√Contoh Moral : Pengertian dan Jenisnya

Diposting pada

Kali ini kita bersama-sama akan membahas mengenai Contoh Moral : Pengertian dan jenisnya , berikut dibawah ini penjelasannya

√Contoh Moral : Pengertian dan Jenisnya

Pengertian Moral

Moral merupakan ajaran tentang baik buruknya perbuatan serta perilaku, akhlak yang dimiliki setiap orang. Seseorang bisa dianggap bermoral jika mempunyai kesadaran untuk menerima dan melakukan peraturan yang berlaku dan bersikap atau mempunyai tingkah laku yang sesuai dengan nilai-nilai moral yang dijunjung tinggi di lingkungannya.

1). Pengertian Moral Secara Etimologi

Moral berasal dari bahasa Latin yaitu : “mos” (jamak: mores) yang artinya kebiasaan, adat. Kata “mos” dalam bahasa Latin artinya sama dengan etos dalam bahasa Yunani. Di dalam bahasa Indonesia, kata moral diterjemahkan dengan “aturan kesusilaan” atau suatu istilah yang dipakai untuk menentukan sebuah batas dari sifat peran lain, keinginan pendapat atau batasan perbuatan yang secara layak bisa disebut benar, salah, baik maupun buruk.

2). Pengertian Moral Menurut (KBBI)

– baik dan buruk yang didapatkan umum mengenai perbuatan, sikap dan sebagainya.
– keadaan mental yang membuat orang masih berani, bersemangat, berdisiplin dan sebagainya
– pelajaran kesusilaan yang bisa ditarik dari suatu cerita.

Jenis-Jenis Nilai Moral

Nilai moral secara umum terbagi dalam berbagai 2 (dua), berikut dibawah ini penjelasannya

1). Nilai Moral Baik

Nilai moral baik merupakan nilai yang berhubungan dengan kesesuaian antara harapan serta tujuan hidup manusia dalam menjalankannya dapat ditinjau dari kaidah sosial masyarakat. Sangat nyata, mana yang salah dan yang baik. Contohnya seperti : dengan menolong sesama yang membutuhkan antara satu sama lainnya.

2). Nilai Moral Buruk

nilai moral buruk ialah tentang keburukan. Nilai ini dianggap menyimpang terhadap kerataan sosial, selain itu dampak yang ditimbulkan akan menimbulkan masalah sosial yang akan terjadi. contohnya nilai ini seperti mencuri, korupsi dll.

Contoh Nilai Moral

Contoh nilai moral yang saling berhubungan antara lingkungan dan masyarakat, berikut contohnya nya dibawah ini

1). Berbicara halus di depan Orang Tua

Tindakan inilah sebagai contoh penjelasan mengenai rasa penghormatan yang selalu di munculkan oleh masyarakat, terutama masyarakat yang mempunyai kebudayaan bangsa timur, contohnya seperti Indonesia. Kemunculan berbicara di depan sebagai ilustrasi nyata perilaku moral yang baik.

2). Menundukkan kepala Ketika Berjalan

Contoh lainnya mengenai nilai moral ini seperti perilaku menunduk saat setelah melewati orang-orang di sekitarnya. Berjalan yang menunduk sudah diajarkan oleh nenek moyang dan sebagai harapan memperoleh rasa penghormatan kepada orang yang lebih tua.

3). Membuang Sampah

Kasus yang dapat di contoh dalam penjelasan nilai moral ini seperti membuang sampah. Tindakan yang baik (moral baik) membuang sampah pada tempatnya) dan yang buruk membuang sampah di sembarang tempat dengan merusak lingkungan.

4). Tidak Membuat Keributan

Fenomena sosial dalam kehidupan masyarakat seringkali digabungkan dengan ribut saat jam belajar. Anak yang melakukan keributan tersebut secara langsung bertindak dengan moral yang buruk (tidak baik) sehingga tidak patut untuk di contoh.

5). Tidak Korupsi

Masalah sosial di Indonesia saat ini yang sedang marak terjadi ialah kasus korupsi. Tindakan seperti ini banyak merugikan masyarakat, bahkan secara nyata akan membuat masyarakat hidup dalam kemiskinan, oleh sebab itu upaya menciptakan kestabilan negara korupsi haruslah diperangi oleh masyarakat, mahasiswa, atau oleh pelajar itu sendiri.

Demikianlah artikel tentang √Contoh Moral : Pengertian dan Jenisnya dari pengajar.co.id semoga bermanfaat.

Lihat Juga:   √Contoh Diary : Pengertian, Jenis, Tujuan dan Unsurnya
Lihat Juga:   √Adaptasi Morfologi: Pengertian, Contoh dan Gambarnya
Lihat Juga:   √ Pengertian Bola Voli : Sejarah, Peraturan dan Tekniknya
Lihat Juga:   √Contoh Bank Umum : Pengertian, Sejarah, Fungsi dan Tujuannya