√Definisi Kantor : Pengertian, Fungsi, Tujuan, Ciri dan Contoh Kantor Modern

Diposting pada

Definisi Kantor

Jika kita hadapkan dengan kata ‘kantor’ maka hal pertama yang akan muncul ialah di benak penulis merupakan ruangan khusus orang – orang yang akan memiliki kekuasaan ataupun kendali organisasi atau pun perusahaan. Ya, kantor memang merupakan ruangan maupun tempat khusus yang akan digunakan oleh orang – orang yang memiliki kendali maupun kekuasaan dalam aktivitas pengendalian bidang organisasi tertentu.

√Definisi kantor : Pengertian, Fungsi, Tujuan, Ciri dan Contoh Kantor Modern

Ruang kantor juga biasanya banyak memiliki fungsi umum berupa tempat bekerja bagi personel perusahaan, dan fungsi khusus berupa tempat pengumpulan atau penyebaran informasi organisasi, serta sebagai tempat penyimpanan dokumen organisasi yang aman. Besar atau kecilnya ukuran ruangan kantor juga biasanya akan dipengaruhi oleh jumlah atau tingkat jabatan personil yang sedang bekerja di kantor tersebut.

Fungsi Kantor

a. Menerima Informasi

Fungsi kantor yang pertama merupakan sebagai wadah yang sering digunakan untuk menerima maupun mengumpulkan informasi. Dalam praktinya, setiap pihak terkait yang memiliki kepentingan dalam organisasi atau perusahaan juga biasanya dapat memberikan maupun melaporkan informasi apapun yang terkait dengan perusahaanebut ter secara langsung ke kantornya.

b.Memberikan Informasi

Fungsi kantor yang kedua meruapakan sebagai bagian yang akan berfungsi sebagai pemberi maupun penyebar informasi. Ketika sebuah organisasi sudah sangat berkembang atau juga dikelola oleh banyak personel, maka akses informasi akan lebih susah untuk disebarkan luaskan. Nah maka dari itu, untuk mengatasi hal ini, organisasi atau perusahaan juga biasanya menjadikan kantor sebagai wadah atau pun central informasi yang valid maupun tepercaya bagi setiap personel perusahaan.

c.Pelindung Aset

Fungsi kantor yang ketiga merupakan sebagai tempat maupun wadah yang sering digunakan untuk mengumpulkan, menyimpan, atau juga melindungi aset berupa dokumen – dokumen perusahaan / instansi pemilik kantor. Seperti yang kita semua ketahui bersama, setiap perusahaan maupun organisasi, pasti memiliki banyak sekali berkas penting yang berbentuk file – file atau dokumen – dokumen. Nah maka dari itu, agar file dan dokumen ini tidak berantakan kemana – mana maupun lebih mudah untuk ditemukan, maka seluruh berkas ini maka biasanya akan disimpan di dalam braknas kantor.

Tujuan dan Fungsi

Tujuan kantor sebagai pemberi pelayanan komunikasi atapun perekaman. Sedangkan fungsi dari kantor adalah sebagai berikut yaitu:

  • Menerima informasi. Menerima informasi dalam bentuk surat, penggilan telepon, pesanan, faktur,maupun laporan mengenai berbagai kegiatan bisnis.
  • Merekam dan menyimpan data-data serta informasi. Tujuan pembuatan rekaman merupakan sedang menyiapkan informasi sesegera mungkin apabila manajemen meminta informasi tersebut.
  • Mengatur informasi Informasi yang akan diakumulasi oleh kantor jarang dalam bentuk yang sama layaknya akan ketika diberikan, seperti mengumpulkan informasi maupunsumber-sumber -yang berbeda dan membuat perhitungan/pembukuan.
  • Memberi informasi Bila dimana manajemen diminta sejumlah informasi yang akan diperlukan, kantor segera memberikan informasi tersebut dari rekaman yang tersedia. Sebagian informasi -yang diberikan bersifat rutin, sebagian bersifat khusus.
  • Melindungi aset yakni dengan mengamati secara cermat berbagai kegiatan dalam perusahaan seperti diperlihatkan di dalam rekaman dan mengantisipasi segala hal yang -tidak menguntungkan yang mungkin terjadi.

Ciri-Ciri Kantor

Adapun ciri-ciri dari kantor, yang diantaranya terdiri dari, yakni:

Sebagai alat untuk menyambung pancaindra maupun juga ingatan pimpinan organisasi.

Membantu pimpinan dalam merumuskan pekerjaan, metode kerja ataupun pederhanaan sistem manajemen.

Dapat Membantu administrasi atau tata usaha dalam mencapai targetnya.

Conto Kantor Modern di Indonesia

1. Virtual Office

Sesuai dengan namanya, sebuah virtual office tidak akan benar-benar nyata secara fisik. Yang ditawarkannya merupakan alamat surat atau poin kontak yang bisa dihubungi. contohnya, sebuah startup sedang menjalankan bisnisnya dari rumah, tetapi menyewa virtual office yang di gedung perkantoran. Maka itu, startup tersebut seakan beralamat di gedung perkantoran di mana virtual office berada. nah, walaupun startup ini sedang dijalankan di rumah, bisnis tersebut akan tetap mendapatkan kredibilitas di antara pengguna potensialnya. Selain itu juga, dengan mengalamatkan urusan bisnis kepada virtual office, pengusaha yang sedang bekerja dari rumah akan terjaga privasinya karena urusan bisnis tidak akan dialamatkan ke rumah pribadi.

Beberapa keuntungan komunikasi yang sering ditawarkan virtual office merupakan resepsionis, asisten, call center, atau yang lainnya. Selain itu, ada juga space service, yang akan melibatkan alamat prestisius yang biasa ditawarkan sebuah virtual office. Servis ini juga memberikan alamat profesional, alamat surat, tempat meeting, maupun kesempatan dapat menyewa tempat untuk sementara waktu.

2. Serviced Office

Tempat kerja yang satu ini bukan hanya dimna akan menyediakan tempat tetapi juga ada segala pengurusnya. Sebuah manajemen fasilitas yang akan menjadi pengurusnya akan menyewakan ruangan kerja ataupun lantai kerja untuk beberapa perusahaan berbeda. Biasanya juga serviced office juga akan terletak di pusat bisnis di kota-kota besar. Tujuan dibentuknya ruang kantor serviced office merupakan untuk dapat memberikan fleksibilitas bagi pengusaha yang sering menggunakannya karena biasanya juga dapat disewa dengan sangat mudah.

Demikianlah artikel tentang √Definisi kantor : Pengertian, Fungsi, Tujuan, Ciri dan Contoh Kantor Modern dari pengajar.co.id semoga bermanfaat.

Lihat Juga:   √ Jenis HAM : Pengertian, Ciri dan UU HAM
Lihat Juga:   √Batang Tumbuhan : Pengertian, Fungsi, Struktur, Macam dan Fungsinya
Lihat Juga:   √Apresiasi Seni Rupa : Pengertian, Fungsi, Tingkatan, Jenis, Manfaat dan Contohnya
Lihat Juga:   √ Fungsi Partai Politik : Pengertian , Tujuan dan Konsepnya