√Contoh Rekening Giro : Pengertian, Jenis, Manfaat, Karakteristik, Kelebihan dan Kekurangannya

Diposting pada

Pengertian Giro

Giro merupakan suatu produk bank dalam rangka yang akan menghimpun dana pihak ketiga, biasanya juga suku bunga giro sering terbilang jauh lebih rendah jika kita dibandingkan dengan tabungan maupun deposito, hal tersebut dikarenakan simpanan giro dapat sewaktu-waktu dapat diambil ataupun akan ditarik sampai ke batas akhir limit yang akan sudah ditentukan oleh pihak bank atau nasabah giro atau giran biasanya ialah sebuah badan hukum yang akan membutuhkan kemudahan dalam lalu lintas akan pembayaran dalam menjalankan kegiatan dalam usahanya sehari-hari.

√Contoh Rekening Giro : Pengertian, Jenis, Manfaat, Karakteristik, Kelebihan dan Kekurangannya

Atau juga definisi giro yang lainnya adalah simpanan pada bank yang penarikannya dapat setiap saat dengan menggunakan cek maupun surat perintah pembayaran lain maupun dengan cara pemindahbukuan.

Macam – Macam Pemegang Giro

Pada awalnya hampir semua orang dapat akann menjadi pemegang maupun pun pemilik rekening giro (selama ini memiliki badan maupun pun lembaga yang resmi). ada Beberapa nasabah yang biasanya dapat memiliki rekening giro yakni:

  • Perorangan maupun pun rumah tangga yang akan memiliki usaha resmi
  • Lembaga yayasan
  • Badan pemerintah
  • Lembaga keuangan
  • Perbankan
  • Badan usaha

Fungsi dan Manfaat Giro

Salah satu manfaat dari giro ialah nasabah dapat dengan mudah melakukan penarikan sewaktu-waktu yang dapat sangat mempermudah dalam melakukan kegiatan usaha mereka ataupun lebih efisien. Berikut ini ialah fungsi maupun manfaat adanya giro, yakni :

Pemilik rekening giro yang akan melakukan pembayaran dalam transaksi jual beli dapat menggunakan cek maupun bilyet giro.
Simpanan yang dapat berbentuk giro bisa juga ditarik setiap saat, sehingga jika nasabah akan memerlukan uang dalam bentuk tunai dapat segera diambil. Berbeda dengan -deposito yang berjangka yang hanya bisa akan dilakukan penarikan sesuai jangka waktu yang telaha ditentukan.

Dengan kedua manfaat diatas, nasabah pemilik rekening giro- tidak perlu membawa uang tunai dalam jumlah yang sangat besar.
-Proses administrasi dapat dilakukan berjalan baik, karena setiap nasabah akan mendapatkan Rekening Koran setiap bulannya.

Karakteristik Rekening Giro

Karakteristik dari rekening giro adalah sebagai berikut.

  • Apabila dilihat dari segi masa pengendapan rekening giro akan mempunyai sifat fluktuatif atau cenderung jangkanya pendek.
  • Apabila dilihat dari segi administratifny, rekening giro cukup rumit, karena cenderung akan anyak menyita waktu, sarana atau juga biaya.
  • Apabila dilihat dari segi biaya dana, rekening giro banyak memiliki biaya dana yang tergolong relatif akan murah.
  • Apabila dilihat dari segi penempatan dana maupun biaya, dana dari rekening giro ini hanya bisa akan digunakan untuk penempatan dana jangka pendek saja.

Kelebihan dan Kekurangan Giro

Kelebihan dari giro yang pertama meruakan dari segi pembayarannya, bagi orang yang akan membayar menggunakan giro dia tidak perlu membawa uang cash dalam jumlah lumayan besar. Tentunya orang lebih aman membawa giro dari pada uang dalam jumlah lumaan banyak. Jadi kelebihan giro ialah dalam hal keamanan. Kelebihan lainnya adalah bahwa jumlah yang dibayarkan bisa aman. Maksudnya kita bisa membayar dengan jumlah pecahan kecil yang terkadang juga cukup susah jika kita membayar dengan uang cash dalam pecahan besar. Dengan kata lain, dengan sistem pembayaran giro kita tidak akan perlu pusing memikirkan uang kembalian.

Selain kelebihan, giro juga mempunyai ada beberapa kelemahan. Salah satu kelemahan dari giro ialah pihak penjual barang atau juga pihak penerima giro tidak bisa langsung mencairkan uang tersebut. Kelemahan giro ini juga sangat berhubungan dengan pencairan uang dari giro tersebut yang harus akan mengikuti jam kantor. contihnya dalam hal giro bank, tentunya kita akan perlu mengikuti jam kerja bank untuk mencairkan giro bank manakala kita mendapat giro bank dari seseorang.

Contoh Rekening Giro

a.Cek

Cek adalah surat perintah tertulis nasabah kepada bank untuk dapat menarik dananya sejumlah tertentu atas yang namanya maupun atas unjuk. Saat ini, cek sering digunakan untuk mengambil uang di rekening giro plus sebagai alat pembayarannya. Berikut contoh-contoh cek yakni:

b.Cek atas Nama

Cek yang akan diterbitkan atas nama seseorang ataupun berbadan hukum

c.Cek atas unjuk

Cek atas unjuk tidak akan terdapat nama penerima. Jadi siapa saja bisa menarik uangnya

d.Cek Silang

Cek silang akan berfungsi untuk pemindah bukuan atau merubah tunai menjadi non tunai

e.Cek Mundur

Pengunduran tanggal penarikan uang. Dimana hal ini sudah disetujui oleh sebuah pihak penerima maupun pengirim

f.Cek Kosong

Cek yang akan ditarik atas suatu rekening yang dananya atas penarikan tersebut tidak akan mencukupi.

Demikianlah artikel tentang √Contoh Rekening Giro : Pengertian, Jenis, Manfaat, Karakteristik, Kelebihan dan Kekurangannya dari pengajar.co.id semoga bermanfaat.

Lihat Juga:   √ Tujuan Gerakan Non Blok : Pengertian, Sejarah dan Latar Belakang
Lihat Juga:   √ Bakteri Menguntungkan : Pengertian, Jenis, Ciri dan Strukturnya
Lihat Juga:   √Contoh Majas Metafora : Pengertian, Ciri, Jenis dan Fungsinya
Lihat Juga:   √ Sosialisasi Politik : Pengertian, Sarana dan Poin Penting