√Contoh Mitos : Pengertian, Ciri, Jenis, Fungsinya

Diposting pada

Pengertian Mitos

Mitos ataupun juga disebut mite (myth) merupakan cerita prosa rakyat yang akan ditokohi oleh para dewa ataupun makhluk setengah dewa yang sering terjadi di dunia lain (kahyangan) pada masa lampau atau dianggap benar-benar terjadi oleh yang empunya cerita ataupun penganutnya. Mitos juga disebut Mitologi, yang sering kadang diartikan Mitologi merupakan cerita rakyat yang akan dianggap benar-benar terjadi atau bertalian dengan terjadinya tempat, alam semesta, para dewa, adat istiadat, maupun konsep dongeng suci.lalu, mitos ialah cerita tentang asal-usul alam semesta, manusia, atau juga bangsa yang akan diungkapkan dengan cara-cara gaib dan mengandung arti yang sangat dalam. Mitos juga dapat menceritakan petualangan para dewa, kisah percintaan mereka, kisah perang mereka atau yang lain sebagainya.

√Contoh Mitos : Pengertian, Ciri, Jenis, Fungsinya

Ciri-Ciri Mitos

Mitos yang pada umumnya juga memiliki ciri-ciri yang diantara lain sebagai berikut yaitu:

a.Distorsif

Mitos juga berkaitan antara form dengan concept. yang yakni sifatnya distorsif dan deformatif. Dan dari Concept mendistorsi Form akan menjadikan makna pada sistem tingkat pertama bukan lagi yang merupakan makna yang akan menunjukkan pada fakta yang sebenarnya. Dalam pengertian ini yang lebih mudah Ciri-ciri ini akan menjelaskan bahwa Mitos seing mengalami perubahan dari bentuk yang aslinya, sehingga dapat menghasilkan bentuk yang baru, akan tetapi tidak meninggalkan bentuk pada dasarnya.

b.Intensional

Mitos tidaklah ada begitu saja, mitos sengaja dibuat, maupun juga dikonstruksikan oleh budaya masyarakat dengan adanya maksud tertentu.

c.Statement of Fact

Mitos menaturalisasikan pesan at pun juga menjadikan kita yang menerimanya sebagai suatu kebenaran yang tidak perlu diperdebatkan kembali. Atau juga dalam kata lain Sesuatu yang akan berada secara alami dalam nalar awam.

d.Motivasional

Menurut Barthes, bentuk dari mitos sendiri yang akan berisikan suatu motivasi. Mitos sengaja dibuat dengan adanya melakukan seleksi kepada berbagai kemungkinan konsep yang akan hendak dipakai menurut sistem semioting atau keputusan tingkat pertamanya.\

Jenis-Jenis Mitos

Secara garis besar, Mite atau mitos juga terbagi menjadi 2 jenis, yaitu mitos asli indonesia mauapun mitos dari luar.

Yang berasal dari luar negeri yang pada umumnya juga sudah banyak mengalami proses adaptasi yang seperti pada mite-mite yang jug berasal dari epos Ramayana dan Mahabarata. Mite di Indonesia yang pada umumnya menceritakan bahwa terjadinya bencana alam semesta,yang terjadinya susunan para dewa, dunia dewata, terjadinya manusia pertama, tokoh pembawa kebudayaan.lalu Terjadinya makanan pokok untuk pertama kali, atau yang lain sebagainya. Contoh mite Indonesia ialah Dewi Sri (terjadinya padi), Nyai Roro Kidul (dewi Laut selatan), Joko Tarub atau Dewi Nawangwulan, Watu Gunung, atau yang lain sebagainya.

Mite juga dapat dikelompokkan menjadi 2 yaitu atas mite penciptaan dan mite asal-usul. Mite penciptaan mengandung peristiwa terciptanya sesuatu, contohnya tentang cikal-bakal seorang raja, yskni makhluk baru yang akan diturunkan dewa dari kayangan ataupun makhluk baru yang akan lahir dari perkawinan manusia dengan bidadari.

Fungsi Mitos

Berikut ini ialah 3 fungsi mitos dalam kehidupan budaya maupun masyarakat yakni:

1. Untuk dapat mengembangkan simbol-simbol yang penuh makna serta dapat menjelaskan fenomena lingkungan yang mereka hadapi

2. Sebagai sarana pendidikan yang paling efektif yang terutama untuk dapat mengukuhkan atau juga menanamkan nilai-nilai budaya, norma-norma sosial atau juga keyakinan masing masing .

3. Sebagai pegangan bagi masyarakat pendukungnya untuk dapat membina kesetiakawanan sosial di antara para anggota agar ia dapat saling membedakan antara komunitas yang satu atau yang lain.

Secara umum mitos juga dikembangkan untuk dapat menanamkan dan juga mengukuhkan nilai-nilai budaya, pemikiran maupun pengetahuan yang tertentu, yang berfungsi untuk merangsang perkembangan kreativitas dalam berpikir.

Contoh Mitos

a.jika kita Tertimpa cicak tandanya sial . Sial di sini yang maksudnya dari yang tertimpa cicak itu sendiri. Siapa yang tidak sial kalau sedang enak – enak nya duduk
tiba – tiba tertimpa cicak.
b.Wanita tidak boleh duduk di depan pintu tandanya pamali .pada Zaman dahulu wanita masih menggunakan rok, belum ada yang memakai celana satu pun. Jadi, kalau ada wanita yang sering duduk di depan pintu pasti akan terlihatya begitu lah. Pasti banyak yang mengundang hawa nafsu.
c.Jangan bersiul pada malam hari karena akan mengundang setan.yang Maksudnya ialah agar tidak mengganggu orang – orang yang sedang tidur.
d.Memakai payung di dalam rumah berarti akan terkena sial. Ya sial kalau lagi ada banyak orang di dalamnya

Demikianlah artikel tentang √Contoh Mitos : Pengertian, Ciri, Jenis, Fungsinya dari pengajar.co.id semoga bermanfaat

Lihat Juga:   √ Apa Itu VPN : Pengertian, Jenis, Fungsi, Manfaat dan Cara Kerjanya
Lihat Juga:   √Contoh Pengumuman Resmi : Pengertian, Ciri, Jenis dan Cara Membuatnya
Lihat Juga:   √ Ciri Komet : Pengertian, Jenis dan Bagiannya
Lihat Juga:   √Apa Itu Supervisi : Pengertian, Fungsi, Tujuan dan Jenisnya