitas perusahaan harus dilaporkan kepada pemegang saham.

Tujuan PT (Perseroan Terbatas)

Tujuan PT (Perseroan Terbatas) dibentuk ialah untuk menjalankan suatu perusahaan dengan modal tertentu yang terbagi atas saham-saham, yang dimana para pemegang saham (persero) ikut berpartisipasi mengambil satu saham atau lebih dan melakukan perbuatan hukum dibuat bersam-sama, dengan tidak bertanggung jawab sendirian untuk keputusan persero.

demikianlah artikel tentang √ Apa Itu PT : Pengertian, Macam, Ciri, Tujuan, Kelebihan dan Kekurangannya dari pengajar.co.id semoga bermanfaat.

Lihat Juga:   √Adaptasi Morfologi: Pengertian, Contoh dan Gambarnya
Lihat Juga:   √ Cerpen Adalah : Pengertian, Ciri, Struktur, Unsur dan Contohnya
Lihat Juga:   √Contoh Perusahaan Manufaktur : Pengertian, Ciri, Fungsi dan Contohnya
Lihat Juga:   √ Apa Itu VPN : Pengertian, Jenis, Fungsi, Manfaat dan Cara Kerjanya