√ Dikotil : Pengertian, Ciri dan Strukturnya

Diposting pada

Pengertian Dikotil

Tumbuhan dikotil merupakan satu tumbuhan berbunga yang memiliki biji berkeping dua. Salah satu tumbuhan termasuk ke dalam kelompok dikotil ini mempunyai sepasang daun lembaga. Daun lembaga ini terbentuk sejak tahapan biji dengan demikian sebagian besar anggotanya memiliki bebijian yang gampang sekali terbelah menjadi dua bagian. Hal inilah yang menjadi pembeda antara tumbuhan dikotil dengan tumbuhan monokotil yang justru bijinya yang berkeping tunggal.

√ Dikotil : Pengertian, Ciri dan Strukturnya

Ciri-ciri Tumbuhan Dikotil

Berikut dibawah ini beberapa ciri-ciri tumbuhan dikotil

1). Biji Berkeping Dua

Tumbuhan biji berkeping dua umumnya dimiliki oleh tumbuhan berbunga yang mengalami pembelahan saat proses perkecambahan. Tumbuhan dikotil ini mempunyai sepasang daun lembaga (kotiledon). Tumbuhan dikotil sering kita jumpai dalam lingkungan sekitar kita. Contohnya seperti mangga, jambu, rambutan, melinjo, karet, tumbuhan polong-polongan dll.

2). Berakar Tunggang

Tumbuhan dikotil mempunyai akar tunggang. Akar tunggang pada tumbuhan dikotil merupakan salah satu akar yang sangat kuat dan besar. rata-rata akar pada tumbuhan dikotil berukuran cukup besar dan panjang serta mempunyai cabang yang cukup banyak. Hal ini memungkinkan tumbuhan dikotil untuk tumbuh kuat dan kokoh di atas tanah sehingga tidak mudah rubuh pada saat terhempas angin kencang.

3). Daun menyirip atau Menjari

Tulang daun serta bentuk sumsumnya menyirip. Tulang daun dapat disebut menyirip sebab berbentuk seperti sirip ikan. Apabila kita amati lebih jauh, daun yang menyirip dimiliki tumbuhan dikotil Contohnya seperti pohon mangga, jambu dan nangka.

4). Tidak memiliki tudung akar

Tumbuhan dikotil tidak mempunyai tudung akar. Hal ini disebabkan tumbuhan dikotil tidak memiliki akar serabut yang mempunyai cabang akar yang banyak. Meskipun tidak mempunyai tudung akar, tumbuhan dikotil mempunyai sistem perakaran yang kokoh serta kuat sebab akar tunggang bisa menembus tanah yang jauh lebih dalam dari pada akar serabut. Tumbuhan yang mempunyai tudun akar biasanya berda pada tumbuhan dikotil.

5). Batang Berkambium

Tumbuhan dikotil mmpunyai batang yang berkambium. Kambium merupakan lapisan sel atau lapisan jaringan pada tumbuhan yang aktif membelah serta berda diantara pembuluh angkut yaitu xilem dan floem. Ada 2 jenis kambium yakni (Kambium gabus dan Kambium vaskular/pembuluh).

6). Akar dan batang tumbuh membesar

Tumbuhan biji berkping dua mempunyai batang dan juga akar bisa tumbuh serta berkembang membesar. Hal ini disebabkan tumbuhan dikotil mempunyai pembuluh pengangkut. Pembuluh xylem berperan penting untuk membawa air dari akar dan menuju daun. Sedangkan pembuluh floem berfungsi untuk membawa nutrisi dan juga unsur hara dari hasil proses fotosintesis menuju ke seluruh organ bagian tanaman.

7). Batangnya bercabang

Tumbuhan dikotil batangnya bercabang. Batang tumbuhan dikotil memiliki cabang yang banyak. Batang utama dari tumbuhan dikotil mempunyai struktur morfologi yang cukup kuat dan juga kokoh sehingga memungkinkan mempunyai banyak cabang yang umumnya menjadi tempat tumbuhnya buah. Jauh berbeda dengan tumbuhan biji berkeping satu (monikotil) yang batangnya tidak memiliki cabang.

8). Bagian bunga kelipatan 2,4,5

Tumbuhan biji berkeping dua mempunyai jumlah kelopak bunga yang kelipatan 2,4 sampai 5. Kita bisa mengamati disekitar kita terdapat pohon mangga yang mempunyai kelipatan kelopak bunga 4.

9). Memiliki Xylem dan Floem

Tumbuhan dikotil mempunyai pembunuh pengangkut yang berupa xylem dan juga floem. Pembuluh xylem merupakan pembuluh yang mengangkut air dan unsur hara lainnya dari akar menuju ke daun. Pembuluh floem mengangkut hasil fotosintesis (khususnya gula sukrosa) dan zat-zat lain dari daun menuju bagian-bagian tubuh tumbuhan yang lain. Baik pembuluh kayu maupun pembuluh tapis mempunyai beberapa tipe sel yang agak berbeda.

10). Tidak memiliki koleoptil

Tumbuhan dikotil tidak mempunyai koleoptil. Koleoptil merupakan ujung daun bagian atas bentuk berupa selaput yang ada pada tumbuhan monokotil untuk menjaga daun sampai bakal batang. Koleoptil hanya dimiliki tumbuhan monokotil (biji keping satu).

Struktur Tumbuhan Dikotil

Struktur pada tumbuhan dikotil ini terbagi menjadi 3 yakni struktur pada daun dan struktur pada batang dan Akar, penjelasan mengenai struktur tumbuhan dikotil ini antara lain sebagai berikut :

A. Struktur Pada Daun

Terdapat 3 bagian struktur pada daun, berikut dibawah ini penjelasannya

1). Epidermis

Epidermis pada daun mengandung sel stomata dan juga epidermis yang membentuk trikoma yang tujuan utamanya agar bisa melindungi dari panasnya sinar cahaya matahari.

2). Jaringan Dasar

Jaringan dasar pada daun itu terdapat pada epidermis yang mempunyai daerah utama untuk proses fotosintesis.

3). Berkas Pengangkut

Berkas pengakat pada daun tu berada di tulang daun yang memiliki susunan yang hampir sama seperti batang.

B. Struktur Batang

Terdapat 5 bagian struktur pada batang, berikut dibawah ini penjelasannya

1). Epidermis

Epidermis pada batang adalah salah satu jaringan sel hidup di luar batang yang tersusun pada dinding sel yang tipis. Epidermis pada batang tersebut umumnya menutupi organ pada tumbuhan.

2). Korteks

Korteks pada batang itu terletak pada lapisan epidermis.

3). Endodermis

Endodermis pada batang itu terletak dibawah permukaan lapisan epidermis.

4). Floem

Floem pada batang itu menyusun sel yang meliputi berbagai sel-sel serat floem dan juga komponen pembuluh yaitu sebagai penyalur makanan pada tumbuhan.

5). Xylem

Sel penyusun xylem ini melingkupi elemen trakea, serat xilem dan jugaparenkim xilem. Xylem ini mempunyai fungsi yaitu sebagai penyalur air dan juga mineral dari akar ke daun dan berada pada bagian dalam berkas pembuluh. Xilem pada tumbuhan berbunga mempunyai dua tipe sel, yaitu trakeid dan juga unsur pembuluh. Kedua tipe sel tersebut merupakan sel mati.

C. Struktur Akar

Akar adalah organ tumbuhan yang tempatnya didalam tanah dan mempunyai fungsi untuk menyerap air dan mineral dari tanah dan juga menempel yaitu sebagai pondasi supaya tumbuhan tubuh tegak dan juga kokoh. Akar tersebut berasal dari calon akar yang terletak pada embrio. Struktur luar akar tersebut terdiri atas batang akar, cabang akar, bulu akar dan juga tudung akar. Bagian paling ujung dari akar adalah sbuah titik tumbuh yang dilindungi oleh adanya tudung akar (kaliptra) yang dibentuk oleh kaliptrogen.

Demikianlah artikel tentang √ Dikotil : Pengertian, Ciri dan Strukturnya dari pengajar.co.id semoga bermanfaat.

Baca Juga :

Lihat Juga:   √ Jenis Akar Tumbuhan : Pengertian, Fungsi, Struktur, Contoh dan Penjelasannya
Lihat Juga:   √Adaptasi Fisiologi : Pengertian, Contoh dan Gambarnya
Lihat Juga:   √ Bullying Adalah : Pengertian, Jenis, Dampak Dan Penyebabnya
Lihat Juga:   √Cara Menulis Kwitansi : Pengertian, Fungsi, Manfaat, Ciri, Komponen dan Contohnya