Kata Sambutan

Diposting pada

Pada kesempatan kali ini pengajar.co.id akan membuat artikel mengenai Kata Sambutan yuk disimak ulasannya dibawah ini:

Kata Sambutan


Pengertian Kata Sambutan

Sambutan adalah salah satu jenis pidato yang memuat suatu rangkaian kalimat yang disampaikan secara tertulis maupun secara lisan dalam menyambut suatu acara atau kegiatan yang akan dilaksanakan.


Tujuan Kata Sambutan

  1. Memotivasi orang lain agar meningatkan kualitas hidup dan kehidupannya lebih baik.
  2. Mengarahkan pendengar mau mengikuti kemauan kita dengan suka rela.
  3. Memberi suatu pemahaman tentang konsep implikastif/informasi pada orang lain.
  4. Membuat orang lain senang dengan kata sambutan yg menghibur sehingga orang lain senang dan puas dengan ucapan yg kita sampaikan ketika menuju langkah berikutnya.
  5. Memperteguh-menegaskan-memperkuat-mendorong suatu kegiatan untuk dilaksanakan secara operasional dan bertanggung jawab.

Ciri-Ciri Sambutan

Berikut dibawah ciri-ciri sambutan adalah:

  1. Tujuannya jelas
  2. Isinya mengandung kebenaran
  3. Cara penyampaiannya sesuai dengan pendengar
  4. Menciptakan susana yang efektif dengan pendengar
  5. Penyampaiannya jelas dan menarik
  6. Menggunakan intonasi, artikulasi, dan volume yang jelas.

Kerangka Kata Sambutan

Dalam membuat kata sambutan,sebaiknya diawali dengan salam dan penyapaan pada penonton. setelah itu,menuju ke inti pokoknya. membuat kata sambutan hampir sama seperti pidato.

  1. Salam pembuka.
  2. Kata sambutan.
  3. Isi dan kata yang ingin kamu katakan.
  4. Salam penutup.

Contoh Kata Sambutan

  • Contoh Kata Sambutan Pengajian

Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh

Alhamduhillahi rabbil ‘alamin, wa bihi nasta’inu ‘alaa umuuriddunya waddiin, wash shalatu was salamu ‘alaa asyrafil anbiyai wal mursalin, wa ‘ala aahihi wa ash-habihi ajma’in, amma ba’du:

Kepada yang terhormat bapak kiai ………..,para ustadz yang saya muliakan, saudara, bapak, ibu hadirin dan hadirat sekalian yang berbahagia. Pertama-tama marilah kita panjatkan puji syukur yang sedalam-dalamnya kehadirat Allah swt. yang telah memberikan rahmat, taufiq dan hidayah-Nya juga kesehatan dan kesempatan kepada kita sehingga pada malam ini kita bisa berkumpul di rumah Bapak Burhan yang kebetulan mendapatkan giliran sebagai tempat terlaksananya pengajian pengajian rutin tiga bulanan yang kita adakan bersama, tanpa ada suatu halangan apapun.

Shalawat dan salam semoga senantiasa dilimpahkan kepadajunjungan Nabi kita Muhammad saw. yang telah mengeluarkan manusia dari gelap gulita kekafiran menuju cahaya kebenaran yang terang benderang, yaitu agama Islam.

Lihat Juga:   Majas Metafora

Saudara, hadirin yang saya hormati. Atas nama pimpinan Jam’yah Majelis Ta’lim atau perkumpulan jama’ah pengajian rutin tiga bulanan, kami sampaikan terima kasih kepada yang terhormat bapak kiai…….Yang berkenan hadir di majlis ini, kami mengharap nanti beliau sudi memberikan mauidhatul hasanah kepada kita semua. Kami juga menyampaikan terima kasih kepada bàpak Burhan yang telah menyediakan tempat demi terlaksananya kegiatan rutin kita ini, mudah-mudahan amal baiknya ini mendapatkan balasan dari Allah swt. dengan balasan yang lebih baik, amin.


  • Contoh Kata Kata Sambutan Rapat

Pembukaan

Assalamualaikum

Para hadirin yg berbahagia pertama tama mari kita panjatkan puja dan puju syukur ke hadirat allah SWT yang telah memeberikan karuna nya serta hidayah nya sehingga kita dapat berkumpul di acara yg hikmat ini. Dan tidak lupa mari sanjungkan sholawat serta salam kepada junjungan nabi besar kita Muhammad Saw.

Penutup

Sekian dari kami mohon maaf bila ada tutur kata yg kurang berkenan di hati.

Wassalamualaikum.


  • Contoh Kata Sambutan Hari Ibu

Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakaatuuh.

Selamat Pagi, dan salam sejahtera untuk kita semua.

Hadirin serta hadirat yang kami muliakan.

Ibu-ibu yang berbahagia dan yang kami cintai.

Sebelum saya menyampaikan perkenankanlah saya mengucapkan puja dan puji syukur kehadirat Tuhan Yang Maha Esa, Allah SWT atas limpahan rahmat, taufiq dan hidayahnya pada bulaman Ramdhan ini kita semua dapat berkumpul di aula SMA dalam rangka kegiatan pondok Ramadhan. Tak lupa pula salawat serta salam semoga tetap tercurahkan kepada junjungan besar Nabi agung Nabi Muhammad SAW yang kita nantikan syafaatnya di hari kiamat nanti.

Hadirin yang berbahagia khusunya para ibu.

Syukur alhamdulillah, pada hari ini kita diberikan kesempatan untuk melaksanakan kegiatan dalam rangka memperingati Hari Ibu 22 Desember 2019, dengan tujuan meningkatkan bakti kita terhadap Ibu. Pada kesempatan ini saya sebagai ketua pelaksana, diberikan kesempatan untuk memberikan sedikit sambutan saya khususnya untuk para Ibu luar biasa yang hadir disini, maupun Ibu hebat yang ada di luar sana.

Ibu sebagai madrasah bagi putra – putrinya, maka sudah selayaknya kita memberikan pendidikan terbaik untuk anak – anak kita.

Tidak hanya itu, sebagai seorang Ibu kita juga sama – sama memiliki Ibu. Jangan pernah terlarut dengan urusan kita sendiri, sehingga kita melupakan Ibu sendiri. Berbakti kepada orang hukumnya wajib karena orang tua telah mengasuh dan mendidik kita sampai sekarang ini. Seperti yang telah dijelaskan di dalam surat Al-Isra ayat 23 yang artinya “Dan  hendaklah kamu berbuat baik  pada ibu bapakmu dengan sebaik – baiknya. Jika salah seorang diantara keduanya atau kedua – duanya sampai berumur lanjut dalam pemliharaanmu, maka sekali – kali janganlah kamu mengatakan kepada keduanya perkataan “ah” dan janganlah kamu membentak mereka dan ucapkanlah kepada mereka perkataan yang mulia”

Lihat Juga:   √Kearifan Lokal Adalah

Ketika Rasulullah ditanya kepada siapa kita wajib mendahulukan berbakti ? maka Rasulullah menjawab “ibumu” hingga 3 kali, kemudian yang keempat adalah bapakmu. Begitulah Al-quran menggambarkan tentang bagaimana manusia harus berbuat baik kepada kedua orang tua. Karena memang sudah sepantasnya dan seharusnya bagi seorang anak untuk berbuat baik kepada kedua orang tuanya terutama ibunya, yang demikian itu karena betapa besar jasa keduanya kepada sang anak. Jika kita sebagai anak, sampai berani terhadap orang tua maka ancamannya adalah termasuk salah satu dosa besar. Alqur’an juga menyinggung bagaimana pengorbanan Ibu terhadap anaknya ketika sang anak masih dalam kandungan. Betapa susah dan payahnya sang ibu dalam menjaga kandungannya agar sang anak terlahir dengan sehat dan sempurna. Bagaimana  sakitnya derita yang di tanggung sang ibu ketika menanti detik – detik kelahiran, dia berjuang sekuat tenaga antara hidup dan mati demi si mungil pujaan hati.

Maka dengan tegas Allah memerintahkan dalam al qur’an Surah Al luqman ayat 14  Firmannya “Dan kami perintahkan kepada manusia  ( berbuat baik ) kepada dua orang ibu bapanya ; ibunya telah mengandungnya dalam keadaan lemah yang bertambah – tambah dan menyapihnya dalam dua tahun ., bersyukurlah kepada –Ku dan kepada kedua orang ibu bapakmu, hanya kepada –Kulah kembalimu”

Al-quran adalah kitab pegangan umat Islam yang sangat sempurna, semua hal-hal yang berhubungan dengan kehidupan ini telah tercantum dalam kitab yang mulia itu, dan tak terkecuali tentang hakul awlad ‘alal walid dan hakul walid ‘alal awlad (hak anak terhadap orang tua dan hak orang tua terhadap anak). Di antara kedua orang tua ini, maka berbuat lebihlah terhadap Ibumu. Sebab, surga di bawah telapak kaki ibu. Maksudnya, surga kita berada atas keridhoan Ibu.

Hadirin yang berbahagia khusunya para ibu.

Saat ini kita telah berada di masa akhir zaman, zaman milenial maka jangan sampai kita terlarut dalam kemajuan zaman, namun mengikis akhlak baik kita. Semoga semoga orang tua kita senantiasa diberikan kesehatan, rezeki, kesabaran sehingga dapat menemani hingga nanti. Untuk teman-temanku yang orang tuanya telah dipanggil disisi Allah, semoga ditempatkan di surga firdaus yang senantiasa melihat kesuksesan kita dengan senyumnya.

Lihat Juga:   √PPKI Adalah

Sekin yang dapat saya sampaikan, apabila ada yang kurang berkenan saya mohon maaf. Terima kasih

Akhiru qouli hadza, Wassalamualaikum Warahmatullahi Wabarakaatuh.


  • Contoh Kata Sambutan Pada Acara Ulang Tahun

Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.

Teman-teman sekalian yang kami sayangi,

Syukur alhamdulillah, marilah kita bersama-sama mengucap syukur kepada Allah SWT, atas nikmat yang diberikan kepada kita yang hadir di ruangan ini, terutama atas nikmat yang diberikan Allah SWT pada teman kita …, yang pada malam hari ini genap berusia 12 tahun.

Rekan-rekan yang berbahagia, sebagaimana yang telah diutarakan rekan tadi bahwa malam ini adalah malam syukuran dalam rangka memperingati hari ulang tahun saudar/saudari kita …, maka marilah kita berikan ucapan selamat kepada rekan … yang sedang merayakan hari ulang tahunnya, semoga dalam usinya yang ke-12 ini akan menambah ABG, menambah rizki, menambah kekuatan jiwa dan raganya, menambah sukses dan usahanya, yang semuanya itu semoga mendapat ridla di Allah SWT. Amin.

Teman…, dengan bertambahnya usiamu, ini bertambah pula tugas, kewajiban dan tanggung jawabmu, bertambah pula masalah yang sksn kamu hadapi. Semuanya itu hendaknya dipandang sebagai kewajiban, janganlah dipandang sebagai beban dalam menjalani roda kehidupan ini. dengan demikian semakin bertambahnya usia kita maka haruslah dibarengi semakin bertambah pula kedewasaan kita.

Teman…, hilangkan kebiasaan-kebiasaan buruk di masa lalu, hilangkan kesan-kesan cengeng di masa sebelumnya. Untuk itu gantilah sikapmu dengan sikap yang lebih dewasa tanpa harus menghilangkan sikap dan kepribadianmu sebagai layaknya seorang remaja yang telah engkau bina sebelumnya.Semoga apa yang menjadi cita-citamu di usia remaja yang semakin meningkat itu akan mnjadi kenyataan di atas ridho dan lindungan Allah SWT. Amin…

Teman…, akhirnya sekali lagi saya sampaikan selamat berulang tahun, semoga panjang umur dan berbahagia sebagaimana yang engkau inginkan dan engkau cita-citakan. Amin…

Terima kasih dan mohon maaf jika ada kata-kata saya yang kurang berkenan.

Wassalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.

semoga bermanfaat, ya….!…. jadiin yg terbaik….. 🙂


Akhir Kata

Demikianlah ulasan dari pengajar.co.id mengenai Kata Sambutan: Pengertian, Tujuan, Ciri, Kerangka, & Contoh,  semoga bisa bermanfaat untuk anda.