√Contoh E-Government : Pengertian, Jenis, Manfaat, Kelebihan dan Kekurangannya

Diposting pada

Pengertian E-Government

E-Government adalah penggunaan teknologi informasi yang dapat meningkatkan hubungan diantara pemerintah pihak yang berhubungan. ada juga pengertian dari e-government yang lainnya adalah suatu singkatan dari elektronik pemerintah atau yang bisa disebut dengan e-gov, pemerintah digital, online pemerintah.

√Contoh E-Government : Pengertian, Jenis, Manfaat, Kelebihan dan Kekurangannya

Jenis-Jenis E-Government

E-Government terdiri dari beberapa jenis, berikut dibawah ini penjelasannya :

A. Government to Citizen (G2C)

Government to Citizen (G2C) merupakan sebuah teknologi informasi yang memiliki tujuan untuk mempererat hubungan atau interaksi antara pemerintah dengan rakyat sertajuga untuk memudahkan masyarakat dalam mencari berbagai informasi penting tentang pemerintahan.

B. Government to Business (G2B)

Government to Business (G2B) merupakan sebuah model hubungan pemerintah dengan bisnis. sebab sangat dibutuhkannya relasi yang sangat baik, antara pemerintah dengan pembisnis. Tujuan dari Government to Business (G2B) ialah demi kemudahan berbisnis masyarakat dengan para pembisnis.

C. Government to Government (G2G)

Government to Government (G2G) merupakan suatu Web pemerintah yang dibentuk, bertujuan untuk memenuhi beberapa macam jenis informasi yang dibutuhkan antara pemerintahan yang satu dengan pemerintahan yang lai, dengan tujuan untuk mempermudah kerjasama antara pemerintahan yang bersangkutan.

D. Government to Employees (G2E)

Government to Employees (G2E) merupakan suatu tipe hubungan yang diarahkan untuk para karyawan pemerintahan sebagai meningkatkan kinerja serta untuk kesejahteraan para pegawai yang bekerja disalah satu institusi pemerintah.

Manfaat E-Government

Manfaat E-Government terbagi dari beberapa point, berikut dibawah ini penjalasannya :

  • Untuk bisa meningkatkan suatu kauliatas layanan dari pemerintahan pada para stakeholder, yang utama adalah di dalam hal kinerja efektivitas serta efisiensi pada berbagai bidang kehidupan dan bernegara.
  • Supaya meningkatkan transparansi kontrol serta akuntabilitas penyelenggraan pemerintahan yaitu di dalam sebuah rangka penerapan kosep Good Corporate Governance.
  • Agar bisa mengurangi secara signifikan total dari biaya administrasi, relasi beserta interaksi yang dapat dikeluarkan oleh pemerintah untuk kepentingan dari kehidupan sehari-hari.

Kelebihan dan Kekurangan E-Goverment

Adanya E-Goverment menyebabkan keuntungan dan kerugian bagi rakyat, berikut dibawah ini penjelasanya.

1). Kelebihan E-Goverment bagi Rakyat

  • Pelayanan servis yang lebih baik kepada masyarakat. Informasi sudah disediakan 24 jam, 7 hari dalam seminggu, tanpa harus menunggu dibukanya kantor. Informasi bisa didapatkan dari kantor, rumah, tanpa harus datang ke kantor pemerintahan.
  • Meningkatan hubungan antara pemeritah, para pembisnis, serta masyarakat umum. Adanya keterbukaan maka diharapkan hubungan antara berbagai pihak menjadi lebih baik maupun kedepannya.
  • E-government mendukung pengelolaan pemerintahan yang lebih efisien, serta dapat meningkatkan komunikasi antara pemerintah dengan sektor usaha dan industri.

2). Kelemahan E-Goverment bagi rakyat

  • Kelemahan utama tentang e-government adalah kurangnya kesetaraan dalam akses publik untuk keandalan, internet informasi di web serta agenda tersembunyi dari organisasi pemerintah yang bisa mempengaruhi publik
  • Berkurangnya interaksi atau komunikasi antara admin (pemerintah) dengan masyarakat, sebab e- government dibuat guna saling berinteraksi antara pemerintah, masyarakat, dan pihak lain yang berkepentingan.
  • Pelayanan yang diberikan situs pemerintah belum ditunjang oleh system manajemen dan proses kerja yang efektif karena kesiapan peraturan, prosedur serta keterbataasan SDM yang sangat membatasi penetrasi komputerisasi ke dalam sistem pemerintahan.

Contoh E-Government Di Indonesia

Pemerintah Kabupaten Tanjung Jabung Timur sudah merencanakan pemerintahan berbasis electronic yang dapat dikenal dengan e-government. Ini merupakan langkah maju yang perlu diapresiasi oleh seluruh komponen masyarakat Kab Tanjung Jabung Timur serta Provinsi Jambi pada umumnya. Semoga ini bukan hanya terkait dengan situs atau portal pemerintah saja tetapi terhadap layanan publik yang berbasis elektronik.

Walaupun diakui situs pemerintah merupakan gerbang pertama terhadap keterbukaan informasi tentang pembangunan, akan tetapi kinerja pemerintah harus juga memanfaatkan TI secara transparan dan akuntabel yang tujuan akhirnya menciptakan pelayanan public yang efektif dan efisien. Hal itulah yang menjadi semangat berpikir e-government.

Demikianlah artikel tentang √Contoh E-Government : Pengertian, Jenis, Manfaat, Kelebihan dan Kekurangannya dari pengajar.co.id semoga bermanfaat.

Lihat Juga:   √Konduksi, Konveksi, Radiasi : Pengertian Dan Contohnya
Lihat Juga:   √ Susunan Tata Surya : Pengertian dan Penjelasannya
Lihat Juga:   √Contoh Bibliografi : Pengertian, Jenis, Unsur, Fungsi, Manfaat dan Contohnya
Lihat Juga:   √Brosur Adalah : Pengertian, Fungsi, Ciri, Manfaat dan Contohnya