√Fungsi Xilem dan Floem : Pengertian, Perbedaan dan Letaknya

√Fungsi Xilem dan Floem : Pengertian, Perbedaan dan Letaknya
5 (100%) 1 vote

Pengertian Xilem dan Floem

Merupakan sebagai jaringan pengangkut. Jaringan pengangkut sendiri merupakan jaringan yang akan berfungsi sebagai transportasi hasil dari asimilasi daun hingga ke semua bagian pada tumbuhan serta pengangkutan air maupun garam mineral. Adapun jaringan pengangkut ini dibagi ke dalam dua bagian, yaitu floem dan xilem. Xilem merupakan jaringan kompleks yang akan terdiri dari sel hidup maupun sel mati. Adapun juga jaringan floem sendiri merupakan jaringan kompleks yang akan terdiri ari berbagai macam unsur yang akan memiliki tipe berbeda yaitu parenkim serabut, kloroid & pembuluh lapisan. Adapun sel-sel yang sangat penting pada floem yakni tabung tapis.

Untuk pengertian xilem dan floem lebih jelasnya

Jaringan Xilem

Xilem berfungsi juga sebagai tempat untuk mengangkut air beserta zat mineral mulai dari akar hingga melalui bagian daun. Adapun susunan xilem tersebut merupakan sebuah jaringan pengangkut komplek, terdiri dari berbagai macam bentuk sel. Di samping itu, sel-selnya tersebut ada yang sudah mati ataupun yang masih tetap hidup, namun pada umumnya sel yang akan menyusun xilem sendiri sudah mati beserta membran sel yang lebih tebal serta akan memiliki kandungan lignin. Dengan demikian fungsi dari xilem ini yakni sebagai salah satu jaringan untuk penguat.

Unsur-unsur utama dari xilem merupakan Trakeid, Trakea, & Parenkim Xilem. Trakeid sendiri terdiri atas susunan sel-sel sempit, dimana penebalan-penebalan dalam dindingnya akan berlangsung menjadi lebih tebal bila dibandingkan yang sudah terjadi dalam trakea. Adapun sel-sel pada trakea itu sendiri akan kebanyakan terjadinya penebalan sekunder,yang dimana lumen selnya tidak memiliki kandungan protoplas lagi. Sementara itu trakea sendiri merupakan komponen pembuluh yang terdiri atas sel-sel yang berbentuk silinder dimana sesudah dewasa pun akan mati dengan ujungnya semakin ber 1 untuk membentuk tabung penghantar untuk air yang bersel banyak yang dinamakan juga sebagai pembuluh. Sementara Parenkim Xilem sendiri umumnya tersusun dari sel-sel hidup. Biasanya dijumpai dalam xilem sekunder atau primer. Adapun pula xilem sekunder sendiri telah ditemukan 2 macam parenkim, yaitu parenkim jari-jari empulur & parenkim kayu.

Jaringan Floem

Jaringan floem sendiri akan berfungsi menyebarkan dan membawa zat makanan sebagai hasil fotosintesis pada bagian-bagian yang akan terletak dibawahnya. Adapun jaringan floem yang memiliki susunan jaringan dengan sifatnya yang sangat kompleks, dan terdiri atas beraneka ragam bentuk sel.yang Dimana diantaranya ada sel-sel yang sudah mati ataupun sel-sel hidup yang masih aktif. Sel penyusun dari floem sendiri yakni: sel penyerta, sel tapis, kulit kayu, sel parenkim kulit kayu & sel serabut.

Perbedaan Xilem Dan Floem

Xylem dan Floem juga emiliki beberapa perbedaan, diantaranya yakni:

1.Xilem terbuat dari sel mati, sedangkan floem kealikannya yakni sel hidup.
2.Xilem berdinding sel tipis, sedangkan floem tebal.
3. Dinding sel xilem terbuat dari lignin , sedangkan dinding sel floem terbuat
dari selulosa.
4. Permeabilitas dinding sel xilem ialah impermeabel, sedangkan pada floem ialah
permeabel.
5. Pada xilem juga terdapat tidak sitoplasma, sedangkan pada floem juga terdapat sitoplasma.
6. Fungsi xilem merupakan mengangkut air atau unsur hara mineral dari akar ke daun, sedangkan  floem juga berfungsi untuk mengangkut hasil fotosintesis ke seluruh tubuh tumbuhan.
7. Arah aliran xilem ke atas, sedangkan pada floem ke atas maupun ke bawah.

Letak Xilem dan Floem

Letak Xylem dan Floem merupakan pada akar dan batang Pada tumbuhan monokotil, berkas pengangkutnya itu kolateral tertutup yang akan ditutup oleh sklerenkin dan bersifat menyeluruh. Dan pada mikroskop, akan kelihatan kalau xilem itu bentuknya bulat besar, sedangkan floemnya itu yang kecil di sekeliling xilem.

Pada tumbuhan dikotil yang terlihat perbedaannya antara floem dan xylem yang akan dipisahkan oleh kambium, dan berkas pengangkutnya kolateral terbuka dimana xilem itu ada di dalam kambium, dekat dengan empulur sedangkan floem ada di luar kambium. Lalu dimanakah letak xilem dan floem pada tumbuhan? Letak keduanya tentu berada di dalam tubuh tumbuhan seperti pada batang, akar maupun daun. Pada tumbuhan dikotil, xilem terletak pada bagian yang lebih jauh\dalam daripada kambium. Sedangkan floem terletak dibagian luar kambium.

Perhatikan Gambar Dibawah Ini:

√Fungsi Xilem dan Floem : Pengertian, Perbedaan dan Letaknya

demikianlah artikel tentang √Fungsi Xilem dan Floem : Pengertian, Perbedaan dan Letaknya dari pengajar.co.id semoga bermanfaat

Lihat Juga:   √Amandemen UUD 1945 : Pengertian, Sejarah dan Tujuannya
Lihat Juga:   √Apa Itu Basis data : Pengertian, Tujuan, Jenis, Fungsi, Manfaat dan Komponennya
Lihat Juga:   √Cerita Ulang : Pengertian, Jenis, Struktur, Kaidah dan Contohnya
Lihat Juga:   √Fungsi MPR : Pengertian, Tugas, Hak dan Fungsinya
/* */
Click to Hide Advanced Floating Content

Send this to a friend