√ Membaca Cepat : Pengertian, Macam, Tujuan

Diposting pada

Pada kesempatan kali ini pengajar.co.id akan membuat artikel mengenai √ Membaca Cepat : Pengertian, Menurut Para Ahli, Macam, Tujuan, Rumus, Fungsi, Ciri, Hal Yang Harus Dilakukan dan Dihindari, yuk simak ulasannya dibawah ini : √ Teknik Membaca Cepat : Pengertian, Macam dan Tujuan


Pengertian Membaca Cepat

Membaca cepat merupakan memahami suatu tulisan dengan cepat dan jelas. Bersamaan membaca, pikiran pun harus memahami arti bacaan yang dibaca. Oleh sebab diperlukan kecepatan pikiran dan hati dalam membaca serta memahami tulisan. Ketepatan dan juga kecepatan membaca akan terbangun dengan sendirinya jika sering berlatih membaca. agar dapat membaca cepat dengan memperoleh pemahaman secara tepat isi bacaan.


Pengertian Membaca Cepat Menurut Para Ahli

  • Menurut Tampubolon (1990)

Membaca cepat adalah membaca yang mengutamakan kecepatan dengan tidak mengabaikan pemahamannya. Biasanya kecepatan itu dikaitkan dengan tujuan membaca, keperluan, dan bahan bacaan. Artinya, seorang pembaca cepat yang baik, tidak menerapkan kecepatan membacanya secara konstan di berbagai cuaca dan keadaan membacanya. Penerapan kemampuan membaca cepat itu disesuaikan dengan tujuan membacanya, aspek bacaan yang digali (keperluan) dan berat ringannya bahan bacaan.


  • Menurut Nurhadi (2005) :

Speed reading atau membaca cepat adalah jenis membaca yang mengutamakan kecepatan untuk mengelola secara cepat proses penerimaan informasi dengan tidak meninggalkan pemahaman terhadap aspek bacaan. Nurhadi juga mengungkapkan bahwa membaca cepat mengandung berbagai implikasi seperti tujuan membaca, kebiasaan, penalaran, dan bahan bacaan. Seorang pembaca cepat tidak berarti menerapkan kecepatan membaca yang sama pada setiap keadaan, suasana, dan jenis bacaan yang dihadapinya Artinya, seorang pembaca yang baik, tidak menerapkan kecepatan membacanya secara konstan diberbagai cuaca dan keadaan membaca. Dalam membaca cepat pembaca mengutamakan kecepatan namun tidak mengabaikan pemahaman tentang apa yang dibaca.


  • Menurut Cenurut Hernowo (2005)

Membaca cepat adalah kegiatan merespon lambang-lambang cetak atau lambang tulis dengan pengertian yang tepat dan cepat.


  • Menurut Colin Rose (2002)

Membaca cepat adalah keterampilan yang sangat bermanfaat untuk keperluan membaca sekilas dan pemahaman secara cepat serta biasanya mencegah kita bosan.


  • Menurut Praptanti :

Membaca cepat yaitu suatu aktivitas membaca yang bertujuan agar dalam waktu yang relatif singkat bisa mendapatkan hasil yang banyak.


  • Menurut Keke T. Aritonang (2006)

Membaca cepat adalah membaca dengan kecepatan tinggi, hampir keseluruhan materi dibaca dalam waktu tertentu yang disertai dengan pemahaman isi 70%. Materi dalam hal ini adalah jumlah kata yang terkandung dalam suatu bacaan, sedangkan waktu tertentu artinya untuk memahami materi bacaan memerlukan waktu. Waktu yang dipergunakan dalam membaca cepat adalah satuan waktu, yaitu menit. Dan pemahaman isi bacaan 70% artinya, setelah selesai membaca sekurang-kurangnya pembaca menguasai isi bacaan sebanyak 70%.


  • Menurut Prastiti :

Membaca cepat dilakukan jika pembaca ingin memperoleh gagasan pokok wacana dalam waktu relatif singkat, tetapi juga mendapat hasil bacaan yang banyak. Dua faktor yang tidak dapat diabaikan pada jenis membaca ini adalah kecepatan dan ketepatan. Hal-hal yang dapat menghambat cara membaca cepat harus dihindari seperti regresi, vokalisasi, membaca kata demi kata, kalimat demi kalimat, dan lain-lain.


Macam Macam Teknik Membaca Cepat

Terdapat 2 (dua) macam jenis teknik membaca cepat, berikut dibawah ini penjelasannya

1). Scanning

Snanning dikenal juga membaca memindai. Scanning merupakan teknik membaca cepat untuk mencari informasi yang kalian kehendaki. Kalian mencari ide atau kata kunci saja, terkadang kalian sudah mengetahui apa yang kalian iginkan sehingga pikiran kalian akan terfokus pada penemuan jawaban.

Scanning menggerakan mata dengan cepat disetiap lembar halaman. Pada saat menscan, Terlihat tata tulis seperti penomoran, langakah-lngkah seperti satu, dua, tiga, dst, kata-kata yang tercetak tebal, miring, atau ukuran huruf yang berbeda, gaya cetak, atau warna. Terkadang penulis memberikan ide pokoknya denga cara ini. Apabila kalian mamaki buku standar, gunakan indeks untuk memakai ide atau kata kunci. Teknik membaca scanning merupakan membaca sepintas lalu dengan cepat.


2). Skimming

Skimming merupakan teknik membaca cepat untuk mengidentifikasi ide pokok sebuah teks. Kalian tidak butuh membaca kata per kata seperti baca normal. Kecepatan membaca mampu mencapai 3-4 kali lebih cepat dari biasanya. Orang akan memakai teknik ini apanila begitu banyaknya bacaan yang harus dibaca dengan waktu yang terbatas. Gunakanlah teknik skimming untuk melihat apakah teks yang kita baca sesuai dengan yang kita butuhkan.

Langkah-langkah awal skimming, awalnya sama dengan previewing yakni baca cepat judul, subjudul dan lalu baca kalimat pertama atau terakhir arena biasanya ide pokok atau gagasan terdapat pada posisi itu. Ingat selalu bahwa teknik membaca skimming untuk mencari informasi khusus, bukan hanya pemahaman secara menyeluruh. Ide pokok juga akan tergambar pada fakta yang disampaikan pada table, grafik maupun bagan. Teknik baca skimming ini merupakan salah satu teknik membaca cepat. Teknik membaca skimming artinya kita secara cepat membaca sekilas teks untuk memilih ide ide penting dari teks (tindakan untuk mengambil intisari atau saripati suatu hal).


Tujuan Membaca Cepat

Membaca cepat tentu saja mempunyai tujuan, tujuannya yaitu supaya dalam waktu yang relatif singkat kita bisa memperoleh hasil dan memahami bacaan sebanyak-banyaknya. Mengapa membaca cepat begitu penting? Hampir semua informasi yang kita dapatkan dari buku-buku, koran, majalah, tabloid maupun media internet seperti media online menyampaikan informasi dalam bentuk teks bacaan. Makadari itulah tujuan dari membaca cepat.

  1. Mendapatkan kesan umum dari sebuah buku, tulisan singkat, atau artikel
  2. Mendapatkan berbagai hal tertentu dari berbagai bahan bacaan
  3. Menemukan bahan yang akan diperlukan dari dalam perpustakaan

Rumus Membaca Cepat dan  Contohnya rumus membaca cepat

Keterangan :
Kpm : Kecepatan per menit
Q : Jumlah kata yang dibaca
t : Waktu dalam Detik
60 : Satuan detik dalam satu menit
Contoh :
Ami membaca sebuah teks dengan jumlah kata sebanyak 1.000 kata. Kecepatan membacanya 5 menit 10 detik. Dengan demikian, Ami memiliki Kpm
Q = 1.000 kata
t = 5 menit 10 detik atau ( 5 x 60 ) + 10 = 310 detik
Kpm = 1.000/ 310 x 60 = 193,5 kpm


Fungsi Membaca Cepat

  1. Menghemat waktu untuk membaca
  2. Pengukuran inti dapat ditemukan dalam waktu yang relatif singkat
  3. Meningkatkan efektivitas kegiatan belajar

Jika Anda hanya dapat mencapai bagian atas pelat dengan teknik membaca yang biasa, Anda dapat menggunakan teknik membaca cepat untuk melebihi 1000 kata/menit. Mengesankan. Ini adalah lebih dari 2 kali kecepatan normal.


Ciri Ciri Membaca Cepat

  • Membaca dalam hati
  • Posisi tegak , tidak boleh menggeleng gelengkan kepala
  • Membaca tidak mendetail

Hal Yang Harus Dilakukan Dalam Membaca Cepat

Agar bisa memahami gagasan pokok dengan cepat dan cermat, kalian harus sering-sering berlatih memakai teknik membaca cepat, baik scanning maupun skimming. Oleh sebab itu memahami dan membaca suatu tulisan dengan cepat , hasilnya pun akan tepat. Langkah-langkah yang tepat dalam membaca serta memahami maknanya antara lain sebagai berikut.

  • Mempersiapkan secara fisik dan psikologis sebelum membaca.
  • Membaca tulisan denagn tenang, namun cepat.
  • Sambil membaca, memberika tanda-tanda yang merupakan salah satu gagasan pokok serta gagasan utamanya.
  • menyiapkan stopwatch atau bisa juga jam tangan untuk mengukur kecepatan serta ketepatan dalam membaca.
  • Membaca dengan penuh konsentrasi.

Hal yang Harus Dihindari Dalam Membaca Cepat

Kalian pasti bisa membaca cepat dan tepat apabila kalian rajin berlatih. Latihan itu bisa kalian lakukan untuk menjangkau dengan cepat beberapa kata yang dibaca. Selain harus rajin berlatih kamu juga harus menghindari kebiasaan atau tingkah dibawah ini supaya bisa menjadi pembaca cepat yang baik.

  • Membaca dengan bersuara (vocalisasi)
  • Menggerakkan bibir.
  • Menunjuk kata demi kata dengan jari.
  • Menggerakkan kepala dari kiri dan kanan.
  • kebiasaan selalu kembali ke belakang untuk melihat kata/beberapa kata yang baru di baca (regresi).
  • Melafalkan dalam pikiran/batin kata-kata yang dibaca.

Demikianlah artikel dari √ Membaca Cepat : Pengertian, Menurut Para Ahli, Macam, Tujuan, Rumus, Fungsi, Ciri, Hal Yang Harus Dilakukan dan Dihindari dari pengajar.co.id semoga bermanfaat.

Lihat Juga:   Akhlak Adalah

Lihat Juga:   Iklan Baris Adalah

Lihat Juga:   √Pembangunan Berkelanjutan Adalah

Lihat Juga:   √ Mitos Adalah