√ Ciri Galaksi : Pengertian, Jenis, Ciri dan Bentuk Galaksi

Diposting pada

Pengertian Galaksi

Galaksi merupakan sekumpulan bintang yang membentuk sebuah sistem, terdiri dari satu atau lebih benda angkasa yang berukuran besar dan juga dikelilingi oleh benda-benda angkasa lainnya secara teratur. Di dalam ilmu astronomi, galaksi artinya sebagai sebuah sistem yang terdiri dari bintang-bintang, gas dan debu yang amat luas, di mana anggotanya mempunyai gaya tarik menarik (gravitasi). sebuah galaksi pada umumnya terdiri dari miliaran bintang yang mempunyai ukuran, warna dan ciri-ciri yang sangat beraneka ragam.

√ Ciri-ciri Galaksi : Pengertian, Jenis, Ciri dan Bentuk Galaksi

Jenis-jenis Galaksi

Berikut dibawah jenis-jenis Galaksi

1). Galaksi Bimasakti

Galaksi Bimasakti ditemukan pada 18 juli 1783, oleh William Hershel yang berasal dari negara inggris seorang ahli astronom. Galaksi bimasakti terdiri dari 400 milliar bintang, dengan garis tengah sekitar 130.000 tahun cahaya (1 tahun cahaya sama dengan 9.500 milyar kilometer). Galaksi bimasakti salah satu tempat bumi berada serta tata suryanya lainya.

2). Galaksi Magellan

Merupakan galaksi yang paling dekat dengan galaksi bimasakti yang jaraknya sekitar 150.000 tahun cahaya dan terletak di belahan langit selatan. Galaksi ini mempunyai bentuk yang tak beraturan.

3). Galaksi Ursa Mayor

Galaksi Ursa Mayor ini berjarak kurang lebih 10.000 tahun cahaya dari galaksi bimasakti. Galaksi yang berbentuk elips serta rapat.

4). Galaksi Andromeda

Adalah galaksi raksasa yang berdiamter sekitar 200 ribu tahun cahaya dan mempunyai massa sekitar 300-400 billium kali massa matahari. Galaksi andromeda berukuran dua kali ukuran galaksi bimasakti. Galaksi andromeda mempunyai bentuk bulat khas dan berjarak 2,5 tahun cahaya dari galaksi bimasakti.

5). Galaksi Jauh

Galaksi jauh ini terletak sekitar 10.000.000 tahun cahaya dari galaksi bimasakti. Contoh seperti galaksi jauh yaitu galaksi Silvery, galaksi Triangulum dan galaksi whipool.

6). Galaksi Black Eye

Galaksi ini ditemukan oleh Charles Messier pada tahun 1781 seorang astronom yang menemukan galaksi yang mempunyai cincin kabut serta berwarna gelap. Cincin kabut tersebut mengelilingi intinya yang paling terang yang terlihat seperti mata manusia, sehingga charles messier menamai nama Black eye.

Ciri-ciri Galaksi

Adapun ciri-ciri Galaksi sebagai berikut

1). Galaksi memiliki cahaya sendiri

Berbeda dengan planet yang memerlukan matahari untuk menerima cahaya, galaksi mempunyai cahaya sendiri dan bukan dari pantulan. Dimana sinar gamma ialah salah satu senjata terbesar yang ada di alam. Sinar ini diperoleh dari semburan pulsar atau bintang besar yang mati dan juga meledak dan memancarakan radiasi cahaya.

2). Jarak Galaksi Jauh

Galaksi tidak berdekatan tetapi berjauhan adalah ciri-ciri galaksi yang kedua. Entah sebab ada hal yang mungkin seperti gravitasi atau sejenisnya. sesungguhnya galaksi ada banyak sekali, mungkin hingga ratusan. Selain dari pada itu ada juga galaksi yang dideteksi mempunyai jarak yang jauh hingga jutaan cahaya galaksi.

3). Galaksi Lain bisa terlihat

Galaksi yang lainnya bisa terlihat berada di luar bimasakti. Seperti yang dikatakan sebelumnya bahwa galaksi tidak mungkin berdekatan sebab takut adanya hal-hal yang tidak diinginkan contohnya seperti adanya benturan atau tercampurnya planet. Selain dari pada itu galaksi terbentuk sebab benda di luar angkasa membentuk kelompok, apabila berdekatan dan bercampur dengan galaksi lain maka akan menjadi satu galaksi besar.

4). Galaksi Memiliki Lubang Hitam

Adalah tempat di ruang angkasa di mana gravitasi dimana terdapat sebuah Gravitasi yang sangat kuat, bahkan cahaya pun tidak dapat menembus keluar atau masuk. Gravitasi ini begitu kuat sebab hal ini sudah diperas ke dalam ruang kecil. black hole atau lubang hitam bisa terjadi padan saat bintang sedang sekarat atau mendekati akhir hidupnya sebuah bintang.

Bentuk-Bentuk Galaksi

Terdapat 3 bentuk galaxy, berikut dibawah ini penjelasannya

1). Elips

Munculnya galaksi ini terlihat seperti elips. Galaksi yang termasuk dalam tipe elips ini mulai dari galaksi yang berbentuk bundar sampai galaksi yang berbentuk bola pepat. Struktur galaksi tipe ini tidak dapat terlihat dengan jelas. Galaksi elips sangat sedikit mengandung materi antar-bintang serta anggotanya merupakan bintang-bintang tua. Contoh seperti galaksi tipe ini yaitu galaksi M87, ialah galaksi elips raksasa yang berada di Rasi Virgo.

2). Spiral

Bagian-bagian utama galaksi spiral ialah halo, bidang galaksi (termasuk lengan spiral) dan bulge (bagian pusat galaksi yang menonjol). Anggota galaksi spiral terdiri daro beberapa bintang-bintang tua dan muda. Bintang-bintang tua berada pada kumpulan bintang-bintang yang berjumlah ratusan serta berbentuk bola (gugus bola). Bintang-bintang muda berada di lengan spiral galaksi yang terletak di bidang galaksi.

3). Tak Beraturan

Galaksi ini tidak mempunyai bentuk khusus. Anggota dari galaksi tipe ini terdiri dari beberapa bintang-bintang tua dan muda. Contoh seperti dari galaksi tipe ini ialah Awan Magellan Besar dan Awan Magellan Kecil, dua buah galaksi tetangga terdekat Bimasakti, yang hanya berjarak sekitar 180.000 tahun cahaya dari Bimasakti.

Demikianlah artikel tentang √ Ciri-ciri Galaksi : Pengertian, Jenis, Ciri dan Bentuk Galaksi  dari pengajar.co.id semoga bermanfaat.

Lihat Juga:   √ Litosfer : Pengertian, Pembagian, Macam dan Komposisi

Lihat Juga:   √ Apa itu Pariwisata : Pengertian, Jenis, Unsur, Manfaat dan Tujuan Pariwisata

Lihat Juga:   √ Pengertian Aplikasi Menurut Para Ahli : Pengertian, Jenis dan Fungsinya

Lihat Juga:   √ Jaringan Kolenkim : Pengertian, Fungsi, Macam, Ciri dan Struktur