√ Ciri Arthropoda : Pengertian, Klasifikasi, Ukuran dan Bentuk Tubuh

Diposting pada

Pengertian Arthropoda

Arthropoda merupakan hewan dengan kaki beruas-ruas, berukuku dan bersegmen. Kata Arthropoda berasal dari bahasa Yunani yang terdiri atas dua kata yakni arthro yang artinya ruas dan podos yang artinya kaki. Arthropoda adalah salah satu hewan tripoblastik selomata dan bilateral simetris. Tubuh Arthropoda terdiri dari kepala, dada dan abdomen yang keseluruhan dibungkus oleh zat kitin serta kerangka luar (eksoskeleton). Pada umumnya diantara ruas-ruas terdapat bagian yang tidak mempunyai zat kitin sehingga ruas-ruas tersebut mudah untuk digerakkan. Pada waktu tertentu kulit dan tubuh Arthropoda mengalami pergantian kulit (eksdisis).

√ Ciri Arthropoda : Pengertian, Klasifikasi, Ukuran dan Bentuk Tubuh

Ciri-ciri Arthropoda

Adapun ciri-ciri arthropoda ialah sebagai berikut

1). Tubuh tersegmentasi.

Ini artinya bahwa mereka akan mempunyai tubuh yang terdiri dari lebih dari satu bagian. Laba-laba mempunyai dua segmen dan lalat mempunyai tiga segmen.

2). Banyak kaki bersendi atau anggota badan

Laba-laba mempunyai 8 kaki, kaki seribu bisa mempunyai Ratusan! lalat mempunyai tiga segmen.

3). Sebuah eksoskeleton

Ini merupakan kerangka eksternal. Seperti baju besi yang melindungi tubuh arthropoda. Pada saat arthropoda lahir eksoskeleton yang lembut tapi mengeras dengan cepat dan bisa ditumpahkan saat makhluk tumbuh. Arthropoda merupakan invertebrata, yang artinya bahwa mereka tidak mempunyai tulang belakang.

4). Berdarah Dingin

Arthropoda merupakan berdarah dingin – yang berarti, suhu tubuh mereka tergantung pada suhu lingkungan sekitar mereka. Arthropoda adalah beberapa hewan paling menarik di dunia!

5). Habitat

Arthropoda yang di seluruh dunia dalam distribusi mereka dan menempati berbagai habitat termasuk laut dalam, perairan pesisir, habitat darat, sungai dan sungai air tawar, hutan, gurun, semak belukar, dan padang rumput.

Klasifikasi Arthropoda

Berikut dibawah ini klasifikasi arthropoda berdasarkan struktur tubuhnya. Arthropoda dapat dibedakan menjadi 4 tipe yakni sebagai berikut

1). Arachnoidea

Arachnoidea dimana berasal dari bahasa yunani yaitu arachno yang artinya laba-laba. Contoh dari arachonoidea sendiri yaitu kalajengking, laba-laba, tungau. Yang pada umumnya arachnoidea mempunyai sifat parasite yang bisa merugikan manusia, hewan maupun tumbuhan.

2). Insecta (serangga)

Istilah insecta yang dalam bahasa latin ialah insect yang artinya serangga. Insecta merupakan satu-satunya kelompok dari invertebrate yang bisa terbang. Adapun penyebaran dari insect sangatlah luas dengan kenakeragaman tinggi di antara kelas-kelas yang lain.

3). Crustacea

Crustacea merupakan salah satu hewan air yang mampu hidup di laut dan juga di air tawar. Dimana crustacean sendiri memiliki tubuh yang bersegmen (beruas) serta terdiri dari sefalotoraks (kepala dan dadanya menjadi satu) serta abdomen (perut).

4). Myriapoda

Myriapoda adalah gabungan dari kelas Chilopoda dan Diplopoda yang mana tubuhnya beruas-ruas dan dari setiap ruasnya memiliki satu pasang atau dua pasang kaki.

Ukuran Dan Bentuk Tubuh Arthropoda

Ukuran tubuh Arthropoda bervariasi, ada yang berukuran kecil kurang dari 0,1 mm (misalnya tungau dan kutu) hingga ada juga yang berukuran lebih dari 3 m (misalnya kepiting Macrocheira kaempferi). Bentuk tubuh Arthropoda sangat bervariasi. Tubuhnya yang simetri bilateral serta dilindungi oleh eksoskeleton (rangka luar). Arthropoda mempunyai anggota tubuh dengan struktur serta fungsi yang berbeda-beda, misalnya sayap untuk terbang, kaki untuk berjalan maupun berenang, capit untuk menangkap mangsa, alat kopulasi, alat untuk pertahanan tubuh dan alat reseptor sensori.

Demikianlah artikel tentang √ Ciri Arthropoda : Pengertian, Klasifikasi, Ukuran dan Bentuk Tubuh dari pengajar.co.id semoga bermanfaat.

Lihat Juga:   √Konsep Gaya Hidup : Pengertian, Jenis, Indikator, Faktor yang Mempengaruhinya
Lihat Juga:   √ Adaptasi Fisiologis : Pengertian, Contoh dan Kesimpulannya
Lihat Juga:   √Cara Menulis Kwitansi : Pengertian, Fungsi, Manfaat, Ciri, Komponen dan Contohnya
Lihat Juga:   √Brosur Adalah : Pengertian, Fungsi, Ciri, Manfaat dan Contohnya