√ Bakteri Menguntungkan : Pengertian, Jenis, Ciri dan Strukturnya

Diposting pada

Pengertian Bakteri

Bakteri adalah salah satu jenis organisme yang tidak memiliki inti sel tidak organisme lainnya. Ia masuk ke dalam kelompok prokariota yang berukuran sangat kecil . Untuk melihat keberadaan bakteri ini, manusia mutlak membutuhkan alat pembesar berupa mikroskop. Sebagai sel prokariot, bakteri mempunyaI struktur yang teramat sangat sederhana. Ia terdiri dari kerangka sel serta organel-organel semisal mitokondria dan juga kloroplas. Bakteri dapat ditemui di semua tempat. Contohnya di udara, air, tanah dan tempat lainnya.

√ Bakteri Menguntungkan : Pengertian, Jenis, Ciri dan Strukturnya

Jenis-jenis Bakteri Menguntungkan

Berikut dibawah ini beberapa jenis bakteri yang menguntungkan

1). lactobacillus Acidophilus

Lactobacillus acidophilus ini adalah salah satu bakteri yang paling ramah bagi manusia Lactobacillus merupakan nama “genus” dan “acidophilus” adalah jenisnya. Pada bakteri ini secara alami hadir dalam produk susu atau sengaja dimasukkan ke dalam suplemen susu untuk hasil yang lebih baik.

2). Tobacillus Acidophilus

Bakteri Tobacillus acidophilus ini juga termasuk ke dalam “genus lactobacillus”. Tobacillus acidophilus ini adalah bakteri pencinta asam. Pada bakteri ditemukan pada buttermilk, yoghurt, sour cream dan juga frozen dessert.

3). Cynocobalamin

Bakteri Cyanocobalamin ini membantu memproduksi vitamin B12 selama proses pencernaan. Bakteri Cyanocobalamin ini berperan penting sebagai probiotik. Yang pada probiotik ini bertanggung jawab terhadap kesehatan pencernaan secara keseluruhan karena memecah senyawa kompleks makanan sehingga mudah untuk diserap kedalam darah.

4). Acidophilus Bifidus

Bakteri acidophilus bifidus membantu menurunkan kadar kolestrol serta untuk mencegah pertumbuhan jamur “jahat”. Contohnya seperti Candida albicans. Bakteri acidophilus bifidus akan membersihkan aliran darah dan menghilangkan racun. Oleh sebab itu, bakteri ini berperan penting dalam meningkatkan sistem kekebalan tubuh/imune.

5). Streptomyces

Pada bakteri yang menguntungkan yaitu Streptomyces ini adalah salah satu bakteri yang dipakai dalam pembuatan antibiotik.

6). E. Coli

Escherichia coli ini dalam usus dan disebit dengan bakteri enterik. Bakteri E. coli membantu proses pencernaan serta melindungi agar tubuh tetap sehat. Mereka juga menciptakan vitamin B-kompleks dan juga vitamin K.

7). Staphylococcus Epidermidis Dan Proprionibacterium Acnes

Staphylococcus epidermidis dan Proprionibacterium acnes adalah salah satu bakteri yang biasanya berada pada kulit serta bersifat komensal. Kedua bakteri ini berfungsi untuk mencegah penyebaran jamur khusus.

8). Acidophilus Bacteria

Acidophilus bacteria ditemukan pada organ reproduksi wanita. Bakteri ini menciptakan asam laktat yang mencegah pertumbuhan jamur pada tubuh.

Ciri-ciri Bakteri Menguntungkan

Adapun ciri-ciri bakter menguntungkan ialah sebagai berikut

  • Bersel satu dan sangat sederhana.
  • Prokariotik.
  • Kandungan kromosomnya haploid (n).
  • Hidup secara autotrof/heterotrof.
  • Berkembang biak atau bereproduksi dengan cara seksual dan aseksual.
  • Mempunyai beberapa macam bentuk sel, yakni bulat, batang, spiral dan variasinya.
  • Ada yang mempunyai alat gerak berupa flagel dan juga ada yang tidak.
  • Membutuhkan kelembapan yang tinggi, sekitar kurang lebih 85% untuk kehidupannya.

Struktur bakteri

Berikut dibawah ini struktur bakteri

1). Kapsul

Kapsul merupakan selubung pelindung bakteri yang tersusun dari polisakarida. Kapsul berada di luar dinding sel. Hanya bakteri bersifat patogen yang memiliki kapsul. Fungsi kapsul ialah untuk melindungi dan menjaga diri dari kekeringan dan juga mempertahankan diri dari antitoksin yang dihasilkan oleh sel inang.

2). Dinding Sel

Dinding sel bakteri tersusun atas protein yang berhubungan dengan polisakarida(Peptidoglikan). Dinding sel berada di luar membran sel. Adanya dinding sel akan menimbulkan bentuk bakteri menjadi tetap. Dinding sel berfungsi untuk melindungi dan menjaga sel bakteri terhadap lingkungannya.

3). Membran Sel

Membran sel tersusun atas molekul lemak dan protein(Fosfollpid). Membran sel bersifat semipermeabel. Membran sel mengandung enzim respirasi. Fungsinya ialah untuk membungkus plasma serta mengatur pertukaran mineral dari sel dan ke luar sel.

4). Sitoplasma

Sitoplasma merupakan cairan yang berada di dalam sel. Sitoplasma tersusun dari koloid yang mengandung berbagai macam molekul organik. Contohnhya seperti karbohidrat, lemak, protein dan mineral. Sitoplasma merupakan tempat berlangsungnya reaksi-reaksi metabolisme.

5). Bulu Cambuk (Flagel)

Flagel merupakan alat gerak pada bakteri sehingga membantu bakteri untuk mendekati makanan atau menjauh apabila ada racun atau bahan kimia.

6). Materi Genetik

AND (Disebut juga DNA) bakteri tidak tersebar dalam sitoplasma, namun berada pada daerah tertentu yang dinamai dengan nukleoid. ADN berfungsi mengontrol sintesis protein bakteri dan merupakan salah satu zat pembawa sifat.

7). Ribosom

Ribosom berfungsi dalam sintesis protein. Ribosom tersusun dari protein, apabila dilihat dari mikroskop, ribosom nampak seperti struktur kecil yang melingkar.

8). Plasmid

Selain ADN, bakteri juga mempunhyai plasmid. Plasmid mengandung gen-gen tertentu, misalnya gen patogen dan juga gen kebal antibiotik. Plasmid juga bisa memperbanyak diri. Dalam satu sel bakteri mampu terbentuk kurang lebih 20 Plasmid.

Demikianlah artikel dari pengajar.co.id tentang √ Bakteri Menguntungkan : Pengertian, Jenis, Ciri dan Strukturnya semoga bermanfaat.

Baca Juga :

Lihat Juga:   √ Futsal : Pengertian, Sejarahnya di Dunia
Lihat Juga:   √Contoh Bibliografi : Pengertian, Jenis, Unsur, Fungsi, Manfaat dan Contohnya
Lihat Juga:   √ Globalisasi Menurut Para Ahli : Pengertian , Penyebab dan Dampaknya
Lihat Juga:   √ Contoh Tes Wartegg : Pengertian, Keterangan Gambar, dan Tips Mengerjakannya