√Definisi Membran Sel : Fungsi, Struktur, Sifat dan Sistem Transport Membran Lengkap

Diposting pada

Definisi Membran sel (dinding sel)

Membran sel atau dinding sel merupakan fitur yang dimiliki manusia  yang berfungsi untuk sebagai pemisah antara lingkungan dalam sel dengan lingkungan di luar sel, membran sel ini tersusun atas senyawa lipoprotein , protein dan lemak ini memiliki sifat yang berbeda, protein bersifat hidrofiliki sedangkan lemat bersifat hidrofobik. Oleh sebab itu membran sel memiliki sifat selektif permeable.

Definisi Membran Sel

Fungsi Membran sel (dinding sel)

Fungsi dari membran itu sendiri ialah melindungi sel dan juga memberikan bentuk bagi sebuah sel, membran sel ini bisa menjadi media komunikasi antar lingkungan dalam sel dan dengan lingkungan luar sel melakukan seleksi terhadap zat yang akan keluar atau pun masuk dari sel dan Tempat berlangsungnya reaksi kimia.

Struktur Membran sel

Struktur membran itu sendiri seperti lembaran sel yang tersusun atas molekul lipiid, karbohidrat, kolesterol, protein dan jga kerangka membran atau setoskeleton. Dinding sel(membran sel ini memiliki sifat yang asimetris dan dinamis.

1. Fosfolid

Lapisan fosfolipid rangkap ganda terbentuk dari penysunan molekul-molekul membran sel yang berkombinasi sedemikian rupa, lapisan fosolipin ini memiliki da bagian yang sifatnya saling bertolak belakang, yaitu daerah kepala yag bersifat hidrofilik dan daerah ekor yang bersifar hidrofobik inila yang dikarenakan disebut hidrofilik,

2. Protein Membran

Ada dua jenis protein pada lapisan fosfolipid, diantaranya yaitu rotein integral atau perotein yang terbenam dan menembus lapisan fosfolipid dan protein perifer atau protein yang menempel pada lapisan lar fosfolipid, perotein integral ini perannya sebagai proses transpor molekuk yang keluar dan juga masuk sel, sedangkan rotein perifer fungsinya sebagai tempat menempelnya hormon atau enzim.

3. Glikoprotein dan Glikolipid

Glikoprotein adalah molekul karbohidrat yang menempel pada protein sedangkan Glikolipid adalah molekul karbohidrat yang menempel pada lemak. Fungsi dari Glikoprotein dan glikolipid aialah sebagai tanda pengenal bagi sel.

4. Kolesterol

Kolesterol ini terletak di bagian dekat dengan kepala fosfollipid. Fungsi dari kolesterol itu sendiri ialah untuk menjaga kestabilitasan fosfolipid dalam segala hal keadaan. Contohnya pada keadaan panas kolesterol dapat menghambat pergerakannya agar fosfolipid tidak menjadi terlalu cair.

Sifat membran sel (dinding sel)

Sifat membran sel terbagi menjadi 3 bagian, diantaranya yaitu;

1. Impermeabel

Yaitu sefat yang tidak mengizinkan zat apapun di luar sel untuk bisa masuk kedalam sel.

2. Semipermeabel

Ialah suatu keadaan dimana hanya zat2 tertentu saja yang dibutuhkan oleh sel yang bisa masuk kedalam sel.

3. Permeabel

Ialah sifat dimana zat bisa melewati membran sel guna masuk kedalam sel.sifat ini dimiliki oleh membran sel yang sudah rusak atau hampir mati.

Sistem transport membran

Pengertian dari transport membran itu sendiri merupakan proses pertukaran molekul yang bisa terjadi secara otomatis dan spontan tanpa lagi membutuhkan mekanisme khusus. transport aktif ini terjadi pada molekul yang bisa melewati membran sel kapan saja contohnya ialah glukosa dan air. Penyebab dari transport pasis ini ialah perubahan gradiens konsentrasi dari molekul tersebut, difusi dan osmosis merupakan contoh dari tranport pasif.

Demikianlah artikel tentang √Definisi Membran Sel : Fungsi, Struktur, Sifat dan Sistem Transport Membran Lengkap dari pengajar.co.id Semoga bermanfaat.

Lihat Juga:   √Apa Itu Bioteknologi : Pengertian, Jenis, Manfaat, Dampak dan Contohnya

Lihat Juga:   √ Levearge Adalah : Pengertian, Jenis, dan Tujuannya
Lihat Juga:   √ Gambar Otot Polos : Pengertian, Ciri, Jenis dan Bagiannya
Lihat Juga:   √ Jaringan Kolenkim : Pengertian, Fungsi, Macam, Ciri dan Struktur