√Data Adalah : Pengertian, Jenis, Fungsi dan Metode Pengumpulan Data

Diposting pada

Pengertian Data

data merupakan kumpulan informasi dari suatu hal yang didapatkan melalui pengamatan kesumber tertentu. Data yang didapat bisa menjadi suatu fakta sebab memang belum diproses lebih lanjut. Setelah diproses melalui penelitian maka suatu data bisa menjadi bentuk yang lebih kompleks seperti suatu database, informasi bahkan solusi untuk masalah tertentu.

√Data Adalah : Pengertian, Jenis, Fungsi dan Metode Pengumpulan Data

Dari segi Bahasa kata “data” diperoleh dari kata “datum” yang dalam Bahasa Romawi yang maknanya sebagai sesuatu yang diberikan. karena itu definisi sesungguhnya dari data ialah diberikan, sebab jika memberikan maka data itu sudah menjadi informasi yang baku serta diakui kebenarannya.

Jenis-Jenis Data

terdapat 2 (dua) jenis tipe data yaitu :

a). Data Primer

Berdasarkan asal sumbernya, data primer sebenarnya ialah angka, skala, dan lain-lain yang diperoleh langsung dari sumbernya. Cara mendapatkannya dapat melalui wawancara secara live (langsung) dan observasi serta jejak pendapat. kamu juga dapat menyebarkan angket kepada beberapa orang yang sudah kamu kualifikasi. Hasil angka yang kamu peroleh akan lebih akurat, tapi sayangnya akan memakan banyak waktu serta budget.

b). Data Sekunder

Data sekunder merupakan hasil perhitungan yang diperoleh tidak secara langsung, melainkan mengambil dari sumber yang ada di buku, jurnal, arsip, dan lain-lain. Pastikan sumber yang kamu pakai untuk mendapatkan data tepercaya serta akurat. walaupun lebih menghemat uang serta juga waktu, namun hasilnya masih tidak dapatdipercaya 100%.

3. Fungsi Data

Data berguna sebagai pembuat keputusan terbaik dalam memecahkan masalah, bisa dijadikan untuk dasar suatu penelitian, dijadikan sebagai acuan dalam setiap implementasi suatu kegiatan serta terakhir data juga bisa dijadikan untuk bahan evaluasi. Suatu data bisa diibaratkan sebagai dasar perencanaan segala tindakan yang sudah dilakukan.

4. Metode Pengumpulan Data

Dalam suatu penelitian, metodeuntuk pengumpulan data merupakan faktor penting yang harus diketahui terlebih dahulu untuk mengetahui keberhasilan dalam penelitian. Metode tersebut sama dengan cara yang dilakukan untuk mengumpulkan data, mengetahui sumbernya serta alat yang dipakai dalam suatu penelitian.
Terdapat 3 teknik yang dipakai dalam metode pengumpulan data, yakni Observasi, Wawancara dan Angket. Berikut penjelasanya.

1). Observasi

Observasi merupakan suatu teknik pengumpulan data yang tidak hanya mengukur sikap dari responden seperti wawancara serta angket, tetapi dalam observasi bisa dipakai untuk merekam berbagai fenomena yang terjadi seperti situasi serta kondisi yang ada. Teknik observasi dibagi menjadi 2, yaitu :

  • Participant ObservationNteknik Participant Observation, peneliti secara langsung terlibat dalam kegiatan sehari-hari orang.
  • Non participant Observation Teknik ini adalah kebalikan dari teknik participant Observation, yakni si peneliti tidak ikut serta dalam kegiatan.

2). Wawancara

Wawancara adalah teknik pengumpulan data yang dilakukan dengan bertemu secara langsung serta tanya jawab langsung antara peneliti dan narasumber.
Wawancara terbagi menjadi 2 (dua).

  • Wawancara terstruktur adalah peneliti yang telah mengetahui dengan pasti tentang informasi yang ingin dicari dari responden sehingga daftar pertanyaan sudah dibuat secara sistematis.
  • Wawancara tidak terstruktur adalah suatu penelitian bebas dalam arti peneliti tidak memakai pedoman wawancara yang berisi pertanyaan yang akan diajukan secara spesifik, dalam wawancara ini hanya memuat poin-poin yang penting saja.

3). Angket

Angket atau kuisioner merupakan teknik pengumpulan data yang dilakukan dengan proses memberikan seperangkat pertanyaan kepada responden untuk dijawabnya. Dalam prinsip penulisan angket berada beberapa faktor yang harus diperhatikan, yaitu :

  • Isi dan tujuan pertanyaan
  • Bahasa yang dipakai harus sesuai dengan skil yang dimiliki oleh responden.
  • Tipe dan bentuk pertanyaan yang diberikan merupakan pertanyaan terbuka atau tertutup. Jika terbuka maka jawaban yang diberikan bebas, jika tertutup maka responden hanya diminta untuk memilih jawaban yang telah disediakan.

Demikianlah artikel tentang √Data Adalah : Pengertian, Jenis, Fungsi dan Metode Pengumpulan Data dari pengajar.co.id semoga bermanfaat.

Lihat Juga:   √ Pteridophyta : Pengertian, Klasifikasi, Manfaat dan Ciri
Lihat Juga:   √ Atom JJ Thomson : Pengertian, Teori , Kelebihan dan Kekurangan
Lihat Juga:   √Contoh Larutan Elektrolit : Pengertian, Jenis, Ciri, Fungsi, Khasiat dan Contohnya
Lihat Juga:   √ Lensa Cekung : Pengertian, Jenis, Ciri dan Sifatnya