√ Contoh Perusahaan Dagang : Pengertian, Jenis, Ciri dan Contohnya

√ Contoh Perusahaan Dagang : Pengertian, Jenis, Ciri dan Contohnya
5 (100%) 1 vote

Pengertian Perusahaan Dagang

Perusahaan dagang adalah perusahaan yang kegiatannya ialah membeli, menyimpan serta menjual kembali barang-barang dagang dan tidak memberi nilai tambah terhadapnya. peristiwa ini nilai tambahnya ialah seperti mengolah serta mengubah sifat atau bentuk barang asli sedemikian rupa sehingga barang tersebut memiliki nilai jual yang tinggi.

√ Contoh Perusahaan Dagang : Pengertian, Jenis, Ciri dan Contohnya

Dalam operasionalnya, perusahaan dagang memproduksi pendapatan tetapi pendapatan yang didapatkan asalnya dari transaksi jual beli barang. Kegiatan utama perusahaan dagang ialah melakukan jual beli barang dagang yang berupa bahan baku, bahan setengah jadi atau barang jadi. Kecuali itu, barang yang di perjual belikan terdiri dari hasil pertanian, perkebunan, hutan dan barang hasil industri olahan atau manufaktur.

 

Jenis-Jenis Perusahaan Dagang

Terdapat 2 (dua) jenis perusahaan dagang, berikut diantaranya

A. Berdasarkan Produk Yang Diperdayakan

1). Perusahaan Dagang Barang Produksi

Perusahaan Dagang Barang Produksi adalah perusahaan yang kegiatan dagangnya berupa produk bahan baku (raw material) untuk bahan dasar membuat produk atau alat-alat produksi berfungsi menghasilkan produk lain. Contohnya seperti kayu gelondongan dan mesin gergaji.

2). Perusahaan Dagang Barang Jadi

Perusahaan Dagang Barang Jadi adalah perusahaan yang kegiatan dagangnya berupa produk final (final good) yang telah siap dipakai untuk konsumsi manusia. Conrohnya seperti buku, sepatu, sendal, TV LED, Komputer, PC dll

 

B. Berdasarkan Macam Konsumen Yang Terlibat

1). Perusahaan Dagang Besar (Wholesaler)

Perusahaan Dagang Besar (Wholesaler) merupakan perusahaan yang kegiatannya melakukan pembelian produk dari pabrik dengan jumlah yang cukup besar secara langsung. Perusahaan tersebut kemudiam menjual barang tersebut ke beberapa pedagang dengan perantara yang volume penjualan yang lumayan besar. Misalnya grosir

2). Perusahaan Dagang Perantara (Middlemane)

Perusahaan Dagang Perantara (Middlemane) yaitu perusahaan yang melakukan pembelian dalam jumlah besar kemudian dijual kembali ke pengecer dalam jumlah yang sedang atau tidak banyak Misalnya perusahaan dagang besar ialah subgrosir.

3). Perusahaan Dagang Pengecer (Retailer)

Perusahaan Dagang Pengecer (Retailer) merupakan perusahaan yang memiliki hubungan langsung dengan konsumen yang mana konsumen dapat membeli secara eceran atau ketengan. Contohnya seperti warung, kios, minimarket, toserba, toko swalayan dan lain-lain.

 

Ciri-Ciri Perusahaan Dagang

Perusahaan dagang dapat dibedakan dari jenis lain dengan melihat karakteristik terutama yang melekat dalam sebuah perusahaan dagang. Ciri-ciri perusahaan dagang ialah sebagai berikut :

1). Bentuk Produk yang Diperjuabelikan

Dalam perusahaan dagang, produk yang dijual belikan adalah sebuah barang yang berujud (tangible) sehingga dapat diindra. Contohnya seperti mebel, pesawat radio, beras dan lain sebagianya. dan pada perusahaan jasa produk yang dijual belikan adalah jasa dengan ciri-ciri dari jasa merupakan tidak berwujud (intangilble).

2).Tidak Adanya sebuah Perubahan Bentuk atau Sifat dari Produk Yang Didagangkan

Aktivitas utama perusahaan dagang adalah membeli dan menjual barang dagang tanpa adanya perubahan atau menambah bentuk serta sifatnya.

3). Akun-Akun Khusus

Terdapat beberapa akun-akun khusus yang didapat perusahaan dagang, contohnya seperti pada akun harga pokok penjualan, persediaan barang dagang, potongan dan retur penjualan dan sebagainya.

4). Penghitungan Laba/Rugi

Pola penghitungan laba atau rugi perusahaan dagang berbeda dengan sebuah perusahaan jasa, sebab terdapat akun-akun khusus. Dalam sebuah perusahaan jasa, laba didapat dengan cara mengurangi pendapatan dengan beban.

 

Contoh Perusahaan Dagang

  • Toko bahan bangunan
  • Toko sembako
  • Toko peralatan tulis
  • Dealer motor

Demikianlah artikel tentang √ Contoh Perusahaan Dagang : Pengertian, Jenis, Ciri dan Contohnya dari pengajar.co.id semoga bermanfaat.

Lihat Juga:   √Aurora Adalah : Pengertian, Jenis, Penyebab, Proses Terjadinya
Lihat Juga:   √ Asal Usul Suku Dayak : Sejarah dan Penyebaranya
Lihat Juga:   √ Jenis HAM : Pengertian, Ciri dan UU HAM
Lihat Juga:   √ Jaringan Epitel : Pengertian, Jenis, Ciri dan Fungsinya
/* */
Click to Hide Advanced Floating Content

Send this to a friend