√Contoh Diary : Pengertian, Jenis, Tujuan dan Unsurnya

Pengertian Diary (Buku harian)

Buku harian merupakan suatu catatan tentang kejadian atau peristiwa yang dialami oleh penulis buku harian, dalam menjalankan kesehariannya sehari-hari. Dari penjelasan tersebut kita bisa menyimpulkan bahwa setiap orang bisa membuat buku hariannya sendiri, dengan menuliskan hal hal penting yang dialami setiap hari baik itu peristiwa maupun hal hal yang sifatnya tentang perasaan seperti curahan hati serta catatan pribadi tentang perasaan yang sedang kamu alami.

√Contoh Diary : Pengertian, Jenis, Tujuan dan Unsurnya

Jenis-jenis diary (buku harian)

terdapat beberapa jenis buku harian, berikut penjelsannya

1). Text Diary

Text Diary merupakan media untuk menulis pengalaman, perasaan, ide, kata-kata bijak dan rencana yang terjadi di dalam kehidupan kita. text diary dapat menjadi media untuk mengurangi beban pikiran, mengurangi kesedihan, mencari solusi dan terapi jiwa.

2). Photo Diary

Photo Diary adalah jenis buku harian yang menyimpan foto dan video yang pernah kita rekam menggunakan smartphone tau kamera. kita dapat menggunakan Aplikasi Dropbox untuk membuat Photo Diary yang secara otomatis mengunggah semua foto yang ada di galery smartphone ke akun dropbox kita secara aman.

3). Reading Diary

Reading Diary adalah buku harian yang berisi tentang pemahaman yang kita bisa setelah membaca teks atau menonton film. Disinilah kita dapat sharing ilmu yang kita peroleh dari buku, film, majalah, radio atau dari internet. Reading Diary dapat kita buat dengan menggunkan blog online.

4). News Diary

News Diary merupakan sumber berita terbaru yang menjadi oemuas hati kita tentang berita perkembangan dunia. Setiap hari kita dapat membaca berita dari berbagai situs berita nasional maupun internasional melalui media masa.

Tujuan Menulis Diary (buku harian)

Terdapat 3 (tiga) tujuan menulis buku harian yaitu :

1). Pengingat masa

tentu saja, bahagia bila di kemudian hari kita dapat mendapatkan potongan-potongan memori kejadian yang kita alami di masa lalu dari sebuah buku catatan harian yang bahkan tidak dapat kita ingat.

2). Pembelajaran

yang berarti bagi kehidupan kita selanjutnya. Misalnya, jika ingatan itu ialah tentang hal yang kurang baik, kita dapat belajar menjadi lebih baik lagi di kemudian hari dan seterusnya.

3). Curhat

Ya, siapa yang tidak pernah curhat?, baik dengan teman atau orang tua. Semua orang ingin mencurahkan isi hatinya pada sesuatu atau orang lain untuk meringankan beban. Bagi kamu yang terlalu pemalu dan tidak dapat mencurahkan isi hati pada orang lain, sementara memendam sendirian terlalu berat dilakukan, maka kamu dapat mulai menulis diary (buku harian) untuk mencurahkan isi hatimu di atas kertas.

Unsur-unsur diary (Buku Harian)

tedapat 3 (tiga) unsur buku harian yaitu :

1). Tempat

kejadian atau peristiwa terjadi. Untuk menuliskan tempat ini, kamu dapat memakai kata bantu di, ke, atau dari untuk menunjukkan kata tempat. Misalnya, di sekolah, setiap siswa diajak ke lapangan untuk senam, bermain bola, dll.

2). Waktu

terjadinya peristiwa atau kejadian. Waktu yang bisa ditulis dalam buku harian, tidak terbatas oleh hari serta tanggal peristiwa atau kejadian, namun dapat juga menggunakan kata-kata yang menunjukkan keterangan waktu, misalnya, pagi hari, siang hari, setelah adzan magrib, sebelum matahari tenggelam, dll.

3). Peristiwa

sudah pasti peristiwa ini menjadi pokok masalah dalam buku harian. Peristiwa ini bisa kamu buat dalam bentuk tulisan dengan menjawab pertanyaan, “Apa yang terjadi?”, “Apa yang kamu rasakan?”, “Apa yang kamu lakukan?” Oleh karena itu, unsur terakhir yang harus hadir dalam buku harian ialah unsur perasaan yang kamu rasakan.

Contoh Diary (buku catatan)

Bandar Lampung, 12 mei 2018

Diary

hari ini aku seneng banget bisa ketemu sama dia, padahal baru sehari gak ketemu udah kangen aja, pokok nya aku pengen terus ada buat dia dan selalu ada ketika dia sedih dan senang

Diary ….

hari ini aku kesel bener sama seseorang, aku lagi ngerjain tugas yang di berikan sama buk guru, tapi di gangguin terus sama dia aku kan jadi kesel , pokoknya aku gak mau ngomong sama dia dalam bebrapa minggu kedepan , biarin aku diem dulu biar tau rasa dia.

 

Demikianlah artikel tentang √Contoh Diary : Pengertian, Jenis, Tujuan dan Unsurnya dari peangajar.co.id semoga bermanfaat.

Lihat Juga:   √ Lembaga Keuangan : Pengertian, Jenis, Fungsi, Tujuan dan Manfaatnya
Lihat Juga:   √Customer Servis Adalah : Pengertian, Fungsi, Tugas dan Syarat
Lihat Juga:   √ Komunikasi Menurut Para Ahli : Pengertian, Jenis, Fungsi dan Tujuannya
Lihat Juga:   √ Fungsi Administrasi Perkantoran : Pengertian, Tujuan Dan Unsur-Unsurnya
√Contoh Diary : Pengertian, Jenis, Tujuan dan Unsurnya
5 (100%) 1 vote

/* */
Click to Hide Advanced Floating Content

Send this to a friend