√Contoh Majas Metafora : Pengertian, Ciri, Jenis dan Fungsinya

√Contoh Majas Metafora : Pengertian, Ciri, Jenis dan Fungsinya
5 (100%) 1 vote

Pengertian Majas Metafora

Sedangkan Metafora merupakan sebuah bagian dari satu majas yang ada dalam Bahasa Indonesia, dan juga memiliki berbagai bahasa yang lainnya. Majas metafora ini minyratkan suatu ungkapan secara tidak langsung yang berbentuk perbandingan analogis.

√Contoh Majas Metafora : Pengertian, Ciri, Jenis dan Fungsinya

Sama dengan majazi pada pembahasan kata danga ju makna di ilmu logika, makna yang ada pada majas metafora merupakan suatu penempatan dimana dari kedua makna asalnya, maskudnya ialah bukan diartikan sebagai kata dalam arti yang pada sebenarnya,hanya melainkan sebagai kiasan yang didasarkan pada persamaan maupun perbandingan.

Jika merujuk pada Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) metafora dapat diartaikan sebagai pemakaian kata ataupun kelompok kata bukan dengan makna yang asli (yang sebenarnya), melainkan sebagai penggambaran yang akan didsarkan pada persamaan maupun perbandingan. Majas Metafora merupakan sebuah majas ataupun gaya bahasa yang akan membandingkan sesuatu dengan yang lainnya secara langsung.

Ciri Majas Metafora

Untuk ciri majas ini adalah dapat menggunakan kata-kata kiasan dan juga terdapat pilihan kara yang menyamakan sesuatu dengan sesuatu yang lainnya. Dalam menyamakan maupun membandingkan sesuatu, majas metafora menggunakan perbandingan langsung tanpa adanya diikuti kata pembanding seperti, bagai, bak, atau laksana. Majas metafora ini sendiri masuk dalam kategori majas perbandingan.

Jenis-Jenis Majas Metafora

Menurut para ahli tata bahasa atau linguistik, majas metafora merupakan majas “ratu” karena majas ini sering digunakan untuk membentuk banyak majas yang lainnya. Ada 2 macam gaya bahasa metafora menurut Orrecchioni,yakni:

a.Majas Metafora in Absentia

Majas metafora in absentia merupakan suatu majas yang dapat digunakan untuk membandingkan 2 hal secara implisit. Perbandingan yang dilakukan biasanya tidak akan mengarah kepada objek pembicaraan. Jenis metafora ini banyak menimbulkan kebingungan karena objek yang dibahas tidak akan disebutkan secara langsung. misalnya: Banyak wanita dibuat takjub oleh kecerdasan bunga desa itu.

b.Majas Metafora in Praesetia

Sesuai dengan namanya, majas metafora in praesetia merupakan suatu majas pembanding dengan menyebut objek kalimat yang akan dibandingkan secara langsung sehingga maknanya akan lebih terkesan eksplisit.misalnya: azizah merpakan kembang desa di desaku. Kalimat di atas menyebutkan bahwa objek yang disebut sebagai kembang desa ialah azizah dan bukan gadis yang lainnya. Dalam kalimat tersebut juga dapat disebutkan bahwa azizah adalah gadis yang tercantik didesa.

Fungsi majas metafora

fungsi utama majas metafora merupakan untuk memperindah julukan maupun nama dengan memberikan unsur puitis pada kalimat yang akan digunakan. Pada awalnya, metafora ini sering digunakan untuk menyamakan ataupun menbandingkan satu objek dengan objek yang lainnya.

Contoh majas metafora

  • Megawati dinobatkan sebagai bintang kelas, karena pada setiap ujian dia sering mendapatkan nilai yang luar biasa, Tidak heran jika dia menjadi anak yang pintar di sekolahnya.
  • Ayah merupakan tulang punggung bagi keluarga,oleh sebab itu kita tidak boleh melawan maupun tidak patuh terhadap perintahnya, karena Ayah bekerja banting tulang untuk keuarga maupun kita juga.
  • Manfaatkanlah Teknologi itu dengan sebaik-baiknya, karena teknologi merupakan sebuah jendel dunia bagi kita, jangan sampai kita semua menyalahgunakannya.
  • pada zaman sekarang,Anak-anak muda sekarang merupakan tunas bangsa. oleh karena itu, pendidikan yang baik akan menumbuhkan generasi yang baik juga bagi bangsa.
  • Perasaan Rini sejernih embun pagi Contoh ini merupakan sebuah majas metafora yang akan menyamakan perasaan Rini dengan jernihnya pada embun pagi.

Demikianlah artikel tentang √Contoh Majas Metafora : Pengertian, Ciri, Jenis dan Fungsinya dari pengajar.co.id semoga bermanfaat.

Baca Juga :

Lihat Juga:   √ Struktur Virus : Pengertian, Struktur, Ciri dan Peranan

Lihat Juga:   √Apa Itu Atmosfer: Pengertian, Manfaat, Sifat, Lapisan dan Karakteristiknya

Lihat Juga:   √ Jaringan Epidermis : Pengertian, Fungsi, Macam dan Perannya

Lihat Juga:   √ Tujuan Gerakan Non Blok : Pengertian, Sejarah dan Latar Belakang

/* */
Click to Hide Advanced Floating Content

Send this to a friend