√Contoh Surat Edaran : Pengertian, Bagian, Macam, Fungsi dan contohnya

√Contoh Surat Edaran : Pengertian, Bagian, Macam, Fungsi dan contohnya
5 (100%) 2 votes

Pengertian surat edaran

Apa itu surat edaran ? Surat edaran merupakan surat yang isinya akan menyangkut pemberitahuan secara resmi didalam instansi, lembaga ataupun organisasi. Atau definisi surat edaran yakni suatu surat pemberitahuan akan resmi yang akan diedarkan secara tertulis atau ditujukan untuk berbagai pihak tersebut.

Contoh Surat Edaran : Pengertian, Bagian, Macam, Fungsi dan contohnya

Surat ini juga berisikan penjelasan mengenai suatu hal,yang contohnya seperti kebijakan baru dari pimpinan instansi, berisikan suatu peraturan atau yang lain-lain. Biasanya juga surat ini ditujukan untuk kalangan umum, akan tetapi didalam ruang lingkup tertentu.yang misalnya surat edaran yang akan sering ditemui contohnya surat dari kepala sekolah untuk para guru, kepala sekolah kepada siswa, dari rektor untuk para dosen, surat direktur untuk para pegawai atau yang lain-lain. Surat edaran juga termasuk kedalam surat resmi karena adanya memakai bahasa resmi, singkat, jelas, padat atau mencerminkan ciri dari organisasi yang dapat membuatnya.

Contoh surat edaran yang akan sering ditemui contohnya surat dari kepala sekolah untuk para guru, kepala sekolah kepada siswa, dari rektor untuk para dosen, surat direktur untuk juga para pegawai atau yang lain-lain. Surat edaran juga termasuk kedalam surat resmi karena memakai bahasa resmi, singkat, jelas, padat ataupun mencerminkan ciri dari organisasi yang akan membuatnya.

Bagian – bagian surat edaran

Ada pula bagain-bagian dari surat edaran, yang diantaranya seperti di bawah ini yakni:

a. Kepala surat

Pada bagain ini akan terdapat kop surat terdiri ari logo, nama atau alamat organisasi, instansi ataupun lembaga. Kop surat juga biasanaya sering digunakan untuk menunjukan surat formal maupun non-formal.

Lalu pada bagian ini juga biasanya kata “surat edaran”akan ditulis dengan huruf kapital atau ditulis menggunakan garis bawah. Lalu di bagian kiri bawah akan ditulis nomer surat, sifat surat penting, perihal dan alamat yang akan dituju akan tetapi ada juga yang nomer suratnya ditulis pada bagian bawah kata “surat edaran”. Dan pada bagian kanan ditulis tanggal, bulan atau taun kapan surat tersebut dibuat. Kadang-kadang cara penulisan pada bagian ini suka berbeda-beda tergantung kepada si pembuat surat.

b. Isi surat

Bagian Isi adalah pengumuman ataupun informasi apa yang ingin yang disampaikan kepada umum, dengan urutan pendahuluan, isi pokok surat dan penutup.

c. Kaki surat

Dan pada bagian akhir ini akan berisikan nama jabatan, tandatangan pengirim surat, nama lengkap, nip, stempel (organisasi, instansi ataupun lembaga) ataupun tembusan (jika memang ada).

Macam Atau Jenis-Jenis Surat Edaran

Adapun jenis-jenis dari surat edaran yang diantaranya ada 2 macam yakni surat edaran yang akan terbatas atau surat edaran yang tidak akan terbatas, berikut di bawah ini penjelasannya yakni:

  • Surat edaran akan terbatas yaitu surat yang juga biasanya ditujukan dari satu organisasi maupun instansi kepada para anggotanya saja, contohnya seperti surat edaran dari koperasi kepada para anggotanya, surat dari ketua osis untuk anggota osis, maupun yang lain-lain.
  • Surat edaran tidak akan terbatas yakni surat yang akan ditujukan kepada masyarakat luas.

Selain jenis surat edaran diatas, adapula beberapa macam jenis surat edaran, diantaranya yakni:

a.Surat edaran pemerintah merupakan surat edaran yang akan terdapat pemberitahuan kepada seluruh rakyat Indonesia yang akan bersifat nasional. contohnya surat edaran pemerintah seperti: edaran tentang perayaan hari besar nasional, edaran tentang sensus penduduk, edaran tentang pemilu yang lain sebagainya.

b.Surat edaran dari instansi pemerintah merupakan surat edaran yang akan berisi tentang pemberitahuan atau penjelasan tentang pelaksanaan peraturan di lingkungan instansi tersebut. contohnya Departemen Pendidikan maupun Kebudayaan membuat edaran tentang petunjuk UAS.

c.Surat edaran dari perusahaan, terdiri atas: surat edaran khusus merupakan surat pemberitahuan sesuatu yang akan ditujukan untuk satu lingkungan tertentu atau surat edaran umum merupakan surat edaran untuk dapat memperkenalkan jasa perusahaan ataupun hasil produk ke seluruh lapisan masyarakat.

Fungsi surat edaran

di kalangan instansi pemerintah, adalah surat yang dapat akan memberi petunjuk, penjelasan tentang pelaksanaan ataupun peraturan yakni :

di perusahaan swasta, surat edaran juga dapat berfungsi sebagai media pemberitahuan ataupun pengumuman.

Contoh Surat Edaran

LEMBAGA PENDIDIKAN KOMPUTER
BINA TERAMPIL ANGKASA
JALAN DAGO RAYA 15
BANDUNG

Nomor : 03/09/XII/E/95
Lampiran : –
Hal : Edaran Perpisahan
Angkatan ke-9

Kepada
Yth : Sdr. Ketua-Ketua Program
Lembaga Pendidikan Komputer
Bina Terampil Angkasa
Jl. Dago 15
Bandung

Dengan hormat,

Berhubung masa belajar komputer angkatan kesembilan sudah berakhir, kami minta agar Saudara-saudari para ketua program membentuk kepanitiaan acara perpisahan untuk peserta didik tersebut. Untuk pengurus atau pelaksanaan dari acara tersebut,akan libatkan para pengurus kesiswaan.

Kami mengharapkan agar edaran ini agar mendapat perhatian para ketua program komputer.

Terima kasih.

Hormat kami

Ttd.

 

Dra. Elia Riawati
Kepala Bina Pendidikan

Tembusan :
1. Yth. Sdr. Dra. Ilah Jamilah
2. Yth. Sdr. Dra. Mulyanti
3. arsip

Demikianalah artikel tentang √Contoh Surat Edaran : Pengertian, Bagian, Macam, Fungsi dan contohnya dari pengajar.co.id semoga bermanfaat.

Lihat Juga:   √Contoh Norma Hukum : Pengertian, Jenis, Ciri, Tujuan, dan Contohnya
Lihat Juga:   √ Levearge Adalah : Pengertian, Jenis, dan Tujuannya
Lihat Juga:   √Brosur Adalah : Pengertian, Fungsi, Ciri, Manfaat dan Contohnya
Lihat Juga:   √ Intervensi Adalah : Pengertian, Macam dan Contohnya
/* */
Click to Hide Advanced Floating Content

Send this to a friend