√Biodisel Adalah : Pengertian, Bahan Baku, Manfaat, Kelebihan dan Kekurangannya

Diposting pada

Pada kesempatan kali ini kita akan mempelajari bersama-sama mengenai apa itu biodiesel? pengertian, bahan baku, kelebihan dan kekurangan dan manfaatnya Untuk itu mari kita amati penjelasan mengenai biodiesel, berikut dibawah ini penjelasannya

Pengertian Biodisel

Biodiesel merupakan bahan bakar alternatif yang berasal dari bahan minyak nabati, atau biodiesel adalah bahan bakar untuk mesin diesel yang berasal dari bahan minyak nabati setelah melewati proses kimia. Biasanya sumber bahan minyak nabati tersebut berasal dari minyak kelapa, minyak biji jarak, minyak sawit dan lain-lain. Biodiesel adalah bahan bakar yang bisa mengurangi kerusakan pada lingkungan maknanya bahan bakar ini sangat ramah terhadap lingkungan.

Biodiesel merupakan salah satu kandidat yang paling dekat untuk menggatikan bahan bakar fosil untuk energy transportasi utama dunia, sebab biodiesel merupakan bahan bakar terbaru yang bisa menggatikan diesel petrol di mesin sekarang ini dan bisa diangkut serta dijual dengan menggunakan infrastruktur yang ada sekarang ini.

Penggunaan serta produksi biodiesel meningkat dengan pesat, khusus di Eropa dan Amerika Serikat, serta Asia, meskipun dalam pasar masih sebagian kecil saja dari penjualan bahan bakar. Pertumbuhan SPBU membuat semakin banyaknya penyediaan biodiesel kepada konsumen atau pelanggan serta juga pertumbuhan kendaraan yang menggunakan biodiesel sebagai bahan bakar utama.

Bahan Baku Biodiesel

Bahan minyak nabati sebagai sumber utama biodiesel bisa didapat dari berbagai macam jenis tumbuhan tergantung pada sumberdaya utama yang banyak terdapat disuatu temapat atau Negara. Indonesia mempunyai banyak sekali sumber daya untuk bahan baku biodiesel ini.

√Biodisel Adalah : Pengertian, Bahan Baku, Manfaat, Kelebihan dan Kekurangannya

Kelebihan Biodiesel dan Kelemahan Biodiesel

Biodiesel memiliki berbagaai kelebihan sekaligus kekurangan. Salah satu keuntungan terbesar biodiesel berada pada emisi rendah karbondioksida yang dihasilkannya sehingga mengurangi efek rumah kaca. tetapi, terdapat pula beberapa kekurangan yang membuat biodiesel masih memerlukan waktu untuk dapat digunakan dalam jumlah yang signifikan dibandingkan solar.

A. Kelebihan Biodiesel

Salah satu kelebihan biodiesel ialah rendahnya kadar sulfur yang dikandungnya. minimnya kadar tersebut akan menurunkan kemungkinan hujan asam yang terjadi. Emisi karbon dioksida yang dihasilkan oleh bahan bakar ini juga relatif lebih rendah sekitar 75% dibanding dengan solar lainnya. Karena itu jenis bahan bakar ini digolongkan sebagai bahan bakar ramah lingkungan.

B. Kekurangan Biodiesel

Sebenarnya, kandungan energi yang dimiliki dari biodiesel lebih rendah sekitar 11% dari solar yang berbahan fosil (hewan). Konsekuensinya, bahan bakar ini akan menghasilkan tenaga yang lebih rendah dibanding dengan solar pada umumnya. Kekurangan lainnya terkait dengan kekuatan proses oksidasi pada bahan bakar teresebut. Kelemahan pada oksidasi menyebabkan bahan bakar tersebut lebih bermasalah pada proses penyimpanan. Kecenderungannya, jika disimpan terlalu lama maka bahan bakar ini bisa menyumbat mesin akibat dari pengentalannya.

Manfaat Bahan Bakar Biodiesel

Biodiesel berperan sebagai pengganti berbahan bakar, khususnya pengganti bahan bakar fosil serta manfaat dan merupakan bahan bakar yang ramah lingkungan. Pertamina bersolusi agar bahan bakar berkualitas dan ramah lingkungan ini yang bisa mengurangi emisi gas buang, dan sedang mengembangkan biogas dan biodiesel.

Demikianlah artikel tentang √Biodisel Adalah : Pengertian, Bahan Baku, Manfaat, Kelebihan dan Kekurangannya dari pengajar.co.id semoga bermanfaat.

Lihat Juga:   √ Jurnal Pembalik : Pengerian, Fungsi, Tujuan dan Cara Membuatnya
Lihat Juga:   √Cerita Ulang : Pengertian, Jenis, Struktur, Kaidah dan Contohnya
Lihat Juga:   √ Sumber Daya Alam : Pengertian, Jenis Beserta Contohnya
Lihat Juga:   √ Teknik Membaca Cepat : Pengertian, Macam dan Tujuan