√Ciri Pasar Monopoli : Pengertian, Jenis, Kekurangan dan Kelebihannya

Diposting pada

Pengertian Pasar Monopoli

Pasar monopoli adalah suatu pasar yang terjadi jika seluruh penawaran terhadap sejenis barang di pasar dikuasai penuh oleh seorang penjual tertentu. Pasar monopoli ini berasal dari bahasa yunani yakni monos yang artinya satu dan polist yang artinya penjual.

√Ciri Pasar Monopoli : Pengertian, Jenis, Kekurangan dan Kelebihannya

Jenis-Jenis Pasar Monopoli

Dalam pasar monopoli terjadi pembili sepihak oleh penjual dalam melakukan penawaran barang serta jasa. Penjual bebas menentukan harga barang yang mau dijual, jenis barang, kualitas. Berikut ini merupakan penjelasan mengenai jenis-jenis pasar monopoli.

1). Monopoli Pemerintah dan Negara

Monopoli pemerintah serta negara merupakan monopoli dari negara untuk cabang produksi penting bagi negara dengan tujuan memenuhi kepentingan hajat hidup masyarakat. Monopoli dari pemerintah lebih memberikan banyak dampak positif bagi masyarakat sebab mereka tidak mengedepankan pencarian untung dalam melakukan kegiatan ekonomi.

2). Monopoli secara Alamiah

Monopoli secara Almiah terjadi sebab pengaruh sumber daya alam dan situasi alam khas yang tidak dimiliki pihak lain sehingga organisasi atau perusahaan yang mempunyai akses terhadap kekayaan tersebut bisa menjalankan monopoli untuk produk tersebut.

3). Monopoli karena Efisiensi Kerja

Efisiensi kerja disini merupakan keahlian sebuah perusahaan untuk mnghasilkan produk yang bagus dengan dana yang sedikit sehingga bisa dijual dengan harga yang lebih murah. Metode produksi ini umumnya hanya diketahui oleh perusahaan khusus dan barang yang diproduksinya akan mempunyai hak cipta

4). Monopoli karena Bahan Baku

Bahan baku merupakan bahan dasar yang berasal dari beberapa tempat yang mana bahan tersebut bisa diolah dengan proses tertentu, untuk membentuk produk baru yang wujud serta bentuknya berbeda. Penguasaan bahan baku dari produsen tertentu bisa menghasilkan pasar monopoli.

5). Monopoli karena Penguasaan Teknologi serta Tenaga Ahli

Pada zaman modern teknologi serta tenaga ahli adalah sumber daya yang sangat penting bagi kehidupan, termasuk di bidang ekonomi. Bahkan beberapa orang terkaya di dunia yaitu mereka yang berhasil menguasai teknologi serta memanfaatkan dengan sebaik-baiknya

6). Monopoli Karena Masyarakat

Pasar monopoli ini terbetuk sebab adanya kepercayaan masyarkat kepada sebuah perusahaan tertentu. Kepercayaan ini bisa terbentuk karena dipengaruhi daribanyak faktor, seperti pelayanan, kualitas produk, keunikan produk, dan lain-lain.

Ciri-Ciri Pasar Monopoli

Suatu pasar bisa dianggap sebagai struktur pasar monopoli jika memenuhi syarat ciri ciri pasar monopoli, berikut dibawah ini penjelasannya

1. Hanya ada satu penjual

Dalam pasar monopoli hanya ada satu produsen, sehingga harga akan terbentuk langsung tanpa iming-iming dari pembeli. Jadi kegunaan penjual ialah sebagai penentu harga.

2. Ada banyak sekali pembeli, produk tidak mempunyai substitusi yang dekat

berarti penjual lainnya tidak ada yang dapat menggantikan dengan baik output atau produk yang dijual dari produsen pasar monopolis.

3. Adanya hambatan untuk masuk ke dalam pasar

Yang menjadi hambatan untuk memasukki pasar ialah kekuatan dan kekuasaan utama monopoli. Adanya hambatan dikarenakan dari hambatan yang timbul secara alami.Hambatan itu lah yang membuat keadaan persaingan yang kurang menguntungkan sehingga merugikan pendatang baru.

Kelebihan dan Kekurangan Pasar Monopoli

1). Kelebihan pasar monopoli

a. Adanya keinginan mempertahankan monopoli dan takut akan tergeser oleh pihak pesaing maka akan muncul dengan sendirinya kreatifitas dan inovasi dari perusahaan atau pihak yang berkuasa.

b. Peluang terjadinya pertentangan sangat kecil karena tidak ada satupun perusahaan-perusahaan kecil yang berusaha untuk menyaingi dan berkembang menjadi besar.

c. Kualitas produk selalu terjaga dan dijamin baik karena jika tidak dijaga konsumen akan beralih ke pihak lain meskipun hanya perusahaan itu yang memiliki namun tidak dapat mengawasi kualitas otomatis konsumen atau pelanggan.

2). Kekurangan Pasar Monopoli

a. Pemborosan sering dilakukan oleh pihak yang memonopoli pasar karena mereka tidak begitu memperhatikan efisiensi kegiatan produksi yang dilakukannya, mereka akan fokus agar produknya yang mereka buat laku serta tidak ada pesaingnya.

b. Konsumen tidak bisa berjuang banyak dan harus menerima semua keputusan dari perusahaan monopoli, jika harus membayar dengan harga yang tinggi, maka konsumen dengan terpaksa akan menurutinya.

c. Unsur eksploitasi sangat kental dalam pasar monopoli ini, karena perusahaan besar tersebut bebas melakukan apapun dengan dana dan tenaga yang mereka miliki. Tentu hal ini akan merugikan semua pihak.

Demikianlah artikel tentang √Ciri Pasar Monopoli : Pengertian, Jenis, Kekurangan dan Kelebihannya dari pengajar.co.id semoga bermanfaat.

Lihat Juga:   √ Sumber Daya Alam : Pengertian, Jenis Beserta Contohnya
Lihat Juga:   √ Basis Data Adalah : Pengertian, Jenis, Fungsi, Manfaat, Komponen
Lihat Juga:   √Letak Geologis Indonesia: Pengertian, Pengaruh dan Keuntungannya Lengkap
Lihat Juga:   √Autobiografi : Pengertian, Jenis, Ciri, Tujuan, Struktur dan Manfaatnya