Kebugaran Jasmani

Diposting pada

Pada kesempatan kali ini pengajar.co.id akan membuat artikel mengenai Kebugaran Jasmani, yuk disimak pembahasannya dibawah ini:

Kebugaran Jasmani


Pengertian Kebugaran Jasmani

Kebugaran jasmani adalah kemampuan dan kesanggupan tubuh untuk melakukan penyesuaian terhadap beban fisik yang diberikan kepadanya (pekerjaan sehari-hari) tanpa kelelahan yang berlebihan.

Setiap orang membutuhkan kondisi jasmani yang baik untuk dapat melakukan pekerjaan secara efektif dan efisien tanpa mengalami kelelahan.

Kondisi jasmani seseorang menentukan kemampuan fisiknya untuk melakukan tugas sehari-hari. Semakin tinggi tingkat kondisi jasmani seseorang, semakin tinggi kemampuan jasmaninya.

Selain menjadi berguna untuk meningkatkan kebugaran jasmani, pelatihan kebugaran jasmani adalah program mendasar dalam pengembangan mahasiswa untuk unggul dalam cabang olahraga.


Sejarah Kebugaran Jasmani

Asal-usul kebugaran jasmani dimulai dengan kegiatan manusia dalam melakukan gerakan yang pada akhirnya disebut sebagai latihan kebugaran jasmani.

Tetapi, kegiatan ini memiliki beberapa alasan penting dalam sejarah kebugaran jasmani, berikut adalah beberapa alasan mengenai kebugaran fisik:

  1. Membuat beberapa gerakan yang menjadi cara sehingga orang dapat mendukung kehidupan sehari-hari mereka.
  2. Gerakan jasmani menjadi kebutuhan dasar mutlak sebagai makhluk hidup.
  3. Hidup Aktif dengan terus melakukan gerakan tertentu, orang akhirnya dapat menghindari hipokinesia.

Hypokinesia adalah kondisi makhluk hidup yang dapat dikatakan untuk membawa kurangnya pasokan oksigen dalam sel dan jaringan tubuh normal.


Fungsi dan Tujuan Kebugaran Jasmani

Berikut dibawah ini merupakan beberapa fungsi dan tujuan kebugaran jasmani, yaitu:

  • Menjadikan Sendi Lebih Lentur

Salah satu tujuan dan manfaat dari latihan kebugaran jasmani rutin adalah untuk melenturkan sendi. Dengan latihan rutin maka otot tubuh dan tungkai tentu fleksibel. Bentuk latihan fleksibilitas otot dapat dilakukan dengan senam lantai.

Gerakan senam lantai dapat menjadi gulungan depan, gulungan belakang, hook, perpecahan, lompatan harimau atau gerakan dari kepala sampai kaki. Jika sendi Anda fleksibel, maka manfaatnya juga bagus untuk tubuh. Ini juga akan meminimalkan terjadinya cedera.

Sebagai contoh, ketika Anda tiba-tiba menjatuhkan sesuatu atau benjolan. Kegiatan sehari-hari akan lebih mudah untuk dijalankan melalui tubuh tanpa gangguan atau kekakuan sebagai sendi lebih fleksibel.

  • Membuat Tulang Menjadi Lebih Kuat

Keuntungan lain dari kebugaran jasmani adalah memperkuat tulang. Jika Anda melatih tubuh Anda untuk melakukan gerakan kebugaran jasmani, tulang menjadi kuat, sehingga Anda dapat membawa beban tanpa menemukan masalah yang signifikan, Anda juga akan mencegah kerusakan tulang dan meminimalkan patah tulang ketika jatuh.

Berjalan, berlari, Bersepeda, mengangkat dan senam adalah beberapa latihan yang bermanfaat untuk memperkuat tulang antara lain.

  • Membuat Daya Tahan Tubuh Meningkat

Selain kedua Manfat tersebut, jika Anda secara rutin melakukan latihan untuk meningkatkan kebugaran jasmani, daya tahan juga menjadi lebih kuat. Metabolisme Anda juga semakin halus dan sistem kekebalan tubuh juga akan meningkat.

Lihat Juga:   √Akuntansi Adalah

Kondisi ini akan mencegah Anda menjadi sakit, atau penyakit menular atau non-menular. Kebugaran jasmani juga dapat membuat wajah Anda terlihat sehat, segar dan cerah.

  • Peredaran Darah menjadi Lebih Lancar

Keuntungan lain dalam melakukan olahraga kebugaran jasmani adalah peredaran darah. Organ penting Anda, jantung, adalah pusat kehidupan karena jantung adalah mesin utama untuk memompa darah ke seluruh tubuh.

Dengan melakukan latihan kebugaran jasmani secara teratur, kinerja jantung juga akan optimal dalam memompa darah ke seluruh tubuh, otot jantung juga akan kuat, dan aliran darah di pembuluh darah akan lebih halus.

Hal ini untuk menghindari penyakit stroke, penyakit jantung dan gagal jantung. Latihan yang Anda lakukan adalah treadmill, senam aerobik dan lain-lain.

  • Bisa Meningkatkan Kecerdasan

Keuntungan lain yang Anda dapatkan ketika Anda memiliki rutinitas latihan jasmani setiap hari adalah bahwa Anda meningkatkan kecerdasan Anda. Jika tubuh Anda cocok, maka pasti kinerja otak Anda akan dapat bekerja secara optimal.

Dengan ini maka konsentrasi Anda akan lebih baik, Anda juga tidak lupa dengan mudah, dengan cepat ketika menanggapi sesuatu dan memiliki pemikiran cerdas yang cemerlang. Untuk meningkatkan tingkat kecerdasan Anda memilih latihan kebugaran jasmani yang berbaur otak jasmani dan fungsi koordinasi.

Latihan kebugaran jasmani Anda lakukan adalah menendang bola ke target, melempar bola basket di keranjang, memukul bola dengan tongkat, memukul bola tenis dengan raket dengan dinding atau dengan teman, bermain Bulutangkis, melakukan gerakan tertentu setelah isyarat, dan berbagai latihan yang dapat melatih saraf motorik otak Anda.

  • Meringankan Stres

Hal ini diketahui bahwa jika Anda berolahraga secara teratur maka Anda juga mengurangi atau menghilangkan stres. Banyak juga sudah tahu bahwa stres dan berpikir adalah sumber dari semua penyakit. Jika Anda berolahraga secara rutin maka Anda akan lebih rileks, lebih nyaman, dan beban pikiran Anda akan dikurangi.

Anda dapat melakukan olahraga ringan dan sederhana, seperti berjalan setiap pagi sambil menikmati udara pagi yang segar, lintas negara berjalan, Bersepeda santai, berenang atau olahraga lainnya yang Anda minati.

  • Mencegah Obesitas

Olahraga teratur juga dapat mencegah Anda dari menjadi obesitas. Hal ini juga diketahui bahwa obesitas adalah penyebab berbagai penyakit. Penyakit ini cukup berbahaya, seperti darah tinggi, diabetes, penyakit jantung dan penyakit stroke.

Selain itu, obesitas juga dapat mengganggu kegiatan atau kegiatan sehari-hari Anda. Obesitas juga dapat mengurangi harga diri Anda. Dengan melakukan latihan atau latihan untuk meningkatkan kebugaran jasmani Anda secara teratur, lemak berlebihan dalam tubuh Anda serta metabolisme Anda dapat membakar akan lebih halus dari sebelumnya sehingga obesitas juga dapat dihindari.

Memiliki tubuh yang ideal pasti harapan semua orang. Oleh karena itu, membuat harapan Anda menjadi kenyataan dan latihan kebugaran mulai sekarang.

Selain tujuan tersebut, kebugaran jasmani juga memiliki beberapa fungsi. Fungsi ini meliputi:

  1. Sirkulasi darah, sistem saraf dan fungsi jantung akan meningkat.
  2. Kelentukan komponen, daya tahan dan kecepatan akan meningkat.
  3. Fungsi organ tubuh akan cepat pulih ketika Anda telah selesai berolahraga atau bahkan dalam keadaan tertentu misalnya pada wanita hamil, orang tua dan pemulihan setelah Anda sakit.
  4. Untuk atlet, tingkat tinggi rendah kebugaran jasmani menjadi titik awal untuk meningkatkan kinerja atlet.
  5. Merangsang pertumbuhan dan perkembangan balita dan anak.
Lihat Juga:   Kesenjangan Sosial

Ada berbagai latihan kebugaran jasmani yang Anda lakukan, seperti berjalan, berlari, push-up, Sit up, backup, angkat beban, senam aerobik, Bersepeda, berenang, treadmill, senam lantai, melompat, berfokus pada tujuan, menggabungkan gerakan yang berbeda, dan sebagainya.

Untuk menjadi bagi Anda untuk benar-benar mengambil keuntungan dari kebugaran jasmani, maka Anda tidak harus melakukannya sekali. Lakukan secara teratur setiap hari, dan juga memperhatikan asupan nutrisi yang Anda konsumsi.

Makan makanan yang mengandung serat seperti buah-buahan dan sayur-sayuran, Hindari Rokok dan alkohol, dan Hindari mereka ketika tidak diperlukan. Selalu memperhatikan waktu istirahat Anda.


Manfaat Kebugaran Jasmani

Berikut dibawah ini beberapa manfaat kebugaran jasmani yang dapat anda rasakan:

  • Pemeliharaan Berat Badan

Latihan menjaga tubuh dari memiliki berat badan yang berlebihan yang dapat membahayakan kesehatan. Namun, nafsu makan akan meningkat karena peningkatan metabolisme ketika berolahraga.

Jika Anda tidak menemukan waktu khusus untuk olahraga, cobalah untuk tetap aktif sepanjang hari, misalnya dengan memilih tangga bukan Lift. Pastikan Anda tetap konsisten dengan jenis aktivitas fisik jenis pengganti olahraga.

  • Mengurangi Stress dan Menjaga Kualitas Tidur

Beban pekerjaan sehari-hari tentu dampak pada gangguan keadaan emosional, sehingga tidak jarang untuk juga panen stres dan perasaan kelelahan. Melakukan aktivitas fisik, seperti latihan kebugaran fisik, dapat merangsang berbagai bahan kimia dalam otak yang membuat Anda merasa lebih tenang, santai, lebih percaya diri dan rasa kebahagiaan.

Tidak mengherankan, berjalan-jalan santai selama 30 menit sudah cukup untuk mendapatkan manfaat dari latihan, ditambah tidur malam yang baik. Tapi untuk menjaga kualitas tidur, pilih jadwal olahraga yang tidak membatasi tidur Anda.

  • Meningkatkan Energi, Kekuatan Otak dan Produktivitas

Latihan kebugaran meningkatkan jumlah energi, serta endorfin hormon dan serotonin di otak, yang membawa kejelasan mental. Dampaknya, hari yang lebih produktif di kantor dan hasil kerja yang lebih baik.

Melakukan olahraga kondisi fisik di pagi hari untuk mendapatkan kondisi permanen sepanjang hari. Udara dan matahari pagi sangat baik untuk kesehatan.

Anda juga akan lebih energik untuk melakukan semua kegiatan fisik, seperti memanjat tangga atau melakukan tugas kantor yang mungkin merasa membosankan sebelumnya.

  • Menghindari Penyakit dan Proses Penuaan Tubuh

Latihan rutin dapat melindungi Anda dari penyakit jantung, stroke, tekanan darah tinggi, obesitas, diabetes, osteoporosis, nyeri punggung, depresi, kecemasan, hilangnya massa otot, dan arthritis.

Latihan kebugaran fisik dapat mengurangi aspek yang mempengaruhi proses penuaan, mulai dari rasa sakit yang mudah untuk nyeri di daerah tertentu dari tubuh.

  • Meningkatkan Hubungan Sosial dan Seksual

Mungkin ini adalah manfaat dari latihan kebugaran fisik yang paling dicari oleh Anda yang sudah berpasangan atau yang masih hilang pasangan yang hidup.

Lihat Juga:   Cerita Fabel

Tapi percayalah, latihan kebugaran fisik secara teratur tidak hanya membuat Anda lebih terhubung secara sosial. Latihan ini juga dapat mengurangi kekhawatiran, terutama pria, tentang disfungsi ereksi.


Komponen Kebugaran Jasmani

Berikut 10 komponen kebugaran jasmani, yaitu:

  1. Kekuatan (Streght)
  2. Daya tahan (Endurance)
  3. Daya Otot (Muscular Power)
  4. Kecepatan (Speed)
  5. Daya lentur (Flexibility)
  6. Kelincahan (Agility),
  7. Koordinasi (Coordination)
  8. Keseimbangan (Balance)
  9. Ketepatan (Accuracy)
  10. Reaksi (Reaction).

Unsur Kebugaran Jasmani

  • Kekuatan (Strength)

Kekuatan adalah kondisi tubuh dalam menggunakan otot untuk memaksimalkan tenaga ketika melakukan suatu aktifitas fisik. Kekuatan sangat penting dalam setiap aktifitas olahraga karena dapat mencegah terjadinya cedera serta merupakan daya penggerak. Kekuatan otot yang baik dapat didapatkan dengan rutin melakukan latihan secara konsisten.

  • Daya Tahan (Endurance)

Daya tahan / endurance ialah kemampuan seseorang dalam menggunakan organ tubuhnya seperti paru-paru dan jantung dalam waktu yang cukup lama dan tempo yang berbeda (antara sedang dan cepat) secara efektif dan efisien serta tanpa merasakan sakit dan lelah yang berarti.

  • Kecepatan (Speed)

Kecepatan adalah waktu yang dibutuhkan seseorang dalam melakukan gerakan yang berbeda dan berkesinambungan. Semakin sedikit waktu yang dibutuhkan maka dapat disimpulkan bahwa seseorang tersebut memiliki kecepatan yang bagus.

  • Kelincahan (Agility)

Kelincahan adalah kemampuan manusia saat beradaptasi diri dengan segala pose posisi tubuh, contohnya bergerak dari kiri ke kanan atau dari depan ke belakang. Salah satu bentuk olahraga yang membutuhkan kelincahan salah satunya adalah bulu tangkis dan sepakbola.

  • Kelenturan (Flexibility)

Kelenturan atau flexibility biasanya merujuk kepada seberapa baik tubuh seseorang dalam membuat tubuhnya mampu menyesuaikan dengan kegiatan atau gerakan yang sangat membutuhkan kelenturan tubuh.

  • Reaksi (Reaction)

Reaksi atau Reaction adalah kemampuan tubuh seseorang dalam menanggapi suatu gerakan, stimulus atau rangsangan yang diberikan oleh orang lain. Adapun bentuk latihan kebugaran jasmani untuk melatih unsur reaksi adalah lempar tangkap bola.

  • Ketepatan (Accuracy)

Ketepatan atau keakuratan adalah kemampuan tubuh untuk mengendalikan gerakan terhadap sasaran yang ingin dituju. Olahraga memanah, dan bola bowling merupakan beberapa contoh olahraga yang membutuhkan ketepatan. Salah satu latihan yang bisa dilakukan dalam mengasah ketepatan atau keakuratan diantaranya adalah melempar bola pada sasaran atau keranjang yang ditentukan.

  • Keseimbangan (Balance)

Yang dimaksud dengan keseimbangan adalah kemampuan tubuh dalam mengendalikan organ tubuh serta saraf otot agar gerakan tubuh dapat dikendalikan dengan baik. Unsur keseimbangan ini sangat dibutuhkan dalam cabang olahraga senam dan loncat indah.

  • Koordinasi (Coordination)

Yang dimaksud dengan koordinasi adalah kemampuan tubuh dalam menyatukan berbagai gerakan tubuh yang tak sama kedalam satu gerakan yang efektif. Dalam melakukan latihan yang dapat melatih unsur koordinasi dituntut suatu tambahan kemampuan lain yakni konsentrasi yang tinggi serta kemampuan gerak insting yang kuat.

  • Daya Otot (Muscular Power) / Daya Ledak (Explosive Power)

Daya otot merujuk pada daya ledak otot atau dikenal dengan istilah explosive power. Maksudnya adalah kemampuan seseorang dalam memaksimalkan kekuatan dalam waktu sesingkat-singkatnya.

 


Demikianlah ulasan dari pengajar.co.id mengenai Kebugaran Jasmani, semoga dengan adanya artikel ini bisa membantu dan bermanfaat untuk anda.