√ Komunikasi Daring : Pengertian, Jenis, Komponen, Tujuan, Keunggulan dan Kelemahan

Diposting pada

Pengertian Komunikasi Daring

Komunikasi merupakan suatu proses pemindahan dalam bentuk gagasan, informasi dari seseorang ke orang lain. Komunikasi merupakan suatu proses penyampaian pikiran ataupun juga perasaan seseorang kepada orang lain yang sering menggunakan lambang-lambang yang bermakna untuk kedua pihak, dalam situasi yang tertentu komunikasi menggunakan media tertentu untuk dapat mengubah suatu tingkah laku maupun sikap seseorang ataupun sejumlah orang sehingga ada efek tertentu yang akan diharapkan.

√ Komunikasi Daring : Pengertian, Jenis, Komponen, Tujuan, Keunggulan dan Kelemahan

Jenis Komunikasi Daring

adapun beberapa 2 jenis komunikasi dalam jaringan yakni:

1). Komunikasi daring sinkron (bersamaan)

Komunikasi dalam jaringan sinkron merupakan suatu komunikasi yang sering kali menggunakan komputer sebagai medianya yang terjadi secara bersamaan, waktu nyata. misal:komunikasi sinkron diantaranya:

a. Video chat

Video chat adalah suatu teknologi untuk dapat melakukan interaksi audio ataupun video secara real time yang diantara antara pengguna di lokasi yang tentunya berbeda. Video chat bisa juga dilakukan point-to-point (satu-satu) seperti Skype,maupun juga interaksi multipoint (satu ke banyak atau banyak ke banyak) Seperti Google+ Hangouts.

b. Teks chat

Teks chat ini adalah sebuah fitur, program, maupun juga aplikasi dalam jaringain internet untuk dapat berkomunikasi atau juga bersosialisasi langsung sesama pemakai internet yang sedang daring.

2). Komunikasi daring asinkron

Komunikasi dalam jaringan asinkron merupakan suatu komunikasi menggunakan perangkat komputer maupun perangkat lain yang dilakukan secara “tunda”. misalnya yani:forum, email, rekaman simulasi visual, serta dapat membaca atau juga menulis dokumen daring lewat Worl Wide Web.

Komponen Pendukung Komunikasi Daring

Ada juga beberapa komponen yang harus tersedia sebelum komunikasi dalam jaringan yang bisa dilakukan. Komponen tersebut dikelompokkan menjadi 3 bagian,yakni:

a.Komponen perangkat keras (hardware)

Perangkat yang bentuknya bisa dilihat ataupun juga diraba oleh manusia secara langsung. misalnya dari perangkat keras yang perlu ada dalam pelaksanaan komunikasi daring diantaranya ialah komputer, headset, mikrofon, atau perangkat pendukung koneksi internet.

b.Komponen perangkat lunak (software)

Program komputer yang sangat berguna untuk menjalankan suatu pekerjaan yang akan dikehendaki. Software ini sangat diperlukan sebagai jembatan antara brainware atau hardware. Program-program yang biasanya juga digunakan dalam komunikasi daring seperti sky, google+ hangout, webconference, atau yang lain sebagainya.

c.Komponen perangkat akal atau nalar (brainware)

Termasuk di dalam komponen brainware merupakan sebuah manusia yang akan terlibat dalam penggunaan serta pengaturan perangkat lunak atupun perangkat keras untuk dapat melaksanakan komunikasi daring.

Tujuan Komunikasi Daring

  • Untuk dapat Berbagi Sumber Daya
  • Media komunikasi
  • Integrasi data
  • Keamanan data
  • Efisiensi Tenaga
  • Efisiensi Waktu
  • Efisiensi Biaya

Keunggulan Komunikasi Daring

Komunikasi daring ini juga memiliki beberapa keunggulan jika kita dibandingkan dengan komunikasi konvensional,yakni:

  • Dapat dilakukan kapan saja di mana saja: dengan komunikasi daring, setiap user dapat melakukan komunikasi di mana saja maupun kapan saja, dengan syarat terkoneksi dengan jaringan internet atau juga mempunyai sarana yang mencukupi.
  • Efisiensi biaya: berbeda dengan komunikasi konvensional, komunikasi daring ini tidak banyak memerlukan pihak yang berkomunikasi untuk bertemu tatap muka, dengan komunikasi daring Anda juga bisa menghemat biaya transportasi.
  • Efisiensi waktu: komunikasi dapat juga dilakukan dengan cepat tanpa harus membuang waktu dengan melakukan perjalanan. Pesan komunikasi dapat juga disampaikan pada saat itu juga dalam hitungan detik walaupun kedua pihak yang akan berkomunikasi saling berjauhan.
  • Terintegrasi dengan layanan TIK lainnya: sambil melakukan komunikasi daring, Anda juga bisa memanfaatkan layanan TIK yang lainnya untuk dapat mendukung pelaksanaan atau kelengkapan komunikasi tersebut.misalnya,layanan yang dapat digunakan seperti berbagi layar, presentasi,atau dokumen.

Kelemahan Komunikasi Daring

  • Tidak dapat mewakili emosi pengguna: intonasi bicara, raut muka, gerakan tubuh, merupakan hal yang sangat relatif sulit untuk dipahami melalui komunikasi daring.
  • Memerlukan perangkat khusus: dalam pelaksanaannya, komunikasi daring hanya memerlukan adanya suatu perangkat keras komputer yaitu, software.
  • Terlalu banyak informasi yang tidak penting: dalam komunikasi daring, seringkali informasi yang didapat menjadi terlalu banyak dan dapat sehingga membuat bingung si penerima.

Demikianlah artikel daripengajar.co.id tentang √ Komunikasi Daring : Pengertian, Jenis, Komponen, Tujuan, Keunggulan dan Kelemahan semoga bermanfaat.

Lihat Juga:   √ Ande Ande Lumut : Cerita Singkat
Lihat Juga:   √ Jenis Hujan : Pengertian, jenis, Manfaat dan Proses Terjadinya
Lihat Juga:   √Flowchart adalah : Pengertian, Jenis, Perbedaan, Tujuan dan Fungsi Secara Lengkap
Lihat Juga:   Momen Inersia : Cara Menghitung, Rumus, Penerapan dan Contohnya