√ Energi : Pengertian, Bentuk, Sumber dan Cara Menghematnya

Diposting pada

Pengertian Energi

Setiap hari kalian tentu melakukan berbagai kegiatan. Untuk itu, kalian memerlukan energi. Energi adalah tenaga untuk melaksanakan suatu kegiatan. Energi diperlukan ketika membaca, mengayuh sepeda, atau berolahraga. Kalian bisa memperoleh energi dari makanan.

√ Energi : Pengertian, Bentuk, Sumber dan Cara Menghematnya

Bentuk – Bentuk Energi

Selain manusia, benda-benda lain juga memiliki energi. Energi tidak dapat dilihat oleh mata manusia. Namun, energi dapat diamati dari akibat yang ditimbulkannya. Ada macam- macam bentuk energi yang dimiliki benda. Sekarang, kita akan mempelajarinya satu per satu.

Energi Gerak

Perhatikan mobil yang sedang melaju kencang. Mobil dapat berjalan karena digerakkan oleh energi. Energi ini berasal dari bahan bakar. Tahukah kalian bahwa mobil yang bergerak juga memiliki energi? Setiap benda yang bergerak memiliki energi. Energi ini disebut energi gerak atau energi kinetik. Ban sepeda yang dikayuh juga memiliki energi. Demikian pula dengan baling-baling yang berputar. Semakin cepat benda bergerak, semakin besar energi geraknya. Energi gerak bermanfaat bagi kehidupan manusia. Gerak mobil, motor, dan gerobak dapat digunakan untuk pengangkutan. Gerakan Mixer digunakan untuk mengaduk adonan kue. Energi gerak juga dapat diubah menjadi bentuk energi lain. Kincir angin atau kincir air dapat mengubah energi gerak menjadi energi listrik.

Energi Potensial

Pernahkah kalian melihat lomba memanah? Peralatan yang dipakai dalam lomba memanah adalah busur dan anak panah. Busur dapat melemparkan anak panah. Hal ini terjadi karena busur mempunyai energi potensial. Busur yang sedang direntangkan menghasilkan energi potensial. Energi potensial semacam ini disebut energi potensial pegas. Energi potensial inilah yang akan melemparkan anak panah.

Energi potensial juga ada pada benda lain. Per (pegas) yang ditekan memiliki energi potensial. Karet gelang yang direntangkan memiliki energi potensial. Katapel yang direntangkan juga memiliki energi potensial. Selain potensial pegas, ada juga potensial gravitasi. Energi potensial gravitasi dimiliki benda-benda yang terletak di tempat tinggi. Buah kelapa di atas pohon memiliki energi ini. Aliran air terjun juga memilikinya

Energi Panas

Pernahkah kalian membantu ibu menjemur pakaian? Saat hari sedang mendung, pakaian menjadi lambat mengering. Mengapa bisa demikian? Pakaian tidak cepat kering karena tidak ada panas matahari. Matahari adalah sumber energi terbesar di bumi. Adanya panas matahari mempercepat keringnya jemuran. Energi panas matahari juga menghangatkan tubuh kita. Adakah energi panas lainnya selain matahari? Tentu saja ada. Energi panas yang lain pun bermanfaat bagi manusia. Energi panas dari kompor digunakan untuk memasak. Energi panas dari setrika digunakan untuk menghaluskan pakaian.

Energi Cahaya

Dapatkah kalian membaca di tempat yang gelap? Jangankan membaca, melihat saja kalian pasti kesulitan. Agar dapat melihat dan membaca kalian memerlukan energi cahaya. Matahari merupakan sumber energi cahaya terbesar di bumi. Kalian dapat beraktivitas di siang hari karena diterangi cahaya matahari.

Ketika malam tiba, matahari tidak bersinar. Kalian menggunakan energi cahaya dari sumber lain. Obor dan nyala lilin mampu menghasilkan energi cahaya. Begitu pula dengan lampu listrik dan lampu minyak.

Energi Suara

Apakah kalian gemar mendengarkan musik? Musik adalah suara-suara dari alat musik. Suara termasuk salah satu bentuk energi. Gitar dan gendang adalah contoh alat musik. Gitar dan gendang menghasilkan energi suara. Saat dipetik, senar gitar akan bergetar. Gendang yang dipukul juga akan bergetar. Getaran inilah yang menimbulkan suara nyaring. Jadi, energi suara dihasilkan oleh benda yang bergetar

Sumber Energi

Setiap berolahraga tentunya kita memerlukan energi. Energi juga diper- lukan untuk kegiatan lain. Energi didapatkan dari makanan. Jika tidak makan, kalian tidak mempunyai energi. Dengan demikian, kalian tidak dapat melakukan kegiatan.

Makanan termasuk salah satu sumber energi. Sumber energi adalah benda-benda yang menghasilkan energi. Sumber energi mampu memberikan energi pada benda lain. Selain makanan, apa saja sumber energi lainnya? Mari kita cari tahu dalam pembahasan berikut

Bahan Makanan

Manusia memerlukan makanan agar dapat hidup dan beraktivitas. Makanan manusia berasal dari tumbuhan atau hewan. Contoh makanan dari hewan adalah ikan, daging dan telur. Contoh makanan dari tumbuhan adalah padi, jagung, sayuran, dan buah. Dalam tubuh manusia, makanan diubah menjadi energi. Energi ini digunakan untuk membaca, bermain, ataupun berolahraga

Minyak Bumi dan Gas Alam

Minyak bumi berasal dari dalam bumi. Gas alam juga berasal dari dalam bumi. Minyak bumi dan gas alam adalah sumber energi. Keduanya banyak dipakai oleh manusia. Minyak bumi diolah menjadi bensin, solar, dan minyak tanah. Bensin dan solar digunakan untuk menjalankan mobil. Minyak tanah digunakan untuk bahan bakar kompor. Gas alam juga digunakan untuk menghidupkan kompor.

Angin

Angin adalah udara yang bergerak atau mengalir. Gerakan angin dapat menghasilkan energi. Angin dapat digunakan untuk menggerakkan perahu layar. Dengan bantuan angin, nelayan dapat pergi melaut. Angin juga dapat menggerakkan kincir angin. Kincir angin yang bergerak dapat menghasilkan listrik. Angin juga dapat digunakan untuk bermain. Layang-layang dapat
naik ke angkasa karena bantuan angin. Kincir dari kertas dapat berputar karena bantuan angin. pada kincir kertas energi angin diubah menjadi energi gerak.

Air

Air merupakan zat yang sangat penting dalam kehidupan. Air dimanfaatkan manusia untuk berbagai keperluan. Air dipakai untuk mandi, mencuci, minum, dan mengairi sawah. Air yang mengalir juga mampu menghasilkan energi. Aliran air dapat menggerakkan turbin dan menghasilkan listrik. Oleh karena itu, dibuatlah Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA).

Listrik

Energi listrik sangat penting dalam kehidupan sehari- hari. Energi listrik digunakan untuk menjalankan berbagai alat listrik. Contoh alat listrik adalah televisi, kipas angin, blender, lampu, dan setrika. Semua alat listrik tersebut dapat digunakan jika ada energi listrik Alat elektronik mengubah energi listrik menjadi bentuk energi lain. Kipas angin mengubah energi listrik menjadi gerak. Blender mengubah energi listrik menjadi energi gerak. Lampu mengubah energi listrik menjadi energi cahaya. Setrika mengubah energi listrik menjadi energi panas

Matahari

Matahari ialah sumber energi terbesar yang ada di bumi, tanpa adanya sumber energi dari manahari maka bumi akan musnah matahari menghasilkan energi panas dan cahaya yang sangat bermanfaat bagi kehidupan manusia, panasnya dapat mengeringkan pakaian, hasil panen, dan lain-lain. cahaya matahari juga digunakan untuk melakukan fotosintesis pada tumbuhan.

Cara Menghemat Energi

Energi sangat penting bagi kehidupan manusia. Hampir semua kegiatan memerlukan energi. Sumber energi ada dua macam, yaitu yang dapat diperbarui dan tidak dapat diperbarui. Jika dipakai terus, apakah sumber energi dapat habis?
Sumber energi yang dapat diperbarui meliputi hewan, tumbuhan, air, dan udara. Sumber energi ini dapat dihasilkan lagi. Sumber energi ini tidak dapat habis walaupun digunakan terus-menerus.

Sumber energi yang tidak dapat diperbarui meliputi minyak bumi, batu bara, dan gas alam. Sumber energi ini akan habis jika dipakai terus menerus. Jadi, kita harus menghemat penggunaannya.

Sebagai Orang yang pandai kalian haruslah menggunakan energi dengan bijak, jika tidak maka energi yang ada akan habis atau rusak. beberapa contoh menghemat energi ialah :

1. Menggunakan air seperlunya dan jangan suka membuang buang air

2. Peliharalah hewan dan tumbuhan di sekitar kalian dengan baik

3. matikan alat listrik yang tidak digunakan.

4. Kurangi kendaraan bermotor biasakan dengan gaya hidup sehat seperti berjalan kaki atau bersepeda. jadi, kita bisa menghemat penggunaan bahan bakar minyak, selain itu kita juga mengurangi pencemaran udara.

Demikianlah artikel dari Pengajar.co.id tentang √ Energi : Pengertian, Bentuk, Sumber dan Cara Menghematnya semoga bermanfaat.

Lihat Juga:   √Arti Deposito : Pengertian, Jenis, Fungsi, Karakteristik dan Manfaat
Lihat Juga:   √Contoh Surat Edaran : Pengertian, Bagian, Macam, Fungsi dan contohnya
Lihat Juga:   √ Kalimat Pasif : Pengertian, Ciri, Jenis, Perbedaan dan Contoh
Lihat Juga:   √Contoh Surat Niaga : Pengertian, Jenis, Struktur, Fungsi dan Cirinya