√ Futsal : Pengertian, Sejarahnya di Dunia

√ Futsal : Pengertian, Sejarahnya di Dunia
5 (100%) 1 vote

Pengertian Futsal

kata “futsal” diambil dari bahasa Spanyol yakni “Futbol” yang maksudnya adalah sepak bola dan “Sala” yang maksudnya ialah ruangan. Sehingga, futsal bida diartikan sepak bola yang dimainkan di ruangan.

√ Futsal : Pengertian, Sejarahnya di Dunia

Sejarah Awal Futsal

Permainan futsal awal kali dimainakan di negara Uruguay pada tahun 1930. Yang memainkan futsal ini ialah seorang pelatih sepak bola yang asal negaranya dari Argentina yang bernama Juan Carlos Ceriani.

Sejarah Futsal di Amerika Latin

Ada juga yang berasumsi bahwasannya sejarah permainan futsal berasal dari Negara mereka misalnya Brasil dan Canada. Permainan ini pun semakin maju dan kini telah di atur oleh federasi sepak bola internasional  atau biasa di sebut (FIFA)

Di Negara amerika latin seperti Brazil, futsal sangat diminati sehingga maju pesat dan di negara inilah muncul aturan futsal yang hampir sama dengan peraturan pada saat ini. Setelah ditentukan peraturan nya, futsal pun kian maju ke negara Amerika Latin lainnya dan bahkan ke segala penjuru dunia.

Sejarah Futsal di Eropa

Di negara Italia, sejarah permainan futsal berawal dikenal mulai tahun 1950an yang diawali  oleh pemain sepak bola yang datang dari Amerika Latin yang pada waktu itu sedang dikontrak oleh Team Sepak bola di Liga Italia Seri A. Pada waktu luang mereka melakukan permainan futsal dan futsal pun semakin diminati oleh masyarakat luas khusunya Italia.

berbeda lagi jika di negara Inggris, para pemain sepak bola justru sudah biasa menjalankan latihan di lapangan yang berumput dengan formasi enam lawan enam. Semakin terkenalnya permainan ini di Inggris, sehingga diadakannya turnamen futsal yang pada saat itu disuport oleh London Express yang pada saaat itu adalah sebuah harian terkenal di London.

Di negara Matador atau spanyol, kemajuan futsal jauh lebih pesat. Hal ini dikarenakan karena style dan cara bermain bola di Spanyol hampir sama dengan di bagian Amerika Latin. Jadi, cukup sebentar saja untuk memainkan permainan ini pada masyarakat di eropa khusus nya di Spanyol.

Sejarah Turnamen Futsal

Sejarah futsal yang selanjutnya ada di tahun 1965, pada saat itu pertandingan pertama futsal tingkat internasional di adakan. Pertandingan itu membuat Paraguay menjadi juara 1 nya. Kemudian pada tahun berikutnya sampai dengan tahun 1979, Negara Tanggo yang menjuarai turnamen futsal. Negara Brazil juga berhasil mendapatkan gelar pada piala PAN Amerika yang diadakan pertama kali yakni pada 1980.

Sejarah Futsal dari FIFUSA kepada FIFA

Pada tahun 1974 diadakan meeting perwakilan futsal yang datang dari berbagai negara untuk menymapaikan ide tentang futsal dan akhirnya terbentuklah The Federacao International de Futebol de Salao/Federasi Futsal Amerika Serikat (FIFUSA) yang fungsinya sebuah organisasi resmi  untuk mengelola futsal. Dengan adaya organisasi ini, futsal pun semakin maju pesat ke seluruh dataran amerika, eropa, asia dan afrika.

turnamen futsal yang dibuat oleh FIFUSA awal kali diadakan pada tahun 1982 di negara Brazil. dikarnakan, futsal juga memajukan persepakbolaan dunia, dan pada akhirnya FIFA tertarik untuk menaungi futsal sebagai bagian dari sepak bola dan juga termasuk mengadakan kejuaraan dunia futsal.

Jadi tidak hanya permainan futsalnya saja yang bisa Anda mainkan, namun sejarah futsal-nya pun musti Anda ketahui untuk memperluas wawasan Anda tentang futsal.

Demikianlah artikel tentang √ Futsal : Pengertian, Sejarahnya di Dunia dari pengajar.co.id semoga bermanfaat.

Lihat Juga:   √ Hormon Pada Tumbuhan : Pengertian, Jenis, Fungsi dan cirinya

Lihat Juga:   √ Teknik Membaca Cepat : Pengertian, Macam dan Tujuan

Lihat Juga:   √Contoh Mitos : Pengertian, Ciri, Jenis, Fungsinya

Lihat Juga:   √Bentuk Kearifan Lokal : Pengertian, Jenis, Ciri, Fungsi dan Contohnya

/* */
Click to Hide Advanced Floating Content

Send this to a friend