√ Apa Itu VPN : Pengertian, Jenis, Fungsi, Manfaat dan Cara Kerjanya

Diposting pada

Apa Itu Visi dan Misi

Pengertian Virtual Private Network (VPN)

VPN merupakan kependekan dari “Virtual Private Network”, yang merupakan suatu koneksi antara satu jaringan ke jaringan yang lain secara pribadi melalui jaringan Internet (publik). Disebut dengan Virtual Network dikarenakan VPN menggunakan jaringan Internet sebagai media perantara alias koneksinya tidak secara langsung. serta disebut Private Network karena VPN bersifat pribadi atau bisa dibilang hanya orang tertentu yang dapat mengaksesnya.

√ Apa Itu Vpn : Pengertian, Jenis, Fungsi, Manfaat dan Cara Kerjanya

Jenis-jenis VPN

Didunia ini Terdapat tiga jenis VPN, yakni Access VPN, Intranet VPN dan Extranet VPN. berikut penjelsan dari ketiga vpn tersebut.

a. Access VPN

Access VPN atau Virtual Private Dial-Up Network (VPDN) merupakan koneksi user-to-LAN yang dipakai sebuah perusahaan untuk para karyawan yang membutuhkan jaringan internet. Remote Access VPN dapat pekerja untuk mengakses data-data penting.

b. Intranet VPN

Intranet VPN atau site to site VPN adalah VPN yang dipakai untuk menghubungkan antara kantor pusat dan kantor cabang atau kantor pembantu melalui shared network menggunakan koneksi yang permanen (dedicated).

c. Extranet VPN

Extranet VPN adalah VPN yang dipakai untuk menghubungkan antara kantor dengan pihak luar seperti pelanggan, suplier, rekan bisnis, atau suatu komunitas ke dalam jaringan internal dengan menggunakan koneksi Dedicated. Dengan adanya Extranet VPN perusahaan-perusahaan yang terlibat bisa berkomunikasi serta bertukar informasi secara cepat, mudah, tetapi harus dalam sistem keamanan yang terjamin.

Fungsi VPN

VPN mempunyai tiga fungsi, yakni untuk menjaga kerahasiaan data (confidentially), kebutuhan data (data integrity), serta autentikasi sumber (origin authentication). berikut dibawah ini penjelasannya

a. Confidentially

artinya menjaga data atau informasi milik pengguna internet agar tidak diketahui orang lain dan disalahgunakan. Dengan mengakses internet dengan VPN, maka web yang ditelusuri seorang pengguna internet hanya akan bisa menelusuri jejak hingga ke server VPN, dan tidak akan menemukan alamat IP komputer pribadi pengguna.

b. Data Integrity

artinya VPN yang menerapkan teknologi untuk menjaga keutuhan informasi mulai dari tempat data tersebut dikirim, melaluai jaringan internet, hingga akhirnya sampai ke penerima. VPN meyakinkan agar proses perjalanan pengiriman, data tidak akan mengalami berbagai macam gangguan.

c. Origin Authentication

artinya VPN mempunyai keahlian untuk mengotentifikasi data yang masuk, dengan cara memeriksa data tersebut kemudian mengakses informasi dari sumbernya. Jika proses otentifikasi ini sukses, maka data yang dikirimkan dan diterima dapat dipastikan sudah aman.

Manfaat dari VPN

a. Remote Access

Maksudnya dengan memakai VPN kita dapat mengakses komputer atau jaringan kantor, dari mana saja selama terhubung ke jaringan internet atau publik.

b. Keamanan

dengan memakai koneksi VPN kita dapat browsing, searching dengan aman saat mengakses dunia maya atau jaringan internet publik misalnya seperti hotspot dan internet yang ada di cafe-cafe.

c. Hemat

bisa menghemat biaya setup jaringan : VPN juga bisa digunakan sebagai cara alternatif untuk menghubungkan jaringan lokal yang cukup luas dengan biaya yang lebih rendah. Karena transmisi data yang digunakan pada VPN melibatkan media jaringan internet dan jaringan publik yang sebelumnya telah ada tanpa perlu membentuk jaringan sendiri.

Cara Kerja VPN

umumnya, ketika kamu terhubung ke internet, sebenarnya sebelum bisa mengakses suatu website, kamu akan terhubung dengan ISP (Internet Service Provider), lalu barulah kemudian kamu bisa terhubung dengan website yang diinginkan. Semua lalu lintas data permintaan untuk website tersebut akan melalui server ISP terlebih dahulu, serta juga bisa terlihat dari pihak ISP.

a. VPN membutuhkan server yang mempunyai kegunaan sebagai penghubung antar PC. kamu bisa memakai komputer yang telah menggunakan aplikasi VPN Server. kamu juga bisa menggunakan sebuah Router seperti MikroTik RB 750.

b. Komputer dengan aplikasi VPN Client menghubungi Server VPN sebagai awal dari koneksi. setelah itu VPN Server akan memverifikasi nama dan password. misalkan berhasil, maka VPN Server akan memberikan IP Address baru pada komputer client serta selanjutnya sebuah koneksi atau tunnel yang akan terbentuk.

c. Berikutnya, komputer client sudah dapat digunakan untuk mengakses berbagai resources (komputer ataupun LAN) yang berada dibelakang VPN Server.

Demikianlah artikel tentang √ Apa Itu Vpn : Pengertian, Jenis, Fungsi, Manfaat dan Cara Kerjanya dari pengajar.co.id semoga bermanfaat

Lihat Juga:   √ Kromosom Manusia : Pengertian, Struktur, Jenis, Jumlah dan Fungsinya
Lihat Juga:   √Contoh Mitos : Pengertian, Ciri, Jenis, Fungsinya
Lihat Juga:   √Brosur Adalah : Pengertian, Fungsi, Ciri, Manfaat dan Contohnya
Lihat Juga:   √Stuktur Kulit : Pengertian, Fungsi, Gangguan, Lapisan dan Gambarnya Lengkap