√Ciri Iklan : Pengertian, Jenis, Fungsi dan Tujuannya

Diposting pada

Pengertian Iklan

Iklan merupakan berita atau pesan untuk membujuk orang agar tertarik pada barang atau jasa yang ditawarkan, iklan biasanya dipromosikan melalui media periklanan seperti, televisi, radio, koran, majalah dan internet. Iklan mengandung pemberitahuan kepada masyarakat dan bersifat mengajak pembaca agar melakukan apa yang inginkan Iklan tidak terbatas pada produk, melainkan juga pada informasi, ajakan untuk melakukan suatu hal. Seperti ajakan untuk menanam pohon atau menjauhi obat-obat terlarang.

√Ciri Iklan : Pengertian, Jenis, Fungsi dan Tujuannya

Jenis-jenis Iklan

Jenis-jenis iklan sangatlah beragam, berikut dibawah ini macam jenis iklan

A). Jenis Iklan Berdasarkan Isinya

1). Iklan Pengumuman (Pemberitahuan)

adalah iklan yang bertujuan untuk menarik simpatik masyarakat tentang suatu hal pemberitahuan. Contohnya :
iklan duka cita dan iklan reuni alumni sekolah.

2). Iklan Penawaran (Niaga)

adalah iklan yang bertujuan menawarkan suatu produk atau jasa kepada masyarakat. Contoh iklan niaga :

– Iklan penawaran barang (produk), misal iklan sepatu, pakaian, handphone, motor dll.
– Iklan penawaran jasa, misal iklan jasa ojek online, iklan klinik , iklan jasa pengantaran barang dll.

3). Iklan Layanan Masyarakat

Iklan layanan masyarakat merupakan jenis iklan yang memliki tujuan untuk memberikan pencerahan mengenai sesuatu hal. Biasanya iklan jenis ini disampaikan oleh instansi atau lembaga pemerintah dan organisasi non-profit seperti lembaga swadaya masyarakat. Iklan layanan masyarakat dirancang agar masyarakat mempunyai kesadaran terhadap suatu hal tertentu. Contohnya, pentingnya menghemat energi agar bisa dinikmati untuk masa mendatang.

B). Jenis Iklan Berdasarkan Media Penggunaan Iklan

1). Iklan Cetak

Iklan Ini adalah Jenis Iklan yang Pembuatan Dilakukan Dengan Menggunakan Tehnik Cetak serta Penempatan Iklan Ini Dilakukan Di Media Datar, Contoh Iklan Cetak ialah Iklan yang ada Pada suatu Berita Koran, Pada Spanduk-Spanduk, Poster-Poster dan Pada Majalah.

2). Iklan Elektonik

Iklan Ini adalah Jenis Iklan Yang Penayangannya Dilakukan Di Perangkat-Perangkat Elektronik, Dalam Iklan Elektronik Terbagi Menjadi Beberapa bagian Jenis Elektronik Dan Berikut ini Penjelasannya

C). Jenis Iklan Berdasarkan Tujuannya

1). Iklan Komersial

Iklan Jenis ini adalah Iklan yang Bertujuan Untuk Mendapatkan Income (Pendapatan) Dengan Kegiatan Utamanya ialah Menjual Barang Dan Jasa.
Iklan Ini terbagi Menjadi 3 Bagian yaitu :

  • Iklan Konsumen, adalah Jenis Iklan Yang Ditunjukan Langsung Kepada Konsumen.
  • Iklan Bisnis, merupakan Jenis IKlan Yang Ditunjukan Kepada Seseorang Pengelola Baik Perorangan, Instansi atau Koordinasi Perusahaan Yang Kemudian Pengelola Tersebut Yang Menjual ATau Jasa Kepada Konsumen.
  • Iklan Profesional, merupakan IKlan Jenis Bisnis yang Ditunjukan Kepada Para Pembisnis Profesional Yang dapat Mengelola Dengan Baik IKlan Yang Di Ajukan Kepada Para Pembisnis.

2). Iklan Non-Komersial

Iklan Ini adalah Jenis Iklan yang Tidak Mengantur Unsur Ekonomi Di Penayangannya Dengan Kata Lain IKlan Ini Hanya

Ciri Ciri Iklan

Terdapat beberapa ciri-ciri iklan, berikut dibawah ini ciri-cirinya

1). Komunikatif

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) Komunikatif Artinya keadaan saling Atau bisa berhubungan (mudah dihubungi), Artinya Produk atau Jasa Yang Di Iklankan Harus mudah dipahami dan dimengerti Oleh masyarakat.

2). Informatif

Informatif Artinya bersifat memberi informasi Artinya Iklan harus Bersifat Menerangkan Tentang Produk Atau Jasa Yang Di-Iklankan

3). Menarik

Menarik Artinya bisa Mempengaruhi atau Memberi Rangsangan Tertentu kepada Banyak Orang Sehingga Orang Tersebut Ingin Mencoba dan mempunyai Apa yang Ada Pada Iklan Tersebut

4). Bahasa Mudah Dimengerti

Iklan Harus Menggunakan Bahasa Yang Mudah pahami dan Di Mengerti sebab Memang Iklan Sendiri Tujuannya Agar Orang Ingin dan Mau Mencoba serta Menggunakan Produk atau Jasa Yang Diiklankan

5). Bersifat Mengajak

Bersifat Mengajak adalah Iklan yang Harus memliki Sifat-Sifat Mengajak Di Sela Kata-katanya Ini Bertujuan Agar dapat Menarik simpatik Banyak Orang Untuk Mencoba Dan memakai Apa yang Diiklankan

Fungsi dan Tujuan Periklanan

1). Informing (memberi informasi)

Periklanan bisa memberitahukan pasar tentang suatu produk baru serta perubahan harga, menyusulkan kegunaan suatu produk baru menjelaskan cara kerja, dan membangun citra perusahaan.

2). Persuading (membujuk)

Periklanan bisa membentuk preferensi merek, mengubah persepsi konsumen tentang atribut produk, membujuk konsumen untuk mencoba produk atau jasa yang diiklankan dan mangajak konsumen untuk membelinya sekarang.

3). Reminding (mengingatkan)

Iklan melindungi agar merek perusahaan tetap segar dalam ingatan para konsumen serta meningkatkan minat konsumen terhadap merek yang sudah ada.

Demikianlah artikel tentang √Ciri Iklan : Pengertian, Jenis, Fungsi dan Tujuannya dari pengajar.co.id semoga bermanfaat.

Lihat Juga:   √ Fungsi Jaringan Epidermis : Pengertian, Ciri dan Bagiannya
Lihat Juga:   √Apa Itu Supervisi : Pengertian, Fungsi, Tujuan dan Jenisnya
Lihat Juga:   √ Susunan Tata Surya : Pengertian dan Penjelasannya
Lihat Juga:   √ Jurnal Pembalik : Pengerian, Fungsi, Tujuan dan Cara Membuatnya