√ Contoh Paragraf Induktif : Pengertian , Ciri dan Jenisnya

Diposting pada

Pengertian Paragraf Induktif

Paragraf Induktif merupakan sebuah paragraf yang diawali dengan suatu kalimat yang berisi penjelasan- penjelasan ,lalu kemudian diakhiri dengan kalimat utama.

√ Contoh Paragraf Induktif : Pengertian , Ciri dan Jenisnya

Ciri Ciri Paragraf Induktif

ada Beberapa ciri ciri yang bisa digunakan untuk membedakan mana paragraf induktif dengan jenis paragraf yang lainnya adalah:

  • Diawali dengan suatu penjelasan penjelasan khusus
  • Pola kalimat telah disusun dari khusus ke umum (khusus-khusus-khusus-umum)
  • Kalimat utama merupakan sebuah kesimpulan
  • Kalimat utama terletak di akhir pada paragraf

Jenis Paragraf Induktif

Paragraf Induktif sendiri dibagi menjadi 3 jenis yaitu :

Paragraf Induktif generalisasi

Merupakan suatu pola pengembangan paragraf yang bertolak dari sejumlah fakta khusus yang mempunyai kemiripan menuju sebuah kesimpulan. Kesimpulan generalisasi ini didahului dengan penalaran generalisasi. Penalaran generalisasi pun bisa digunakan untuk mengembangkan sebuah paragraf. caranya penulis lebih dulu menyiapkan sejumlah peristiwa khusus dalam bentuk kalimat.lalu Kemudian pada bagian akhir paragraf itu diakhiri dengan kalimat yang berisi generalisasi dari peristiwa khusus yang telah disebutkan pada bagian awal tersebut. Kalimat terakhir ini biasanya berisi gagasan utama paragraf.

Paragraf Induktif Analogi

Merupakan pola penyusunan paragraf berupa perbandingan dari dua hal yang mempunyai sifat sama.Pengembangan paragraf secara analogi ini didasarkan dengan adanya anggapan bahwa jika sudah ada persamaan dalam berbagai segi maka akan ada juga persamaan pula dalam hal yang lainnya.

Paragraf Induktif Hubungan Kausal

Hubungan kausal merupakan sebuah pola penyusunan paragraf dengan menggunakan beberapa fakta yang memiliki pola hubungan sebab-akibat.

Contoh paragraf induktif

Contoh Paragraf Induktif 1

Ujian semester akhir mata kuliah pengembangan sistem informasi atau PSI telah selesai, kini hasil ujian mahasiswa sistem informasi semester 2 akan dibagikan. Dalam deretan daftar mahasiswa yakni Heri, Cepi Cahyana, Ujang Suherman atau juga Dadan telah mendapatkan nilai yang cukup memuaskan yaitu mendapatkan nilai A+.

lalu Sedangkan untuk mahasiswa yang lain kebanyakan hanya mendapatkan nilai B dan hanya ada 2 orang nilai C. Namun, dalam ujian mata kuliah PSI juga ada 3 orang yang tidak mengikuti sehingga tidak mendapatkan nilai apapuun. Dari keseluruhan nilai mata kuliah pengembangan suatu sistem informasi (PSI) dapat disimpulkan bahwa mahasiswa cukup bagus dalam mengerjakan sebuah soal terutama dalam menganalisis sebuah sistem.

Contoh Paragraf Induktif 2

Seorang musisi handal mampu membuat lagu-lagu yang sangat indah, musisi tersebut membuat lagu dengan menuangkan seluruh imajinasinya sehingga terbentuklah syair lagu yang bagus. Seorang penulis buku-buku dalam merangkai kata demi kata banyak membutuhkan pengembangan sebuah imajinasi.

Begitu juga dengan seniman yang menuangkan karyanya dalam bentuk seni lukisan mereka menuangkan semua karyanya dengan imajinasinya menjadi sebuah karya yang sangat indah. Maka dari itu imajinasi sangat dibutuhkan dalam menciptakan suatu karya.

Contoh Paragraf Induktif 3

Siapa yang tidak kenal dengan tanaman gelombang cinta, gelombang cinta salah satu jenis tanaman anthurium yang mempunyai harga yang lumayan mahal. Selain itu gelombang cinta ada juga Jenmani juga yakni jenis anthurium yang kini sedang banyak dicari, maka itu diberi harga yang laumayan cukup mahal.

Bukan karena harganya yang mahal, tanaman jenmani banyak dicari oleh penghobi tanaman hias dikarenakan tanaman jenmani mempunyai daun yang indah. Sebenarnya bukan hanya tanaman jenmani atau gelombang cinta yang banyak dicari penghobi tanaman hias, namun berbagai jenis anthurium pasti banyak dicari penghobi tanaman hias karena keindahannya luar biasa .

Demikianlah artikel tentang √ Contoh Paragraf Induktif : Pengertian , Ciri dan Jenisnya dari pengajar.co.id semoga bermanfaat.

Baca Juga :

Lihat Juga:   √ Jenis-jenis Sendi : Pengertian, Jenis beserta fungsinya

Lihat Juga:   √ Jenis Talak : Pengertian, Hukum, Rukun dan Macam

Lihat Juga:   √ Gaya Kepemimpinan Menurut Para Ahli Lengkap

Lihat Juga:   √ Apa itu Pariwisata : Pengertian, Jenis, Unsur, Manfaat dan Tujuan Pariwisata