√Debat Adalah : Pengertian, Jenis, Ciri, Struktur dan Contohnya

√Debat Adalah : Pengertian, Jenis, Ciri, Struktur dan Contohnya
Rate this post

Pengertian Debat

Debat adalah kegiatan adu argumentasi yang dimana antara 2 pihak ataupun lebih, baik secara perorangan ataupun kelompok, dalam mendiskusikan atau memutuskan masalah dan perbedaan. Secara normal, debat sering dilakukan dalam institusi legislatif seperti parlemen,yang terutama di negara-negara yang banyak menggunakan sistem oposisi. Dalam hal ini, debat ini dilakukan menuruti aturan-aturan yang jelas maupun hasil dari debat juga dapat dihasilkan melalui voting ataupun keputusan juri tersbut.

√Debat Adalah : Pengertian, Jenis, Ciri, Struktur dan Contohnya

Jenis-jenis Debat

a.Debat Parlementer atau Debat Majelis

Adapun maksud atau tujuan majelis ini adalah agar dapat banyak memberi atau juga menambahkan dukungan bagi sebuah undang-undang tertentu dan seluruh anggota yang ingin menyatakan pandangan dan juga pendapatnya juga akan berbicara mendukung ataupun menentang usul tersebut setelah mendapatkan izin dari majelis.

b.Debat Pemeriksaan ulangan dalam mengetahui kebenaran pemeriksaan terdahulu

Adapun maksud atau tujuan perdebatan tersebut merupakan untuk mengajukan sebuah serangkaian pertanyaan yang satu sama lain saling erat berhubungan, yang akan mengakibatkan para individu yang ditanya akan menunjang posisi yang ingin ditegakkan atau diperkokoh oleh sang penanya.

c.Debat Formal, Debat Konvesional, ataupun Debat Pendidikan

Tujuan debat formal merupakan untuk memberi suatu kesempatan bagi 2 tim pembicara untuk dapat mengemukakan kepada para pendengar dengan adanya sejumlah argument yang menunjang ataupun yang akan membantah suatu usulan. Setiap pihak akan diberikan jangka waktu yang sama bagi pembicara-pembicara konstruktif ataupun juga bantahan.

d.Debat kompetitif dalam bidang pendidikan tidak sama seperti debat sebenarnya di parlemen, debat kompetitif

tersebut tidak akan bertujuan untuk dapat menghasilkan keputusan, tetapi akan lebih diarahkan agar dapat mengembangkan suatu kemampuan-kemampuan tertentu di kalangan pesertanya,yang misalnya seperti kemampuan dalam mengutarakan pendapat secara logis, jelas atau terstruktur, kemampuan mendengarkan pendapat yang akan berbeda, atau kemampuan dalam berbahasa asing (jika debat akan dilakukan dalam bahasa asing).

Ciri-Ciri Debat

  • Adanya suatu proses saling mempertahankan argumen atau pendapat antara kedua belah pihak.
  • Adanya saling adu argumentasi atau pendapat untuk memperoleh kemenangan dalam debat.
  • Adanya pihak yang berperan sebagai penengah yang umumnya dilakukan oleh moderator.
  • Terdapat 2 sudut pandang, yakni affirmatif (pihak yang menyetujui topik) dan negatif (pihak yang tidak menyetujui).
  • Sesi tanya jawab bersifat terbatas dan tujuannya untuk menjatuhkan argumen pihak lawan.
  • Hasil debat dapat diperoleh melalui keputusan juri atau dilakukannya voting.

Struktur Debat

Berikut ini adalah struktur debat yang baik:

a. Pengenalan

Pada tahap ini, setiap tim (baik itu tim afirmasi, tim negatif, maupun tim netral) akan juga diminta untuk dapat memperkenalkan diri.

b. Penyampaian argumentasi

Setelah banyak memperkenalkan diri, setiap tim akan dapat menyampaikan argumennya terhadap topik, mulai dari tim afirmasi, tim oposisi, hingga tim netral.

c. Debat

Pada tahap debat, setiap tim akan diberi kesempatan untuk membuat mengomentari tim lain.

d. Simpulan

Pada tahap simpulan, setiap tim akan mengutarakan kalimat penutup terhadap pernyataan topik sesuai dengan posisi yang akan dimilikinya.

Contoh Teks Debat

b : Internet memang banyak manfaatnya, tapi banyak juga sisi negatifnya, seperti membuang2 waktu saja untuk hal yang tidak penting seperti browsing di social media.

a : Saya setuju memang banyak sisi negatifnya,tetapi itu bukan salah internetnya, lebih ke arah pengendalian diri agar tidak browsing ke hal2 yang negatif seperti:pornografi,pembullyan atau yang lainnya.

b : Ya tapi hal itu susah akan dikendalikan karena pada jaman saat ini banyak sosial media yang sangat pandai melakukan promosi sehingga membuat kita lupa akan manfaat sesungguhnya dari internet itu.

Penutup kesimpulan.
Internet memang banyak memberikan dampak positif dan negatif, meski demikian apa yang akan kita dapat dari internet tergantung dari kita sediri menggunakannya internetnya.

Demikianlah artikel dari pengajar.co.id tentang √Debat Adalah : Pengertian, Jenis, Ciri, Struktur dan Contohnya semoga bermanfaat.

Lihat Juga:   √ Kalimat Pasif : Pengertian, Ciri, Jenis, Perbedaan dan Contoh
Lihat Juga:   √Cuaca Adalah : Pengertian, Jenis, Unsur dan Pengaruhnya
Lihat Juga:   √ Animasi : Pengertian, Sejarah, Jenis, Prinsip Animasi, Menurut Para Ahli
Lihat Juga:   √ Apa Itu PT : Pengertian, Macam, Ciri, Tujuan, Kelebihan dan Kekurangannya
/* */
Click to Hide Advanced Floating Content

Send this to a friend