√ Jenis Akar Tumbuhan : Pengertian, Fungsi, Struktur, Contoh dan Penjelasannya

Diposting pada

Pengertian Akar Tumbuhan

Akar adalah salah satu bagian dari tumbuhan yang harus ada. Jika tidak ada akar bagaimana mungkin tumbuhan bisa hidup. contohnya Seperti yang kita ketahui, tumbuhan jenis apapun mau itu tumbuh sendiri secara liar ataupun yang sengaja ditanam oleh manusia pasti mempunyai akar. Demikian pula tumbuhan yang menempel pada tumbuhan lain pun sesungguhnya juga mempunyai akar.

Jenis-jenis Akar Beserta Fungsinya

Berikut dibawah ini beberapa jenis akar tumbuhan

1). Akar serabut

Akar serabut bisanhya dimiliki oleh tumbuhan yang berkeping satu (monokotil). Akar serabut berbentuk menyerupai serabut-serabut kelapa, kecil dan panjang. Akar serabut terbentuk dari akar lembaga yang mati serta tumbuh akar-akar baru yang mempunyai ukuran yang relatif sama serta keluar dari pangkal batang. Fungsi utama akar serabut yaitu untuk memperkuat berdirinya tumbuhan.

√ Jenis Akar Tumbuhan : Pengertian, Jenis, Fungsi, Struktur, Contoh dan Penjelasannya

2). Akar tunggang

Akar tunggang biasanya dimiliki oleh tumbuhan yang berkeping 2 (dua) (dikotil) yang diperbanyak secara generatif. Jenis akar ini lebih mempertahankan akar lembaganya. Akar lembaga akan berkembang menjadi akar pokok yang akan bercabang menjadi akar-akar yang lebih berukuran kecil. Akar pokok yang berasal dari akar lembaga ini dinamai akar tunggang (radix primaria) yang mempunyai percabangan. Fungsi utama akar tunggang ialah untuk menyimpan makanan, contohnya seperti pada tumbuhan wortel, ubi dan sebagainya dalam bentuk umbi-umbian.

√ Jenis Akar Tumbuhan : Pengertian, Jenis, Fungsi, Struktur, Contoh dan Penjelasannya

3). Akar Gantung

Akar gantung tumbuh dari bagian atas batang serta tumbuh ke arah tanah. Oleh sebab itu, akar tersebut nampak menggantung di udara. Akar gantung ini berfungsi menyerap uap air dan juga gas dari udara. Namun, jika sudah mencapai tanah, akar tersebut masuk ke dalam tanah dan berfungsi menyerap air serta garam-garam mineral.

√ Jenis Akar Tumbuhan : Pengertian, Jenis, Fungsi, Struktur, Contoh dan Penjelasannya

4). Akar Napas

Akar napas tumbuh keluar dari batang bagian bawah. Akar tersebut sebagian muncul di permukaan tanah serta sebagian lagi terletak di dalam tanah. Akar ini nampak seperti menopang tegaknya batang. Akar napas memiliki banyak lubang tempat masuknya udara. Jadi, sesuai namanya, akar napas berfungsi untuk bernapas.

√ Jenis Akar Tumbuhan : Pengertian, Jenis, Fungsi, Struktur, Contoh dan Penjelasannya

5). Akar Pelekat

Akar pelekat tumbuh di sepanjang batang. Akar pelekat berdaa pada tumbuhan yang tumbuh memanjat. Akar ini berfungsi untuk menempelkan batang pada tembok ataupun tumbuhan lain. Tumbuhan yang memiliki akar pelekat ialah sirih.

Struktur Akar

Struktur dan jaringan penyusun dibagi menjadi 2 yakni struktur bagian luar dan struktur bagian dalam. Untuk membedakan struktur akar pada tumbuhan bisa dibedakan secara morfologi dan anatomi.

Struktur Bagian Luar Akar (Morfologi akar)

√ Jenis Akar Tumbuhan : Pengertian, Jenis, Fungsi, Struktur, Contoh dan Penjelasannya

1). Leher akar

Leher akar adalah bagian akar yang menyambungkan antara akar dengan batang tumbuhan.

2). Batang akar

Batang akar adalah bagian akar yang berada antara leher akar serta ujung akar.

3). Cabang-cabang akar

Cabang akar adalah bagian yang tidak langsung berhubungan dengan pangkal batang tapu tumbuh dari akar utama.

4). Rambut akar

Rambut akar atau bulu-bulu akar adalah rambut-rambut halus yang bercabang yang tumbuh dari sel-sel kulit luar (epidermis). Rambut akar hanya tumbuh dekat ujung akar dan biasanya relatif pendek, fungsinya untuk memperluas daerah penyerapan air dan mineral.

5). Ujung akar

Ujung akar adalah bagian paling bawah dari akar tumbuhan yang dijaga oleh tudung akar ( kaliptra).

6). Tudung akar ( kaliptra)

Tudung akar berada di bagian paling ujung dan berfungsi untuk menjaga akar terhadap kerusakan mekanis pada waktu menembus tanah.

Struktur Bagian Dalam Akar (Anatomi akar)

1). Epidermis

Epidermis adalah bagian paling luar dari akar. Susunan sel-sel epidermis rapat serta setebal satu lapis sel, dinding selnya mudah dilalui air. beberapa sel epidermis membentuk rambut akar dengan pemanjangan ke arah lateral dari dinding luarnya. Rambut akar adalah modifikasi dari sel epidermis akar yang berfungsi menyerap air dan juga garam mineral.

2). Korteks

Korteks berada di bawah epidermis. Sel-selnya tidak tersusun rapat sehingga banyak mempunyai ruang antarsel yang berperan dalam pertukaran gas. Jaringan-jaringan pada korteks meliputi : parenkim, kolenkim dan sklerenkim. jaringan parenkim berfungsi sebagai tempat menyimpan cadangan makanan.

3). Endodermis

Endodermis adalah jaringan antara korteks dengan silinder pusat atau stela. Sebagian besar sel endodermis mempunyai bagian seperti pita yang mengandung gabus (zat suberin) atau zat lignin. Bagian ini dinamaia dengan pita kaspari.

4). Silinder pusat/stele

Silinder pusat/ stele merupakan bagian yang paling dalam dari struktur anatomi akar. Susunan silinder pusat dari dalam keluar meliputi stele, xilem, kambium dan floem serta perisikel. Silinder pusat atau stele berfungsi sebagai alat angkut air dan mineral dari akar yang kemudian diteruskan oleh berkas pengangkut xilem.

Demikianlah artikel dari pengajar.co.id tentang √ Jenis Akar Tumbuhan : Pengertian, Fungsi, Struktur, Contoh dan Penjelasannya semoga bermanfaat.

Baca Juga :

Lihat Juga:   √ Kalimat Majemuk Campuran : Pengertian Karakteristik, Jenis dan Contoh
Lihat Juga:   √Budaya Politik : Pengertian, Ciri, Tujuan, Macam dan Fungsi
Lihat Juga:   √ Contoh Paragraf Persuasi : Pengertian , Ciri dan Jenisnya
Lihat Juga:   √ Apa Itu Offline : Pengertian dan Perbedaannya Secara Lengkap