√ Contoh Paragraf Persuasi : Pengertian , Ciri dan Jenisnya

√ Contoh Paragraf Persuasi : Pengertian , Ciri dan Jenisnya
5 (100%) 1 vote

Pengertian Paragraf Persuasi

Paragraf persuasi merupakansalah satu teks jenis paragraf yang akan berisi ajakan kepada pembaca untuk dapat melakukan suatu hal, sesuai dengan keinginan pengajaknya.contohnya : ajakan untuk membeli barang barang, ajakan untuk pergi liburan keluar kota, ajakan untuk peduli kebersihan lingkungan sekitar, dan juga beberapa kalimat yang mengandung ajakan yang lainnya.

√ Contoh Paragraf Persuasif : Pengertian , Ciri dan Jenisnya

Ciri-Ciri paragraf persuasi

Paragraf persuasi ini sering dikenal mempunyai beberapa ciri. Adapun ciri-ciri dari paragraf persuasi sebagai berikut yakni:

  • Terdapat sebuah ajakan dari penulis untuk melakukan suatu hal
  • Adanya paparan mengenai data, angka, sehingga data tersebut sering digunakan untuk memperkuat ajakan si penulis kepada para pembacanya.
  • Bahasa yang akan digunakan dalam paragraf persuasif ini cenderung lugas, dan tidak akan bertele-tele.
  • Terdapat beberapa kata kunci ajakan. Beberapa kata kunci ajakan yang termasuk dalam paragraf persuasif adalah salah satunya ada marilah, ayolah, kemarilah, bersedialah, atau yang lain sebagainnnya

Jenis-Jenis paragraf persuasi

Paragraf persuasif propaganda

Merupakan salah satu jenis paragraf persuasif yang akan berisi suatu himbauan yang telah disampaikan kepada pembaca dengan bahasa yang sangat keras. Ada maksud-maksud masif yang diutarakan penulis kepada para pembacanya. Jenis paragraf ini juga biasanya digunakan oleh tokoh-tokoh politik untuk dapat menjatuhkan lawan-lawan politiknya.

Persuasif pendidikan

Merupakan salah satu jenis paragraf persuasi yang berada didalamnya yang mengandung suatu unsur seputar dunia pendidikan. Paragraf jenis ini biasanya sering digunakan oleh instansi-instansi pendidikan untuk bisa menyampaikan suatu gagasan maupun kebijakan seputar pendidikan ke ranah publik.

Paragraf persuasif politik

merupakan salah satu jenis paragraf persuasi yang berisi ajakan-ajakan tentang politik untuk memilih beberapa kader politik yang tertentu. Paragraf jenis ini akan banyak diproduksi ketika musim Pemilu pada waktunya tiba. Paragraf ini kerap menampilkan sebuah visi misi dari Paslon yang akan dicalonkannya. Kadang, paragraf ini akan disertakan pula beberapa kebijakan-kebijakan pada partai.

Contoh paragraf persuasi

Contoh 1:

Ayo hidup sehat

Dewasa ini banyak sekali penyakit baru yang telah bermunculan. Hal ini disebapkan berkurangnya sistem imune di dalam tubuh kita sendiri. Jika sistem imune di dalam tubuh akan melemah, maka tubuh gampang sekali terserang suatu penyakit. Selain itu juga, makanan – makanan yang kita konsumsi tidak lagi mengandung sebuah vitamin dan juga mineral yang baik. Bahkan, saat ini telah banyak penjual makanan – makanan yang tidak akan sehat. Terlebih lagi dengan padatnya suatu aktivitas membuat kita tidak mempunyai waktu untuk berolahraga. Padahal oaharaga sangatlah baik untuk kesehatan badan kita. Akibatnya, tubuh ini menjadi lemah sehingga mudah terjangkit sebuah virus – virus yang ada di sekitar kita. Oleh sebab itu, marilah kita menerapkan pola hidup yang sehat agar kita tidak mudah sakit dengan cara mengkonsumsi makanan yang sehat dan juga berolahraga yang rutin.

Contoh 2:

Mari Lestarikan Alam Kita

pada Saat ini alam telah rusak akibat keserakahan umat manusia. Mereka hanya memanfaatkannya dengan mengambil hasilnya tanpa ikut melestarikan alam sekitar.yang Akibatnya,bertubi tubi bencana alam yang sering terjadi karena rusaknya alam ini. misalnya bencana tanah longosr yang terjadi beberapa bulan yang lalu di desa Suka Maju. Bencana itu merupakan ulah para penebang – penebang kayu yang sembarangan. Mereka dengan seenaknya mengambil kayu di hutan tanpa melestarikannya kembali. Akibatnya, tanah banyak kehilangan kekuatannya sehingga amblas terkena air hujan dan juga mengubur pemukiman warga. oleh sebab itu, agar alam tidak murka dan menyebabkan bencana lagi, marilah kita semua lestarikan alam kita dimulai dari langkah awal, yakni membuang sampah pada tempatnya. Apabila tidak sangup melakukannya, setidaknya janganlah ikut merusak yang ada disekitar.

Demikianlah artikel tentang √ Contoh Paragraf Persuasif : Pengertian , Ciri dan Jenisnya dari pengajar.co.id semoga bermanfaat.

Lihat Juga:   √ Struktur Kloroplas : Pengertian dan Fungsi
Lihat Juga:   √Apa yang Dimaksud Dengan Dialog : Pengertian , Syarat, Manfaat , Jenis dan Tujuan
Lihat Juga:   √ Contoh Paragraf Deduktif : Pengertian dan Cirinya
Lihat Juga:   √ Sejarah Singkat Lahirnya Pramuka Di Indonesia
/* */
Click to Hide Advanced Floating Content

Send this to a friend