√ Contoh Paragraf Deduktif : Pengertian dan Cirinya

Diposting pada

Pengertian Paragraf Deduktif

Paragraf deduktif adalah salah satu paragraf yang kalimat utamanya berada di awal paragraf. Paragraf ini diawali dengan pernyataan yang bersifat umum dan juga dilengkapi dengan penjelasan yang khusus yang berupa contoh, rincian khusus, bukti-bukti dll. Sebab paragraf deduktif dikembangkan dari sebuah pernyataan umum, maka pola kalimatnya adalah dari umum ke khusus.

√ Contoh Paragraf Deduktif : Pengertian dan Cirinya

Ciri-ciri Kalimat Deduktif

  • Kalimat utamanya terletak diawal kalimat
  • Kalimat disusun dari pernyataan umum dan dijelaskan dengan penjelasan khusus.

Contoh-contoh paragraf deduktif

1). Naskah drama mempunyai unsur-unsur penting antara lain alur, tokoh, perwatakan, tema, dialog dan konflik. Unsur-unsur itu disampaiakan dalam bentuk naskah tertulis, unsur-unsur tersebut juga jadi pegangan sutradara untuk menyediakan pementasan dan menjadi pegangan para pemain untuk memainkan perannya dalam sebuah pertunjukan.

2). Pantai plengkung mempunyai pantai yang sangat indah dan juga ombak besar yang sangat disukai para peselancar. Pantai ini juga mempunyai gelombang yang besar dan indah sehingga sangat disukai para peselancar, pantai ini seolah-olah menjadi surga bagi peselancar sebab ombaknya yang cukup besar dengan ketinggian 2-6 m dan panjang gelombang 2 km yang susul menyusul sejauh tujuh gelombang, dalam interval 5 menit bisa menghasilkan pemandangan yang sangat indah.

3). Museum Bahari diresmikan pada tanggal 7 Juli 1977 oleh Gubernur Ali Sadikin. Diruang-ruang dalam museum, pengunjung bisa menyaksikan berbagai macam jenis kapal dari seluruh daerah di Nusantara (Indosenia) dilengkapi dengan gambar serta foto-foto pelabuhan pada masa lampau, di depan museum, terdapat menara Syahbandar yang dibangun sejak tahun 1839.

Contoh Paragraf Deduktif

Berikut dibawah ini beberapa contoh paragraf deduktif

Contoh 1

Pemuda warga desa Banyumas telah sepakat untuk melaksanakan jam belajar masyarakat dengan tertib. Sebelumnya, banyak anak sekolah yang dibiarkan saja di luar rumah dan hanya duduk-duduk saja di pinggir jalan pada saat jam jam belajar. Para pemuda sudah mulai mendatangi orang tua serta memberi pengertian bagaimana pentingnya belajar bagi anak anak mereka. Jika warga menjumpai anak-anak mereka sedang kumpul – kumpul di pinggir jalan pada saat jam belajar, mereka akan diperingatkan serta diajak untuk belajar bersama. Jam belajar masyarakat dimulai pada pukul 18.00 sampai pukul 20.00. Kalimat utama dalam paragraf di atas merupakan kalimat yang pertama yaitu , Pemuda warga desa Banyumas telah sepakat untuk melaksanakan jam belajar masyarakat dengan tertib.

Contoh 2

Tikus merupakan salah satu hama yang dimusuhi oleh petani yang sangat merugikan. beribu-ribu hektar lebih sawah di berbagai wilayah mengalami gagal panen disebabkan tikus yang memakan padinya. Tanaman lain seperti singkong juga tak luput menjadi korbannya, bahkan buah petai cina yang sudah tua habis digerogoti binatang ini. Tak hanya itu saja bahkan binatang ternak seperti ayam serta bebek pun juga diserang tikus.

Pengertian Paragraf Induktif

Kalimat utama Paragraf induktif berada pada bagian akhir paragraf, paragraf ini diawali dengan kalimat-kalimat penjelas yang berupa fakta, contoh, rincian khusus maupun bukti-bukti yang kemudian disimpulkan ke dalam satu kalimat pada akhir paragraf, paragraf induktif menggunkan dari pola khusus ke umum.

Ciri-Ciri Kalimat Induktif

Adapun ciri-ciri kalimat Induktif ialah sebagai berikut

– Diawali dengan penjelasan-penjelasan khusus.
– Kemudian digeneralisasikan menjadi suatu kesimpulan yang berdasarkan penjelasan yang khusus.
– Intinya yang merupakan kalimat utama terletak di akhir paragraf.

Contoh Paragraf Induktif

Adapun untuk contoh paragraf induktif ini terdiri dari beberapa jenis yaitu:

1). Generalisasi

Pada saat ujian telah selesai, ujian anak-anak pun di periksa, ternyata nilai mereka baragam. Sebanyak 20 siswa nilainya melebihi standar kelulusan. 10 siswa memperoleh nilai tepat pada standar kelulusan dan juga tidak ada seorangpun yang memperoleh nilai dibawah standar, dapat dipastikan bahwa kegiatan belajar di kelas ini cukup berhasil.

2). Analogi

Belajar di masa tua memperlukan usaha yang ekstra ini disebabkan daya tangkap yang dimiliki pada masa ini sudah sangat berkurang. Bahkan motivasi yang dimiliki juga sudah melamah sebab terlalu banyaknya pikiran yang menggangu.

3). Sebab-Akibat

Saat ini kita telah memasuki musim penghujan, banyak sampah yang menumpuk akibat kita sering membuang sampah sembarangan. Telebih lagi mendangkalnya permukaan saat ini. Maka sebab itu tidak mengeherankan banjir selalu datang setiap hari.

4). Perbandingan

Budi suka menolong setiap orang, dia selalu ramah kepada siapapun, tidak seperti adiknya Ari yang suka menjahili orang. Ari terkenal karena kenakalannya dari pada prestasinya, itulah mengapa kedua saudara ini mendapat perlakuan beda dari teman-temannya.

Demikianlah artikel tentang √ Contoh Paragraf Deduktif : Pengertian dan Cirinya dari pengajar.co.id semoga bermanfaat.

Lihat Juga:   √Contoh Moral : Pengertian dan Jenisnya
Lihat Juga:   √Arti Deposito : Pengertian, Jenis, Fungsi, Karakteristik dan Manfaat
Lihat Juga:   √ Jenis Bakteri : Pengertian, Peran, Struktur dan Cirinya
Lihat Juga:   √ Negara Adalah : Pengertian, Sifat dan Unsurnya