√ Definisi Berita : Definisi, Jenis, Ciri, Fungsi dan Unsur

Diposting pada

Definisi Berita

Berdasarkan definisinya, berita merupakan sebuah media yang penyampaian berbagai macam jenis informasi terbaru yang terjadi di sekitar kita. Dan tentunya, sangat wajar jika hampir setiap atau semua orang tiap harinya menerima atau membaca sebuah berita.

√ Definisi Berita : Definisi, Jenis, Ciri, Fungsi dan Unsur

Definisi Berita Menurut Para Ahli

Berikut ini definisi berita yang dikatakan menurut para ahli :

1). Nasution

Menurut Nasution dalam Alief (2008:1), Berita merupakan laporan tentang peristiwa yang terjadi yang ingin disampaikan ke masyarakat dengan sifat aktual, terjadi di lingkungan pembaca, da juga mengenai tokoh terkemuka, sebab peristiwa tersebut berpengaruh besar terhadap pembaca.

2). Djuraid (2007:9)

Menurut Djuraid, Berita merupakan suatu laporan maupun pemberitahuan tentang terjadinya suatu peristiwa maupun kondisi yang bersifat umum dan juga baru saja terjadi serta disampaikan oleh wartawan di media massa.

3). Sumadiria (2005:65)

Menurut Sumadiria, Berita merupakan laporan tercepat mengenai ide maupun fakta terkini yang benar, menarik dan juga penting bagi sebagian besar khalayak, melalui media berkala, contohnya seperti surat kabar, radio, televisi maupun media internet.

4). Dean M. Lyle Spencer

Menurut Dean M. Lyle Spencer, Berita merupakan kenyataan ide yang benar dan juga dapat menarik perhatian sebagian besar yang membacanya.

5). Adi Negoro

Menurut Adi Negoro, Berita merupakan suatu pernyataan diantara manusia yang saling bertukar informasi.

Jenis-jenis Berita

Berikut dibawah ini beberpa jenis-jenis berita

1). Berita langsung

Berita langsung ini lebih dikenal dengan kata straightnews. Berita ini biasanya memiliki ciri dimana disampaikan dalam bentuk yang lebih ringkas, langsung, fokus dan juga lugas. Isinya juga berupa berbagai macam jenis fakta – fakta dan juga data peristiwa yang sedang hangat terjadi di masyarakat saat ini. Jenis berita ini biasanya langsung berada pada halaman pertama pada surat kabar sebab sifat nya yang sangat informatif sekali.

2). Berita opini

Opini memang tidak sama dengan yang namanya berita. tetapi berita juga dapat berupa opini yang dikatakan dengan opini news. Berita ini bersumber dari pendapat berbagai macam jenis opini orang lain mengenai sebuah peristiwa tertentu. Contohnya seperti saja maraknya terjadi peredaran narkoba di sebuah daerah.

3). Berita interpretasi

Jenis berita ini merupakan pengembangan dari berita langsung tetapi yang membedakannya ialah dengan dilengkapinya berbagai informasi yang mendukung isu tersebut contohnya seperti pengamatan, akademis dan sebagainya. Contohnya seperti saja berita mengenai banjir. Nah, berita tersebut akan dilengkapi dengan berbagai komentar masyarakat mengenai banjir yang sedang terjadi yang disampaikan dengan sangat detail dan merinci.

4. Berita mendalam

Berita mendalam atau depthnews yang dikembangkan dalam suatu peristiwa yang dibuka dengan sangat jelas, Dalam berita ini lebih meunjukkan mengenai how ( mengapa) dan why( mengapa) berita tersebut dapat terjadi. Biasanya jenis berita ini lebih informatif yang harusnya menjelaskan mengapa peristiwa tersebut dapat terjadi, bagaimana dampaknya dan juga apa yang harus dilakukan.

5. Berita investigasi

Berita investigasi ini memang ditulis berdasarkan sebuah penyelidikan terhadap sebuah peristiwa. Data – data yang biasanya dicari maupun yang di dapat dari berbagai macam sumber yang sangat berkompeten. Berita ini umumnya dialirkan dengan berbagai cara wartama yang membakar berbagai macam kesalahan maupun penyelewengan yang sangat merugikan publik.

Ciri-ciri Berita

Beberapa ciri dari berita yang baik, yaitu:

1). Menarik perhatian.

Berita harus menarik perhatian, suatu tujuannya agar bisa menarik perhatian masyarakat sehingga masyarakat ingin langsung mengetahui isi berita tersebut.

2). Terkini dan aktual.

Berita harus berisi informasi atau peristiwa terkini maupun yang masih hangat di perbincangakan.

3). Di percaya.

Isi berita harus bisa dipercaya, itulah mengapa berita harus sesuai fakta jadi tidak boleh mengada-ngada.

4). Jelas dan menggunakan kalimat yang sederhana.

Isi berita yang baik yakni harus jelas tidak boleh berbelit-belit dan juga kalimat yang diapakainnya harus yang sederhana agar mudah dimengerti dan dipahami

Fungsi Berita

Berikut dibawah ini beberapa fungsi berita

1). Menyampaikan informasi

Menyampaikan informasi. Fungsi informasi mencakup berbagai informasi berbagai kejadian atau peristiwa yang menjadi perhatian dalam kehidupan sehari-hari, contohnya seperti politik, hubungan luar negeri, prakiraan cuaca, kecelakaan, bisnis, buruh dan pendidikan serta ekonomi. Informasi tersebut sangat penting bagi orang banyak dan umumnya diberikan menggunakan media massa baik media masa cetak ataupun elektronik.

2). Meningkatkan kesadaran publik

Mengingkatkan kesadaran publik tentang isu tertentu. Yang dimaksud dengan kesadaran publik ialah tingkat pemahaman publik tentang pentingnya isu tertentu dan juga implikasinya bagi publik secara umum. Isu disini bisa berupa masalah lingkungan hidup, masalah-masalah yang berhubungan dengan perempuan dan juga anak-anak, politik dll.

3). Membantu bersikap terbuka

Berita yang disapaikan melalui media massa cetak dan juga elektronik menjadikan kita lebih mengerti serta memahami berbagai kejadian maupun peristiwa di seluruh dunia. Berita-berita dari seluruh dunia menyampaikan bahwa manusia di sebuah negara berbeda dengan negara lainnya.

4). Membentuk opini publik

Berita juga bisa berguna untuk membentuk opini publik. Sebagaimana sudah dijelaskan dalam teori agenda setting bahwa media massa lebih cenderung membentuk rasa kepedulian dan juga perhatian banyak orang terhadap beberapa isu tertentu yang disapaikan oleh media massa.

Unsur-unsur Berita

Unsur-unsur berita merupakan hal yang harus ada didalam berita. Apabila unsur-unsur ini tidak ada, maka berita tersebut akan menjadi berita yang rancu dan juga tidak dapat diterima masyarakat dengan baik. Unsur-unsur tersebut ialah sebagai berikut

1). What (apa)

Unsur ini melibatkan apa saja yang berada didalam berita. Unsur “what ” dalam berita umumnya pembahasan mengenai peristiwa apa yang sedang hangat-hangatnya perbincangkan di tengah masyarakat. Membuat berita tidak asal mengekuarkan isi hati contohnya seperti karangan-karangan naratif. Akan tetapi harus mempertanggung-jawabkan kebenarannya, oelh sebab itu berita harus membahas sesuatu yang kebenarannya bisa dibuktikan sehingga tidak menimbulkan keresahan dalam masyarakat.

2). Who (siapa)

Unsur “who” melibatkan subjek yang berhubungan dalam berita tersebut. yakni siapa saja yang nampak dalam kejadian yang diberitakan tersebut. Orang-orang yang ikut dalam berita harus disebutkan secara jelas, agar tidak menimbulkan kesalah pahaman.

3). When (kapan)

Merupakan kapan terjadinya kejadian dan peristiwa yang sedang dibahas dalam berita. Waktu terjadinya peristiwa harus dijelaskan secara jelas agar berita menjadi mudah untuk pahami dan di terima masyarakat.

4). Where (dimana)

Where merupakan tempat dimana peristiwa itu terjadi. Berita harus manaruh lokasi kejadian sehingga berita menjadi jelas dan juga bisa dengan mudah dipahami.

5). Why (mengapa)

Unsur “why” adalah bagian yang menjelaskan mengapa peristiwa itu dapat terjadi. Unsur ini umumnya meliputi alasan dan juga latar belakang masalah maupun peristiwa yang di beritakan. Yang di jelaskan di bagian ini ialah mengapa peristiwa tersebut dapat terjadi.

6). How (bagaimana)

Unsur terkahir ini ialah memuat bagaimana peristiwa tersebut dapat terjadi. Umumnya pada bagian ini akan dijelaskan secara kronologis tentang mengenai bagaimana kejadian atau peristiwa itu terjadi.

Demikianlah artikel dari pengajar.co.id tentang √ Definisi Berita : Definisi, Jenis, Ciri, Fungsi dan Unsur semoga bermanfaat.

Lihat Juga:   √Definisi Membran Sel : Fungsi, Struktur, Sifat dan Sistem Transport Membran Lengkap
Lihat Juga:   √Analisis Jabatan : Pengertian, Tujuan, Fungsi, Manfaat dan Tahapanya
Lihat Juga:   √Apa Itu Atmosfer: Pengertian, Manfaat, Sifat, Lapisan dan Karakteristiknya
Lihat Juga:   √ Pengertian Telnet : Cara Kerja, Fungsi, Kelebihan dan Kekurangan