√Contoh Informasi : Pengertian, Fungsi, Ciri, Jenis dan Contohnya

√Contoh Informasi : Pengertian, Fungsi, Ciri, Jenis dan Contohnya
5 (100%) 2 votes

Pengertian informasi

pengertian informasi merupakan sebuah sekumpulan data ataupun juga fakta yang telah diproses maupun dikelola sedemikian rupa sehingga akan menjadi sesuatu yang mudah dimengerti dan bermanfaat bagi pembacanya.

√Contoh Informasi:Pengertian,Fungsi,Ciri,Jenis dan Contohnya

Dari definisi tersebut dapat kita pahami bahwa kata “informasi” juga memiliki arti yang berbeda dengan kata “data”. Data ialah fakta yang masih bersifat mentah atau belum diolah sama sekali,lalu setelah mengalami proses atau juga diolah maka data itu bisa akan menjadi suatu informasi yang akan bermanfaat.

Tidak semua data ataupun fakta dapat diolah menjadi sebuah informasi bagi pembacanya. Jika suatu data yang akan diolah ternyata tidak bermanfaat bagi pembacanya, maka dalam hal tersebut belum bisa disebut sebagai sebuah informasi.

Secara etimologis istilah “informasi”juga berasal dari bahasa Latin, yakni “Informatinem” yang artinya ide, kode, ataupun garis besar. Informasi dapat disajikan maka dalam beragam bentuk, mulai dari tulisan, gambar, tabel, diagram, audio, video,atau yang lain sebagainya.

Fungsi informasi

Setidaknya ada 5 fungsi informasi bagi manusia. Adapun beberapa fungsi informasi ialah sebagai berikut:

a. Menjadi Sumber Pengetahuan Baru

Informasi valid yang akan didapatkan oleh seseorang dapat menjadi suatu pengetahuan baru dan dapat menambah wawasan di bidang tertentu.yang contohnya informasi mengenai cara mengatasi masalah kesehatan manusia yang didapatkan dari konten di internet.

Mungkin informasi tersebut merupakan sesuatu yang sangat umum dan sudah banyak diketahui oleh orang. Namun demikian, mungkin saja ada seseorang yang belum mengetahui hal informasi tersebut.

b. Menghapus Ketidakpastian

Kurangnya informasi tentang sesuatu dapat menimbulkan ketidak ketepatan. Untuk dapat menghapus ketidak pastian tersebut maka akan diperlukan informasi lengkap maupun valid dari sumber yang terpercaya.

c. Sebagai Media Hiburan

Informasi juga dapat berfungsi sebagai media hiburan bagi orang-orang.yang contohnya informasi juga mengenai objek wisata di suatu tempat yang akan disajikan dengan bahasa atau gambar-gambar yang sangat menarik.

d. Sebagai Sumber Berita

Suatu informasi mengenai hal tertentu juga bisa dipakai sebagai sumber berita yang akan disampaikan kepada khalayak.yang contohnya, informasi tentang Asian Games yang akan didapatkan dari media Televisi, Radio, ataupun situs berita online lainnya.

e. Untuk Sosialisasi Kebijakan

Informasi merupakan komponen penting dalam berkomunikasi dengan pihak lain. Salah satunya ialah untuk dapat menyampaikan suatu kebijakan dari pemerintah kepada masyarakat yang akan dilakukan dengan cara sosialisasi.

Ciri-ciri informasi

Tidak semua informasi bisa kita dikatakan sebagai informasi yang sangat berkualitas. Informasi tersebut harus banyak memenuhi beberapa ciri-ciri berikut ini yakni:

a. Akurat

Akurat yang merupakan informasi yang akan disampaikan memang sesuai dengan kejadian yang sebenarnya. Cara mengecek apakah suatu informasi akan termasuk akurat atau yang tidak sebenarnya sangat gampang. Minta dua orang ataupun lebih untuk dapat melakukan pengujian. Jika hasilnya sama maka informasi tersebut bisa dinilai dimana akuratnya.

b. Tepat Waktu

Informasi tidak boleh terlambat untuk disampaikan kepada pembacanya. Karena juga biasanya informasi juga memiliki jangka waktu tersendiri.

c. Relevan

Informasi yang disampaikan harus sesuai dengan adanya kebutuhan pembacanya. Sebagai contoh: menyampaikan bahaya narkoba pada kalangan usia remaja, menyampaikan informasi pemenuhan gizi kepada para ibu hamil, atau yang lain sebagainya.

d. Lengkap

Jangan salah, informasi juga harus disampaikan secara lengkap, tidak boleh setengah saja. Karena informasi yang tidak lengkap biasanya dapat menimbulkan salah paham ataupun dapat mengakibatkan terjadinya kesalahan dalam pengambilan keputusan.

Adanya informasi yang valid dari sumber terpercaya yang akan bermanfaat untuk dapat menilai setiap pendapat yang akan dikemukakan di ruang publik apakah sesuai dengan adanya informasi tersebut.

Jenis-jenis informasi

1). Jenis-Jenis Informasi Berdasarkan Sifatnya

Berdasarkan sifatnya, informasi juga dibedakan menjadi beberapa jenis yakni:

a.Informasi Faktual

Informasi faktual merupakan suatu informasi berupa fakta atau peristiwa nyata yang memang benar-benar terjadi dan bisa dibuktikan kebenarnya. Informasi faktual dibagi menjadi 2 yakni fakta umum atau fakta khusus. Fakta umum tidak menjelaskan suatu fakta ataupun peristiwa yang detail.lalu Sedangkan fakta khusus menyampaikan fakta atau peristiwa secara snagat detail, seperti siapa pelakunya, di mana lokasi tempatnya, atau yang lain sebagainya.

b.Opini atau Konsep

Informasi juga ada yang berbentuk opini maupun pendapat hasil pemikiran seseorang.yang Contoh informasi opini contohnya sinetron yang akan dianggap berdampak buruk bagi kalangan remaja di Indonesia.

c.Deskripsi

Informasi yang akan bersifat deskripsi akan menjelaskan bahwa segala sesuatu secara rinci.yang Contohnya informasi yang akan menjelaskan tata cara mengerjakan soal ujian.juga Biasanya informasi seperti ini juga akan dijelaskan secara sistematis maupun logis agar bisa dimengerti oleh peserta-peserta ujian.

 2). Jenis-Jenis Informasi Berdasarkan Sifat Keilmuannya

Berikut ini adalah jenis-jenis informasi berdasarkan sifat keilmuannya yakni:

a.Informasi Tidak Ilmiah

Informasi ini yang sifatnya umum dan juga sering ditemukan di mana-mana dengan sangat mudah.yang Contohnya seperti informasi yang akan ditampilkan dalam televisi ataupun media massa yang lainnya.

b.Informasi Ilmiah

Sesuai dengan namanya, informasi ini juga bersifat ilmiah dan juga biasanya bisa diperoleh dari hasil penelitian. Informasi ilmiah juga dibagi lagi menjadi 3 jenis yaitu informasi primer, informasi sekunder & informasi tersier. Informasi primer merupakan suatu informasi yang akan diperoleh dari sumber pertama secara langsung,yang contohnya saja laporan hasil penelitian.

Informasi sekunder berupa kutipan ataupun yang sejenisnya yang bertujuan untuk membahas suatu informasi primer.yang misalnya merupakan bibliografi penulis yang terkenal.lalu Sedangkan informasi tersier berupa keterangan yang akan dibuat untuk dapat mempermudah proses pencarian informasi.yang Contohnya merupakan index & katalog.

3). Jenis-Jenis Informasi Berdasarkan Kegunaannya

a.Informasi yang menambah pengetahuan

Artinya informasi yang akan disampaikan memiliki manfaat bagi pihak yang menerimanya/pembacanya.yang Misal informasi dimana terjadinya bencana alam di kota A. Informasi seperti ini juga biasanya viral dan akan diberitakan oleh banyak media massa karena bencana dianggap bermanfaat atau menarik perhatian masyarakat.

b.Informasi yang mengajarkan sesuatu

Contohnya merupakan informasi cara bermain sepak bola yang telah diajarkan oleh guru olahraga kepada anak-anaknya di sekolah.

Contoh informasi

Berikut ini adalah contoh dari Informasi :

  • Selama setengah sebulan ini karyawan hanya masuk sebanyak 6 hari, ia akan melakukannya karena orang tuanya yang sudah tua mengalami sakit-sakitan atau harus keluar masuk rumah sakit dalam waktu setengah sebulan ini.
  • Telah terjadi kecelakaanmotor di Jalan Raya imam bonjol, sore tadi pukul 16.00, korban jiwa sebanyak 2 orang, yang merupakan r dan meninggal remaja dan adiknya ditempat.
  • Pertandingan sepakbola Liga Indonesia antara Club persipura dengan Persib pukul15.30 tadi juga berakhir dengan skor 2-1 untuk kemenangan persib.

 

Demikianlah artikel dari pengajar.co.id tentang √Bentuk Kearifan Lokal : Pengertian, Jenis, Ciri, Fungsi dan Contohnya semoga bermanfaat.

baca juga:

Lihat Juga:   √Ciri Iklan : Pengertian, Jenis, Fungsi dan Tujuannya
Lihat Juga:   √Ciri Demokrasi Liberal : Pengertian, Prinsip, Kelebihan dan Kekurangannya

Lihat Juga:   √Surat Lamaran Kerja : Pengertian, Cara Menulis, Syarat, Fungsi dan Contohnya
Lihat Juga:   √Contoh Analisis Wacana : Pengertian, Jenis, Teori, Manfaat dan Tujuannya
/* */
Click to Hide Advanced Floating Content

Send this to a friend