√ Jenis-Jenis Kenakalan Remaja : Pengertian, Faktor, Dampak, Cara Mengatasi dan Contohnya

Diposting pada

Pengertian Kenakalan Remaja

Kenakalan remaja maupun juga dalam bahasa Inggris sering disebut juga dengan juvenile delinquency yang akan berasal dari kata “juvenile” yang akan berarti anak-anak dan “delinquere” yang akan berarti terlupakan.oleh sebab itu, kenakalan remaja ini dapat didefinisikan sebagai suatu kondisi yang sering dilakukan oleh para remaja untuk berbuat onar. Kondisi ini merupakan suatu kondisi patologis, karena para remaja tersebut berbuat maupun juga akan bertindak di luar batas norma-norma hukum yang berlaku, serta merugikan lingkungan sosialnya.

√ Jenis-Jenis Kenakalan Remaja : Pengertian, Faktor, Dampak, Cara Mengatasi dan Contohnya

Faktor Penyebab Kenakalan Remaja

a.Faktor Internal

-Krisis Identitas

Perubahan biologis ataupun juga sosiologis pada diri remaja yang memungkinkan dimana akan terjadinya 2 bentuk integrasi. Yang per 1, terbentuknya perasaan akan konsistensi dalam kehidupannya.lalu ke 2, tercapainya identitas peran. Kenakalan ramaja terjadi karena remaja gagal mencapai di masa integrasi yang kedua.

-Kontrol Diri Yang Lemah

Remaja yang tidak dapat mempelajari atau juga dapat membedakan tingkah laku yang biasa diterima dengan yang tidak bisa diterima akan terseret pada perilaku “nakal”. Begitu pula mereka yang sudah mengetahui suatu perbedaan dua tingkah laku tersebut, tetapi tidak dapat mengembangkan kontrol diri untuk bertingkah laku sesuai dengan pengetahuannya.

b.Faktor Eksternal

Kenakalan remaja dapat pula akan terjadi karena faktor ekternal seperti keluarga maupun juga perceraian orangtua, tidak adanya komunikasi antar anggota keluarga, atau perselisihan diantara anggota keluarga yang dapat memicu perilaku negatif pada remaja. Pendidikan yang salah dalam keluarga,misalnya: terlalu memanjakan anak, tidak memberikan pendidikan agama, maupun juga penolakan terhadap eksistensi anak, juga dapat menyebabkan terjadinya kenakalan remaja.

Dampak Kenakalan Remaja

Dampak kenakalan remaja akan berimbas pada remaja itu sendiri, keluarga maupun juga lingkungan yang ada sekitarnya. Dampak kenakalan remaja antara lain:

Mereka akan dihindari ataupun dikucilkan oleh banyak orang yag disekitarnya, dengan pengucilan tersebut mengakibatkan, remaja tersebut akan mengalami banyak gangguan kejiwaan, namun bukan gila tetapi juga melainkan tapi ia akan merasa dikucilkan dalam hal sosial, merasa sedih ataupun justru membenci oleh orang lain.

Dengan kenakalan remaja,dimana dampaknya remaja akan berani melakukan suatu tindakan kriminal. Tidak hanya untuk pelaku kenakalan remaja, keluarga juga akan terkena dampak dari kenakalan remaja berupa menanggung malu sebab akibat perbuatan yang telah dilakukan oleh pelaku kenakalan remaja itu sendiri.

Hal-Hal mengatasi kenakalan remaja

Kegagalan mencapai identitas peran atau juga lemahnya kontrol diri bisa juga dicegah atau diatasi dengan prinsip keteladanan. Remaja juga harus bisa mendapatkan sebanyak mungkin figur orang-orang dewasa yang telah akan melampaui masa dimana remajanya dengan baik juga mereka yang akan berhasil memperbaiki diri setelah sebelumnya gagal pada tahap ini.
Adanya motivasi dari keluarga, guru, teman supaya untuk melakukan point pertama.
Kemauan orangtua untuk dapat membenahi kondisi keluarga lalu sehingga tercipta keluarga yang harmonis, komunikatif, maupun juga nyaman bagi remaja.
Remaja harus pandai memilih teman dan lingkungan yang baik serta orangtua ang akan memberi arahan dengan siapa dan di komunitas mana remaja harus bergaul.
Remaja yang akan membentuk ketahanan diri agar tidak mudah terpengaruh jika ternyata teman sebaya maupun juga komunitas yang ada tidak sesuai dengan harapannya.

Contoh kenakalan remaja

a.Mencuri

Mencuri juga dapat merusak nama baik kita,di karenakan jika kita ketahuan mencuri, kita akan merasa sangat malu, atau kita juga akan di jauhi oleh orang orang yang dekat dengan kita, karena mereka itu sudah tidak percaya lagi dengan perbuatan kita.

b.Bolos

Ketua Komisi Nasional Perlindungan Anak, Seto Mulyadi mengatakan kebiasaan anak yang akan menghabiskan waktu luang ataupun membolos saat jam sekolah salah satunya disebabkan karena pelajaran maupun juga kegiatan di sekolah tidak menarik.

c.Perbuatan zina

Adalah hubungan seksual yang tidak syah. Islam telah melarang segala bentuk hubungan seksual diluar pernikahan, atau juga menetapkan hukuman yang berat terhadap pelanggaran hukum yang telah ditentukan,maupun masih banyak lagi.

Demikianlah artikel tentang √ Jenis-Jenis Kenakalan Remaja : Pengertian, Faktor, Dampak, Cara Mengatasi dan Contohnya dari pengajar.co.id semoga bermanfaat.

Lihat Juga:   √Contoh Limbah Industri : Pengertian, Jenis, Dampak Buruk Beserta Contohnya

Lihat Juga:   √ Fungsi Jaringan Epidermis : Pengertian, Ciri dan Bagiannya

Lihat Juga:   √ Contoh Kata Homofon : Pengertian dan Penjelasannya

Lihat Juga:   √Contoh Rekening Giro : Pengertian, Jenis, Manfaat, Karakteristik, Kelebihan dan Kekurangannya