√ Jenis HAM : Pengertian, Ciri dan UU HAM

Diposting pada

Pengertian HAM

Pengertian HAM merupakan suatu hak-hak dasar manusia yang telah dimiliki sejak berada dalam kandungan dan setelah lahir ke dunia atau kodrat yang berlaku secara universal dan juga telah diakui oleh semua orang.

√ Jenis HAM : Pengertian, Ciri dan UU HAM

HAM ialah singkatan dari Hak Asasi Manusia,yang dimana masing-masing kata tersebut mempunyai makna tersendiri. Kata “Hak” dalam hal ini juga berarti sebagai kepunyaan maupun kekayaan atas sesuatu,lalu sedangkan “Asasi” merupakan sesuatu hal yang utama dan mendasar. Jadi, pengertian HAM secara singkat merupakan sebuah hal yang mendasar dan utama yang dimiliki oleh setiap manusia.

Jenis-Jenis HAM

a.Hak Asasi Pribadi

Hak asasi pribadi merupakan hak-hak pribadi yang telah dimiliki pada setiap manusia, seperti kebebasan dan hak untuk hidup, memeluk agama, kebebasan beribadah kepada Tuhan Yang Maha Esa, kebebasan ini akan mengeluarkan pendapat dan juga perasaan yang lain sebagainya.

b.Hak Asasi Ekonomi

Hak asasi ekonomi merupakan hak-hak yang dimiliki sesorang saja, seperti hak-hak untuk mempunyai suatu barang (rumah, tanah, perelengkapan rumah tangga atau yang lainnya), hak membeli atau menjual barang, hak ini banyak memanfaatkan barang milik pribadi, hak berusaha dan memperoleh penghidupan yang layak atau yang lain sebagainya

c.Hak Asasi dalam Hukum dan Pemerintahan

hak asasi dalam hukum merupakan hak-hak yang dimiliki pada setiap manusia untuk mendapatkan perlakuan yang sama dalam hukum dan pemerintah. Seperti haknya untuk dapat memperoleh perlindungan hukum, hak untuk berpartisipasi dalam pemerintahan. Jika hak-ham tersebut tidak bisa terpenuhi maka hal tersebut masuk tindakan yang melanggar hukum. Oknum mauapun pelaku tindakan pelanggaran HAM harus di hukum sesuai dengan ketentuan hukum yang berlaku pada saat ini.

d.Hak Asasi Politik

Hak asasi politik merupakan hak-hak yang dimiliki setiap manusia dibidang politik, seperti hak memilih atau juga dipilih dalam pemilihan umum, mendirikan organisasi, memasuki organisasi sosial politik, kebebasan berpolitik, bebas melaksanakan suatu kegiatan politik, ataupun yang lainnya. Jika ada oknum atau orang yang berusaha untuk melanggar atau juga merampas hak asasi politik, maka pelaku tersebut wajib ditindak secara hukum yang berlaku.

e.Hak Asasi Sosial Budaya

Hak asasi sosial dan budaya merupakan hak asasi yang dimiliki setiap manusia di bidang kehidupan sosial dan budaya. Seperti hak untuk memperoleh suatu pendidikan, memperoleh pelyanan sosial,dapat memperoleh pelayanan kesehatan, kebebasan bergaul dalam masyarakat sekitar, ikut serta dalam kegiatan kemasyarakatan, Kebebasan mengembangkan nilai-nilai budaya, kebebasan menghasilkan sebuah karya, atau yang lainnya.

Ciri-Ciri HAM

a. HAM bersifat hakiki

Hak asasi manusia ini juga bersifat hakiki. Hal ini menjadi salah satu ciri-ciri pokok HAM yang paling utama.yang Artinya hak asasi yang dimiliki oleh semua manusia dan sudah dimiliki secara otomatis sejak dalam kandugan..

b. HAM bersifat universal

Ciri-ciri hak asasi manusia berikutnya merupakan universal. HAM bersifat universal dan akan menjangkau semua orang.yang Artinya hak asasi manusia ini dapat berlaku untuk semua orang di dunia tanpa terkecuali dan tidak akan memandang status, suku, agama, jenis kelamin, usia dan golongan lainnya.

c. Tetap

Ciri pokok hakikat HAM selanjutnya adalah tetap. Hak asasi manusia dari seseorang sifatnya merupakan tidak dapat dicabut. yang Artinya hak asasi manusia tidak dapat dihilangkan maupun diambil oleh pihak lain secara sepihak. Hak asasi manusia akan selalu ada sejak lahir sampai ia meninggal dunia.

d. Utuh

Selain tetap maupun tidak dapat dicabut, hak asasi manusia juga bersifat utuh atau tidak bisa dibagi.yang Artinya semua orang berhak mendapatkan semua hak yang ada secara utuh laaknya hak hidup, hak sipil, hak berpendidikan, hak politik atau hak yang lain sebagainya

Undang-Undang Tentang HAM

Di Indonesia juga mempunyai beberapa undang-undang untuk dapat mengatur tentang hak asasi manusia. Berikut ini penjelasannya ;

  • Pasal 28 A Mengatur Tentang Hak Hidup
    Pasal ini yang mengatur tentang setiap orang berhak untuk dapat mempertahankan untuk hidup dan kehidupannya.
  • Pasal 28 A ayat 1 setiap orang berhak untuk dapat membentuk keluarga dan juga melanjutkan keturunan lewat perkawinan yang sah. lalu Sedangkan pasal 28 A ayat 2 setiap anak berhak atas kelangsungan hidup, tumbuh, dan juga berkembang serta berhak atas pemberian berasal dari kekerasan maupun diskriminasi.
  • Pasal 28 B Mengatur Tentang Hak Berkeluarga
  • Pasal 28 C Mengatur Tentang Hak menerima Pendidikan
  • Pasal 28 C ayat 1 berisi tentang mengembangkan diri lewat pemenuhan keperluan yang dasar, berhak mendapat sebuah pendidikan, dan mendapatkan fungsi berasal dari ilmu-ilmu dan teknologi, seni dan budaya, demi menambah mutu hidup atau kesejahteraan hidup.Untuk pasal 28 C ayat 2 berisi tentang memajukan diri individu untuk dapat memperjuangkan hak secara kolektif untuk membangun masyarakat, bangsa dan juga negara.

Demikianlah artikel tentang √ Jenis HAM : Pengertian, Ciri dan UU HAM dari pengajar.co.id semoga bermanfaat.

Baca Juga :

Lihat Juga:   √ Macam Gaya Renang Beserta Gambarnya : Pengertian, Manfaat dan Resikonya
Lihat Juga:   √ Poster Adalah
Lihat Juga:   √Iman Kepada Allah : Pengertian, Fungsi, Cara, Contoh, Hikmah dan Dalilnya Lengkap
Lihat Juga:   √ Teknik Membaca Cepat : Pengertian, Macam dan Tujuan