√Letak Geologis Indonesia: Pengertian, Pengaruh dan Keuntungannya Lengkap

Diposting pada

Dimanakah letak geologis Indonesia? Letak geologis suatu negara ialah letak suatu wilayah yang berdasarkan susunan batuannya. berarti pengertian letak geologis ialah letak suatu negara yang dilihat dari kondisi bebatuannya yang terdapat dalam bagian bumi di wilayah tersebut.

Bagaimana dengan letak negara Indonesia secara geologis? Secara geologis, Indonesia berada di antara pegunungan besar, dan berada di antara beberapa daerah dangkalan yang menjadi titik pertemuan beberapa lempeng litosfer di dunia. Berikut dibawah ini penjelasan letak geologis Indonesia.

√Letak Geologis Indonesia: Pengertian, Pengaruh dan Keuntungannya Lengkap

  1. Indonesia dilewati oleh dua pegunungan besar di dunia yakni rangkaian Sirkum Meditrania dan Sirkum Pasifik.
  2. Indonesia berada di pertemuan tiga lempeng lithosfer yakni lempeng Indo-Australia, lempeng Eurasia dan lempeng Pasifik.
  3. Indonesia berada di tiga daerah dangkalan yakni dangkalan Sunda, dangkalan Sahul dan daerah laut pertengahan Australia Asiatis.
  4. keadaan geologis Indonesia yang mempunyai banyak gunung api ini memiliki dampak positif dan negatif. yang menyebabkan tanah di Indonesia memiliki tingkat kesuburan yang sangat tinggi dan juga bisa menyebabkan sering terjadinya bencana alam yang disebabkan peristiwa vulkanik.

Pengertian Letak Geologis Indonesia

Letak geologis ialah letak suatu wilayah dilihat dari susunan bebatuannya. Letak ini bisa diamati dari jenis-jenis batuan yang dikandung suatu wilayah dan tidak bisa dilepaskan dari proses terjadinya pegunungan. khususnya Indonesia yang mempunyai banyak rangkaian pegunungan, baik mati atau masih aktif.

Pengaruh Letak Geologis Indonesia

Wilayah negara Indonesia yang terletak di antara pegunungan besar, terletak di beberapa daerah dangkalan serta menjadi titik bertemu nya beberapa lempeng litosfer di dunia ini yang menyebabkan beberapa pengaruh. Tentu pengaruh yang ditimbulkan dapat berupa keuntungan maupun kerugian. Apa saja akibat letak geologis Indonesia? Berikut di bawah ini ialah pengaruh letak geologis Indonesia :

  1. Wilayah Indonesia memiliki banyak gunung api yang aktif terutama di wilayah Indonesia bagian barat dikarenakan wilayah barat dilalui oleh rangkaian sirkum pegunungan mediterania.
  2. Indonesia menjadi negara rawan gempa bumi, tsunami dan gunung berapi karena letak tektonik wilayah Indonesia di antara pertemuan tiga lempeng lithosfer.
  3. Indonesia memiliki kesuburan tanah yang bagus untuk pertanian dan perkebunan karena aktivitas gunung merapi yang menghasilkan tanah vulkanik.
  4. Terdapat banyak sekali sumber daya alam berupa tambang dan mineral yang ada di wilayah negara Indonesia sebab adanya cekungan sedimen yang di akibat aktifitas tektonik di wilayah negara Indonesia.
  5. Laut di Indonesia barat memiliki kedalaman laut dalam, sedangkan wilayah Indonesia tengah dan timur terdiri dari lautan dengan kedalaman yang dangkal karena kondisi geologis Indonesia yang dilalui oleh dangkalan Sunda dan dangkalan Sahul.
  6. Indonesia memiliki keanekaragaman hayati (flora dan fauna) yang tinggi karena wilayah Indonesia di antara tiga wilayah dangkalan.
  7. Pegunungan yang berada di Indonesia ialah rangkaian pegunungan muda dari sirkum Mediterania dan rangkaian sirkum Pasifik.
  8. Sering muncul gunung api di tengah-tengah laut terutama di wilayah Indonesia bagian barat yang dilalui oleh rangkaian sirkum Mediterania.

Berarti bisa disimpulkan bahwa letak suatu wilayah berpengaruh besar terhadap sumber daya yang ada di wilayah tersebut. Letak geologi Indonesia mengakibatkan banyaknya sumber daya alam yang berada di Indonesia mulai dari mineral ragam flora dan fauna.dan kerugian letak geologis Indonesia ialah negara ini menjadi rawan bencana alam, baik gempa bumi maupun tsunami.

Lihat Juga:   √ Jaringan Kolenkim : Pengertian, Fungsi, Macam, Ciri dan Struktur

Keuntungan Letak Geologis Indonesia

Keuntungannya ialah negara Indonesia yang terletak pada sirkum pegunungan, mempunyai potensi alam tenaga panas bumi yang bisa dimanfaatkan sebagai pembangkit listrik. Sebab itu banyaknya gunung api di Indonesia menjadikan tanah Indonesia menjadi subur karena hasil letusan gunung api akan menyuburkan tanah yang dikenal dengan tanah vulkanis.

Lihat Juga:   √ Karangan Eksposisi Adalah
Lihat Juga:   Arsip Adalah
Lihat Juga:   Fungsi Lisosom
Lihat Juga:   √ Kalimat Majemuk Bertingkat : Pengertian, Jenis dan Contoh