√ Destilasi : Pengertian, Macam, Prinsip Kerja, Fungsi, Bagian, Tujuan dan Contohnya

√ Destilasi : Pengertian, Macam, Prinsip Kerja, Fungsi, Bagian, Tujuan dan Contohnya
Rate this post

Pengertian Destilasi

Destilasi merupakan suatu metode yang dipakai untuk memisahkan bahan kimia berdasarkan perbedaan kecepatan atau kemudahan menguap atau volatilitas bahan. Dalam penyulingan, campuran zat didihkan sehingga menguap dan uap tersebut kemudian didihkan kembali ke dalam bentuk cairan. Zat yang memiliki titik didih lebih rendah akan membuat penguapan lebih cepat.

√ Destilasi : Pengertian, Macam, Prinsip Kerja, Fungsi, Bagian, Tujuan dan Contohnya

Macam-macam Destilasi

Adapun macam-macam jenis destilasi, berikut dibawah ini penjelasannya

1). Destilasi Sederhana

Destilasi biasa atau Destilasi sederhana ini biasanya dengan menaikan suhu, tekanan uapnya berada diluar cairan. Pada destilasi biasa atau destilasi sederhana, dasar pemisahannya adalah perbedaan titik didih yang jauh atau suatu komponen bersifat volatil. jikA campuran dipanaskan maka komponen yang mempunyai titik didih lebih rendah akan menguap terlebih dahulu.

2). Destilasi Bertingkat

Fungsi destilasi fraksionasi atau destilasi bertingkat yaitu memisahkan komponen cair, dua atau lebih dari suatu larutan berdasarkan perbedaan titik didihnya. Destilasi juga dapat dipakai untuk campuran dengan perbedaan titik didih kurang dari 20°C dan bekerja pada tekanan atmosfer. Pengaplikasian teknik destilasi ini yakni di industri minyak mentah untuk memisahkan komponen yang ada dalam minyak mentah.

3). Destilasi Uap

Destilasi ini dipakai pada campuran senyawa dengan titik didih 200°C. Destilasi ini dapat menguapkan senyawa dengan suhu mendekati 100°C dalam tekanan atmosfer dengan uap atau air mendidih.

4). Destilasi Vakum

Destilasi vakum umumnya dipakai jika senyawa yang ingin didistilasi tidak stabil dengan pengertian dapat terdekomposisi sebelum dan mendekati titik didihnya atau campuran bertitik didih diatas 150°C. Metode ini dipakai tidak dapat dipakai pada pelarut dengan titik didih yang rendah jika kondensornya memakai air dingin sebab komponen yang menguap tidak dapat dikondensasi air. Untuk mengurangi tekanan dipakai pompa vakum atau aspirator sebagai penurun tekanan pada sistem distilasi ini.

5). Destilasi Azetrop

Destilasi Azetrop adalah salah satu jenis destilasi yang menguapkan zat cair tanpa perubahan komposisi.

Prinsip Kerja Destilasi

Terdapat prinsip destilasi yaitu : ”Jika suatu zat dalam larutan tidak sama-sama menguap, maka uap larutan akan mempunyai komponen yang berbeda dengan larutan aslinya”. jika salah satu zat menguap maka pemisahannya akan terjadi sempurna. tetapi jika kedua zat tersebut menguap maka pemisahannya akan hanya terjadi sebagian tetapi destilat atau produk akan menjadi kaya dapat sebuah komponen daripada larutan aslinya.

Fungsi Destilasi

Fungsi destilasi ialah untuk memisahkan larutan ke dalam beberapa komponennya atau suatu metode pemisahan bahan kimia yang berdasarkan perbedaan kecepatan atau kemudahan menguap. Prinsip destilasi ialah didasarkan dari perbedaan titik didih komponen zatnya.

Bagian-Bagian alat destilasi dan fungsinya

1). Labu destilasi

Berfungsi untuk wadah atau tempat sebuah campuran zat cair yang akan didestilasi.

2). Steel Head

Berfungsi untuk penyalur uap atau gas yang akan dimasukkan ke alat pendingin (kondensor).

3). Thermometer

Thermometer umumnya dipakai untuk mengukur suhu uap zat cair yang didestilasi selama proses destilasi berlangsung.

4). Kondensor

Berfungsi sebagai aliran uap hasil reaksi serta untuk aliran air keran.

5). Labu didih

Berfungsi untuk wadah sampel. Contohnya seperti memisahkan alkohol dan air. Pipa dalam = pipa destilasi.

6). Adaptor

Berfungsi untuk menyalurkan hasil destilasi yang telah terkondisi untuk disalurkan ke penampung yang sudah disediakan.

7). Mantel

Berfungsi untuk memanaskan bahan di dalamnya.

Tujuan Destilasi

Tujuan destilasi adalah untuk memurnikan zat cair pada titik didihnya dan memisahkan cairan dari zat padat. Uap yang yang dibuang dari campuran sebagai uap bebas. Konsentrat yang hilang sebagai destilat serta bagian cair yang tidak menguap sebagai residu. apabila yang dikehendaki adalah bagian campurannya yang tidak teruapkan maka proses tersebut dinamai dengan pengentalan dengan evaporasi.

Contoh Distilasi

Contoh yang diberikan adalah destilasi air laut, yang memakai media air laut untuk kemudan diuapkan. Menurut Andreas (2000) Air di air laut akan lebih cepat menguap daripada garam sebab perbedaan titik didih (boiling point) dari keduanya yang besarnya cukup signifikan. Sebagai uaraian yang lebih jelas mengenai destilasi.

Demikianlah artikel tentang √ Destilasi : Pengertian, Macam, Prinsip Kerja, Fungsi, Bagian, Tujuan dan Contohnya dari pengajar.co.id semoga bermanfaat.

Lihat Juga:   √ Bullying Adalah : Pengertian, Jenis, Dampak Dan Penyebabnya
Lihat Juga:   √Contoh Analisis Wacana : Pengertian, Jenis, Teori, Manfaat dan Tujuannya
Lihat Juga:   √Apa Itu Stakeholder : Pengertian, Fungsi, Jenis dan Contohnya
Lihat Juga:   √Contoh Desentralisasi : Pengertian, Tujuan, Dampak dan Bagiannya
/* */
Click to Hide Advanced Floating Content

Send this to a friend