√ Etika Bisnis : Pengertian, Prinsip, Manfaat, Tujuan dan Contoh Pelanggaran

Diposting pada

Pengertian Etika Bisnis

Etika bisnis merupakan suatu pengetahuan tentang tata cara ideal ada pengaturan ataupun pengelolaan bisnis yang akan memperhatikan norma maupun moralitas yang akan berlaku secara universal Etika bisnis ini merupakan aturan tidak akan tertulis tentang mengenai cara akan menjalankan bisnis secara adil, sesuai dengan hukum yang berlaku maupun tidak tergantung pada kedudukan individu atau-pun perusahaan di masyarakat.

√ Etika Bisnis : Pengertian, Prinsip, Manfaat, Tujuan dan Contoh Pelanggaran

Etika bisnis lebih luas dari ketentuan yang telah diatur oleh hukum, bahkan merupakan standar yang akan lebih tinggi dibandingkan standar minimal ketentuan hukum, karena dalam kegiatan bisnis bahkan seringkali kita temukan wilayah abu-abu yang tidak diatur oleh ketentuan hukum (Bertens, 2000).Etika bisnis saering terkait dengan masalah penilaian terhadap kegiatan maupun perilaku bisnis yang dapat mengacu pada kebenaran ataupun kejujuran berusaha (Sumarni, 1998:21). Etika bisnis merupakan pengetahuan pedagang tentang tata cara pengaturan ataupun pengelolaan bisnis yang akan memperhatikan norma atau moralitas yang melalui penciptaan barang dan jasa untuk dapat memenuhi kebutuhan masyarakat ataupun memperoleh keuntungan melalui transaksi tersebut.

Prinsip-prinsip Etika Bisnis

a. Prinsip Otonomi

Prinsip otonomi akan menunjukkan sikap kemandirian, kebebasan, maupun tanggung jawab. Orang yang akan mandiri juga akan berarti orang yang dapat mengambil suatu keputusan atau juga dapat melaksanakan tindakan berdasarkan kemampuan sendiri sesuai dengan apa yang diyakininya, bebas dari tekanan, hasutan, jugaketergantungan kepada orang lain.

b. Prinsip Kejujuran

Prinsip kejujuran akan menanamkan sikap bahwa apa yang dipikirkan ialah apa yang dikatakan, dan apa yang dikatakan merupakan yang akan dikerjakan. Prinsip ini juga akan menyiratkan kepatuhan dalam melaksanakan berbagai komitmen, kontrak, atau juga perjanjian yang telah disepakati.

c. Prinsip Keadilan

Prinsip keadilan akan menanamkan sikap untuk dapat memperlakukan semua pihak secara adil, yaitu suatu sikap yang akan tidak akan membeda-bedakan dari berbagai aspek baik dari aspek ekonomi, hukum, maupun aspek yang lainnya.

d. Prinsip saling Menguntungkan

Prinsip saling yang akan menguntungkan menanamkan kesadaran bahwa dalam berbisnis juga perlu ditanamkan prinsip win-win solution,yang artinya dalam setiap keputusan atau tindakan bisnis harus diusahakan agar semua pihak merasa diuntungkan.

Manfaat Etika Bisnis

Perilaku Etis sangat penting diperlukan untuk sukses jangka panjang dalam dalam sebuah bisnis tersebut.oleh sebab itu, bisnis ini juga seringkali akan menetapkan pilihan strategis yang berdasarkan nilai dimana pilihan tersebut didasarkan atas keuntungan dan kelangsungan hidup perusahaan. Manfaat etika bisnis dalam kelangsungan perusahaan ialah sebagai berikut (Muslich, 2004:60-61):

  • Tugas utama etika bisnis dipusatkan pada upaya yang akan mencari cara untuk menyelaraskan kepentingan strategis suatu bisnis dengan tuntunan moralitas.
  • Etika bisnis akan bertugas melakukan perubahan kesadaran masyarakat tentang bisnis dengan adanya memberikan sesuatu pemahaman yakni bisnis tidak dapat dipisahkan dari etika.

Tujuan Etika Bisnis

Etika bisnis memiliki tujuan untuk dapat memberikan suatu dorongan terhadap kesadaran moral serta dapat memberikan batasan-batasan bagi pengusaha maupun pembisnis agar dapat menjalankan bisnis dengan jujur atau adil serta akan menjauhkan diri dari bisnis curang yang akan merugikan banyak orang ataupun pihak yang memiliki keterikatan.

Selain itu juga, etika bisnis memiliki tujuan agar bisnis dapat dijalankan dengan lancar dan diciptakan seadil mungkin dan disesuaikan dengan hukum yang telah disepakati. Etika bisnis banyak memberikan motivasi kepada para pelaku bisnis untuk dapat terus meningkatkan kemampuan mereka.

Contoh Pelanggaran Etika Bisnis

1). Pelanggaran Hukum

Contoh pelanggaran hukum dari etika bisnis merupakan sebuah perusahaan yang akan melakukan PHK namun tidak akan memberikan pesangon sama sekali. Padahal hal tersebut sudah diatur dalam UU no 13 pada tahun 2003

2). Pelanggaran Transparasi

Suatu perusahaan tidak akan memberikan biaya tambahan suatu kreditan barang terhadap konsumen. Tentu hal ini, para konsumen akan terus melakukan protes karena tidak akan dijelaskan diawal.

3). Pelanggaran Kejujuran

Suatu perusahaan dapat dikatakan melakukan pelanggaran terhadap kejujuran apabila mereka tidak akan memberikan harga yang sejujurnya kepada konsumen serta kualitas-kualitas dari barang yang akan ditawarkannya.

Demikianlah artikel tentang √ Etika Bisnis : Pengertian, Prinsip, Manfaat, Tujuan dan Contoh Pelanggaran dari pengajar.co.id semoga bermanfaat.

Lihat Juga:   √ Contoh Kata Homofon : Pengertian dan Penjelasannya
Lihat Juga:   √Apa Itu Hyperlink : Pengertian, Fungsi, Jenis, Contoh dan Cara Membuatnya
Lihat Juga:   √ Organ Tubuh Manusia : Pengertian, Fungsi dan Sistem Kerjanya
Lihat Juga:   √Bea Materai : Pengertian, Fungsi, Objek, Subjek dan Tarifnya