√ Organ Tubuh Manusia : Pengertian, Fungsi dan Sistem Kerjanya

Diposting pada

Pengertian Organ Tubuh Manusia

Semua makhluk hidup yang diciptakan oleh Tuhan pasti diberi perbedaan satu sama lain, sehingga menjadi ciri yang sangat khas dari makhluk hidup tersebut. Salah satu perbedaan yang paling jelas terlihat ialah organ tubuh.

√ Organ Tubuh Manusia : Pengertian, Fungsi dan Sistem Kerjanya

Dimana manusia ialah makhluk hidup dengan struktur atau organ paling sempurna dan lengkap. Organ tubuh manusia juga sangat beragam, lengkap dengan macam fungsinya.

Fungsi dan Sistem Kerjanya Organ Tubuh Manusia

Berikut ini merupakan organ inti manusia lengkap dengan fungsinya.

Lambung

Lambung adalah organ tubuh manusia yang berbentuk lapisan tebal dan juga berada di dalam tulang rusuk. Fungsi organ tubuh yang satu ini adalah sebagai tempat dimana makanan akan dicerna setelah melewati kerongkongan.

Caranya sendiri ialah dengan mencampurkan makanan dengan asam lambung dan beberapa enzim yang nantinya akan membuat makanan menjadi potongan kecil. Setelah makanan halus, kemudian akan diserap nutrisinya dan juga disalurkan ke seluruh bagian tubuh.

Hati

Merupakan organ tubuh yang terletak di bawah tulang rusuk atau lebih tepatnya berada pada bagian kanan di atas perut (lambung). Karena hati merupakan kelenjar terbesar yang mencapai berat sekitar 1,25 kg, maka bila terjadi masalah pada organ tubuh ini maka akan terjadi masalah yang begitu fatal.

Fungsi hati itu sendiri sangat beragam, dan salah satu fungsinya yang terpenting ialah untuk memproduksi empedu. Dimana empedu merupakan kelenjar yang dibutuhkan tubuh untuk proses metabolisme dan bermacam proses penting dalam tubuh.

Paru-paru

Organ tubuh selanjutnya yang tak kalah vitalnya yaitu paru-paru. Dimana paru-paru merupakan organ tubuh yang berfungsi sebagai organ sangat utama yaitu pernafasan. Dan cara kerjanya ialah memompa udara dengan terlebih dahulu menyaringnya. Lalu menyalurkannya ke seluruh tubuh. Paru-paru juga sebagai organ yang dapat mengkoordinasi pembuangan udara.

Jantung

Jantung ini merupakan organ tubuh yang terletak di antara paru-paru. Adapun fungsi dari jantung sendiri sangat vital untuk tubuh, dimana jantunglah yang akan berperan memompa darah ke seluruh penjuru tubuh.

Jantung terdiri dari 4 ruang, membuat fungsi jantung tidak hanya sebatas itu. Namun jantung juga berfungsi untuk menyaring dan juga mengontrol jumlah darah yang masuk keluar jantung serta dari dan ke seluruh tubuh.

Ginjal

Meskipun ginjal tidak memiliki ukuran yang besar, namun fungsi dari ginjal tersebut sangatlah penting. Dimana jika seseorang kehilangan salah satu ginjalnya saja, maka akan sangat berpengaruh dengan kekuatan tubuhnya.

Fungsi dari ginjal sendiri ialah sebagai pengatur kelebihan air dalam tubuh serta menyaring atau juga menghilangkan produk-produk limbah (racun) yang nantinya akan dikeluarkan dari tubuh dalam bentuk urine.

Sehingga tidak heran bila ginjal juga sering kali disebut dengan organ tubuh yang berfungsi untuk filter atau penyaring. Sebab jika ginjal tidak berfungsi dengan baik, tubuh bisa kehilangan atau juga tidak mampu memilih, menyimpan serta membuang zat yang seharusnya.

Selain 5 organ tubuh di atas tadi, masih banyak terdapat macam organ tubuh yang sebenarnya memiliki fungsi tidak kalah pentingnya, Demikianlah artikel tentang √ Organ Tubuh Manusia : Pengertian, Fungsi dan Sistem Kerjanya dari pengajar.co.id semoga bermanfaat.

Baca Juga :

Lihat Juga:   √Brosur Adalah : Pengertian, Fungsi, Ciri, Manfaat dan Contohnya
Lihat Juga:   √Contoh Desentralisasi : Pengertian, Tujuan, Dampak dan Bagiannya
Lihat Juga:   √ Invertebrata : Pengertian, Jenis, Ciri dan Klasifikasinya
Lihat Juga:   √ Ciri Fungi : Pengertian dan Klasifikasinya