√ Komunikasi Menurut Para Ahli : Pengertian, Jenis, Fungsi dan Tujuannya

Diposting pada

Pengertian Komunikasi

Komunikasi merupakan proses pengiriman dan penerimaan data atau informasi antara dua individu atau lebih dengan efektif sehingga dapat dipahami dengan mudah. Sedangkan menurut KBBI, komunikasi ialah pengiriman dan penerimaan berita atau pesan dari dua orang atau lebih agar pesan yang dimaksud dapat dipahami.

√ Komunikasi Menurut Para Ahli : Pengertian, Jenis, Fungsi dan Tujuannya

Pengertian Komunikasi Menurut Para Ahli

Berikut dibawah ini pengertian komunikasi menurut para ahli

1). Everett M. Rogers

Everett M. Rogers komunikasi ialah sebuah proses pengalihan ide dari satu sumber ke satu penerima atau lebih dengan tujuan agar mengubah tingkah laku.

2). James A. F. Stoner

James A. F. Stoner komunikasi ialah sebuah proses pada seseorang yang berusaha untuk menyampaikan pengertian dan informasi dengan cara menyampaikan pesan kepada orang lain.

3). Prof. Drs. H. A. W. Widjaya

Prof. Drs. H. A. W. Widjaya arti Komunikasi ialah hubungan kontak antara individu maupun kelompok.

4). Anderson

Anderson pengertian Komunikasi ualah rangkaian langkah serah terima maksud yang terjadi dengan dinamis dan konstan berubah sesuai dengan kondisi yang berlaku.

5). Lexicographer

Lexicographer komunikasi ialah upaya yang bertujuan untuk memberi dan meraih kebersamaan. Tujuan yang ingin dikehendaki kedua belah pihak akan tercapai jika mereka berkomunikasi dan mempunyai pemahaman yang selaras tentang informasi yang saling kieim dan diterima.

6). Aristoteles

Aristoteles komunikasi ialah usaha yang berguna sebagai alat warga masyarakat dalam berperan dalam demokrasi.

7). Hoben

Hoben definisi komunikasi ialah sebuah proses transfer pemikiran atau ide dan gagasan yang disampaikan secara lisan.

8). Redi Panuju

Redi Panuju pengertian Komunikasi ialah arus sistem yang melekat dan kinerja antara bagian-bagian organisasi yang mengeluarkan sebuah keharmonisan.

9). Murphy & Mendelson

Murphy dan Mendelson pengertian komunikasi ialah suatu upaya yang dilakukan untuk mempertahankan, menjaga dan menjalin hubungan interpersonal.

10). Rogers dan D. Lawrence Kincaid

Rogers & D. Lawrence Kincaid komunikasi ialah suatu tahapan dimana dua orang atau lebih saling bertukar informasi satu sama lain, yang pada intinya akan muncul saling pengertian yang bersifat mendalam.

Jenis-jenis Komunikasi

Terdapat beberapa jenis komunikasi, berikut dibawah ini penjelasannya

1). Komunikasi Verbal

Komunikasi Verbal merupakan komunikasi Lisan yang diutarakan melalui kata-kata yang diucapkan contohnya seperti pidato, presentasi, diskusi dan dialog tatap muka. Dalam komunikasi Verbal, pengirim informasi berbagi pemikirannya dalam bentuk kata-kata. Nada pembicara serta kualitas kata yang dipakai memainkan peranan yang sangat penting dalam komunikasi verbal. Dalam penyampaiannya, pembicara harus memakai suara yang keras atau nada yang lebih tinggi dan isi atau konten informasi yang jelas agar si penerima informasi bisa dengan mudah memahami apa yang disampaikan oleh si pengirim, sehingga tidak menyebabkan kebingungan dan kesalah pahaman.

2). Komunikasi Non-Verbal

Komunikasi Non-Verbal melibatkan bahasa tubuh (body languange), gerak tubuh (gesture), ekspresi wajah (facial expression) dan bentuk tubuh (posture). Dengan kata lain, si pengirim informasi tidak memakai kata-kata dalam menyampaikan sesuatu yang dikehendakinya, tetapi, dengan memakai bahasa tubuh atau ekspresi wajah serta gerak tubuh tertentu untuk menyampaikan informasi.

3). Komunikasi Tertulis (Written Communication)

Komunikasi Tertulis atau written communication merupakan proses penyampaian informasi dengan memakai berbagai tanda, simbol dan gambar serta tipografi. Informasi atau pesan yang ingin diutarakan tersebut bisa dicetak maupun ditulis dengan tulisan tangan.

Fungsi Komunikasi

Adapun fungsi komunikasi sebagai berikut

1). Memastikan Komunikator bisa dipahami oleh komunikan. Jadi komunikator harus menerangkan dengan jelas pesan utama dengan lenhkap dan jelas mungkin.
2). Untuk mengenali orang lain. Dengan berinteraksi, semua orang bisa memahami satu dengan yang lain secara spesifik dengan keahlian untuk mendengar apa yang orang lain bicarakan.
3). Supaya pendapat kita disetujui oleh orang lain. komunikasi serta teknik bujukan merupakan metode bagaimana agar ide-ide kita bisa diterima orang lain
4). Menggerakkan orang lain agar mengerjakan apa yang kita kehendaki.

Tujuan Komunikasi

Adapun tujuan komunikasi ialah sebagai berikut :

1). Agar yang diutarakan atau disampaikan komunikator bisa dimengerti oleh komunikan, supaya bisa dimengerti oleh komunikan maka komunikator perlu menjalaskan pesan utama dengan sejelas-jelasnya dan sedetailnya.

2). Supaya bisa memahami orang lain, dengan melakukan komunikasi, semua individu bisa memahami individu yang lain dengan keahlian mendengar apa yang dibicarakan orang lain.

3). Agar pendapat kita bisa diterima orang lain, komunikasi dan pendekatan persuasif merupakan cara agar gagasan kita bisa diterima oleh orang lain.

4). Menggerakkan orang lain untuk melakukan sesuatu, komunikasi dan pendekatan persuasif kita dapat membangun persamaan presepsi dengan orang kemudian menggerakkannya sesuai keinginan kita.

Demikianlah artikel dari pengajar.co.id tentang √ Komunikasi Menurut Para Ahli : Pengertian, Jenis, Fungsi dan Tujuannya semoga bermanfaat.

Lihat Juga:   √ Tugas PPKI : Pengertian , Sejarah, Tugas dan Anggotanya
Lihat Juga:   √ Contoh Tes Wartegg : Pengertian, Keterangan Gambar, dan Tips Mengerjakannya
Lihat Juga:   √ Kompensasi Adalah : Pengertian, Jenis, Bentuk, Tujuan dan Faktornya
Lihat Juga:   √Definisi Membran Sel : Fungsi, Struktur, Sifat dan Sistem Transport Membran Lengkap