√Contoh Grafik : Pengertian, Jenis, Tujuan dan Fungsinya

Diposting pada

Pengertian Grafik

Pengertian Grafik merupakan kumpulan data dari beberapa tabel yang akan disajikan ataupun juga ditampilkan dalam bentuk gambar, seperti persegi, lingkaran, tabung, segitiga, balok, kerucut atau yang lain-lain. Grafik juga biasanya juga diartikan sebagai suatu kerangka atau gambar yang akan digunakan untuk membuat suatu objek visualisasi dari data-data pada tabel dengan tujuan dapat memberikan informasi mengenai suatu data dari penyaji materi kepada penerima materi.

Selain itu juga, grafik juga sering diartikan sebagai gambaran dari pasang surutnya suatu data yang telah ada, atau digambarkan dengan garis maupun gambar. Data yang digunakan untuk membuat grafik dapat berupa angka, huruf, simbol, gambar, lambang, perkataan,maupun lukisan.

Jenis-Jenis Grafik

Grafik juga dapat dibedakan menjadi 3 jenis, yakni sebagai berikut :

a. Grafik Batang

Grafik batang ialah jenis grafik yang telah menggambarkan beberapa data dalam bentuk batang. Grafik batang ataupun histogram merupakan jenis grafik yang paling sederhana atau sangat mudah untuk dapat dipahami. Grafik batang sering digunakan untuk dapat memperlihatkan perbedaan antara dengan jelas mengenai tingkat nilai dari beberapa aspek pada sebuah date tertentu.

√Contoh Grafik : Pengertian, Jenis, Tujuan dan Fungsinya

Panjang batang pada grafik batang juga akan menggambarkan presentase ataupun banyaknya data, sedangkan lebar batang berukuran sama semuanya. Pada umumnya data yang digunakan untuk perbandingan yaitu tidak banyak, maksimal 8 data. Pada grafik batang, jika data yang akan digunakan lebih dari satu maka untuk dapat memperjelas data yang satu dengan data yang lain yakni dengan memberi warna yang akan berbeda-beda pada tiap batang-batang.

b.Grafik Garis

Grafik garis merupakan jenis grafik yang akan menggambarkan beberapa data dalam bentuk garis atau kurva. Grafik garis sering juga digunakan untuk menggambarkan suatu perkembangan ataupun perubahan data dari waktu ke waktu. Grafik garis memiliki 2 sumbu utama yakni sumbu X ataupun sumbu Y.

√Contoh Grafik : Pengertian, Jenis, Tujuan dan Fungsinya

Sumbu X juga digunakan untuk dapat menunjukkan waktu pengamatan.lalu Sedangkan sumbu Y digunakan untuk dapat menunjukkan nilai dari hasil pengamatan pada waktu-waktu yang tertentu. hasil pengamatan telah dibuat dengan titik-titik pada bidang XY.lalu Kemudian dari masing-masing titik yang telah berdekatan dihubungkan dengan garis, sehingga akan menghasilkan sebuah grafik garis.

c.Grafik Lingkarang

Grafik lingkaran merupakan jenis grafik yang akan menggambarkan suatu beberapa data dalam bentuk lingkaran. grafik lingkaran ini digunakan untuk menggambarkan suatu prosentase nilai total dari suatu data. Ada beberapa hal yang sangat harus diperhatikan dalam pembuatan grafik lingkaran,yang diantaranya yakni:√Contoh Grafik : Pengertian, Jenis, Tujuan dan Fungsinya

 

  • Tentukan hasil persentase nilai dari suatu data. Cara menetukan presentase nilai suatu kelompok data yaitu jumlah suatu kelompok data akan di bagi jumlah kesuluruhan data akan di kali 100%.
  • Tentukan besar kecilnya sudut masing-masing kelompok data. Cara menentukan besar kecilnya suatu sudut yakni hasil presentase suatu kelompok data dibagi 360.
  • Tentukan warna untuk masing-masing kelompok data. Setiap kelompok data juga akan memiliki warna yang akan berberda-beda. Pemberian warna pada masing-masing kelompok data akan berguna untuk membedakan antara kelompok data satu dengan kelompok data lainnya, serta akan memperjelas perbandingan antara kelompok data satu dengan kelompok data yang lainnya.

Tujuan Pembuatan Grafik

Tujuan dari pengunaan grafik dalam penyajian data adalah untuk dapat menunjukkan perbandingan antara data satu dengan data yang lain secara informasif yang kualitatif dengan tampilan yang sangat sederhana. Data-data yang akan berupa uraian deskriptif yang banyak ataupun juga kompleks bisa diubah menjadi bentuk yang akan sederhana dengan menggunakan grafik. Sehingga jika sebuah grafik sulit dibaca maupun dipahami berarti garafik tersebut sudah sangat kehilangan manfaatnya.

Fungsi Grafik

Fungsi dari grafik merupakan untuk suatu menggambarkan data-data yang berupa angka-angka kebetuk yang akan lebih sederhana secara teliti atau menjelaskan perkembangan serta antara perbandingan suatu obyek ataupun peristiwa yang saling berhubungan secara singkat maupun jelas. Jadi dapat kita disimpulkan fungsi grafik:

  • Dapat Menggambarkan data kuantitatif dengan betuk sederhana namun dengan teliti.
  • Menjelaskan perkembangan, perbandingan suatu obyek maupun peristiwa yang akan saling berkaitan secara singkat, padat ataupun jelas.

Demikianlah artikel tentang √Contoh Grafik : Pengertian, Jenis, Tujuan dan Fungsinya dari pengajar.co.id semoga bermanfaat.

Lihat Juga:   √ Globalisasi Menurut Para Ahli : Pengertian , Penyebab dan Dampaknya
Lihat Juga:   √ Contoh Kalimat Konjungsi Korelatif : Pengertian dan Cirinya
Lihat Juga:   √ Benda : Pengertian, Perubahan Sifat, Fungsi dan Jenis
Lihat Juga:   √Contoh Puisi Lama : Pengertian, Jenis dan Cirinya